Running A Business

JANGAN LAKUKAN! 6 Kesalahan Besar dalam Membangun Brand

 
  • 13
    Shares

   

Aqua, Danone, Ponds, Nike, Swiss Army, dan masih banyak lagi adalah beberapa contoh brand besar yang sudah akrab di telinga kita. Mereka dibangun bukan dalam waktu semalam, bukan juga dalam waktu setahun atau dua tahun saja. Berbagai kesalahan dalam brand pernah mereka lakukan, seperti logo yang berkali-kali berganti sampai dengan teknik promosi yang menggunakan banyak cara.

Brand memang menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki oleh bisnis yang hendak berkembang. Terutama untuk bisnis online, brand memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kualitas upaya promosi bisnis mereka di berbagai media online.

Sebagai seorang pengusaha, tentu Anda ingin memiliki brand yang banyak dikenal, mudah diingat dan bahkan akan langsung dicari saat siapapun membutuhkan produk seperti yang Anda jual. Namun kadangkala keputusan dalam membranding bisnis seringkali membawa bisnis kita semakin tidak dikenal. Ada kalanya juga bisnis kita mengalami kegagalan berulangkali karena kesalahan yang dilakukan saat branding.

Tapi tenang saja, asal 6 hal ini tidak Anda lakukan, maka brand bisnis Anda tetap akan selamat.

1. Jadikan pelanggan sebagai orientasi, bukannya pesaing

Kita tentu ingin menciptakan produk terbaik yang berbeda daripada yang lain. Kita pun ingin memiliki dan menjual produk yang jauh lebih baik dari pesaing kita. Apapun yang mereka miliki, sebisa mungkin kita memiliki yang lebih baik daripada mereka.

Tapi apakah itu baik untuk bisnis kita? Tidak selalu, sebab orientasi terbesar dalam sebuah bisnis harusnya adalah PELANGGAN, bukannya PESAING. Anda berbisnis untuk pelanggan, bukan lagi sekedar untuk memuaskan hasrat untuk mengalahkan pesaing. Jadikan brand Anda sebagai media untuk memberikan manfat dan solusi bagi pelanggan, bukan sekedar untuk menunjukkan hal yang lebih baik dari pesaing.

Hal ini untuk apa? Tentu saja untuk memberikan rasa nyaman dan kepercayaan kepada pelanggan Anda. Ketika Anda mengatakan bahwa bisnis Anda akan melayani mereka selama 24 jam dalam 7 hari seminggu. Maka buktikan hal itu. Meski di luar sana banyak yang juga menyediakan pelayanan 24/7 seperti Anda, tapi pastikan bahwa pelayanan Anda tertuju untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Seperti halnya Beon.co.id yang secara konsisten dan terus-menerus memberikan pelayanan TERBAIKnya kepada pelanggan. Selain pelayanan 24/7 yang terus dilakukan, respon time yang diberikan juga sangat cepat, maksimal 3 menit saja. Bukankah ini sangat menguntungkan untuk mereka yang juga menjalankan bisnis online?

Meski begitu Anda juga harus tetap melakukan berbagai usaha untuk menganalisis bagaimana pesaing Anda bekerja. Dengan begitu Anda bisa mencari cara yang berbeda dan memberikan yang lebih kepada pelanggan Anda.

2. Tidak mendefinisikan fokus

Setiap merek yang sukses merajai pasar adalah mereka yang fokus menyajikan solusi bagi masalah di sekitarnya. Mereka mampu menjelaskan kepada masyarakat bagaimana produk mereka dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Seperti halnya WordPress Hosting Indonesia dari Beon.co.id. Yang memang diciptakan KHUSUS untuk pengguna Wordpress. Tujuannya jelas, untuk lebih memudahkan dan membantu pemilik website fokus mengembangkan website mereka. Dan untuk segala urusan WordPress mereka telah diatasi oleh WordPress Hosting. Jadi bagi siapapun yang memiliki WordPress dan menginginkan sebuah kemudahan, kepraktisan namun dengan kualitas yang OPTIMAL, maka WordPress Hosting solusinya.

Sebagai pengusaha, kita perlu memastikan bahwa perusahaan memiliki tujuan dan fokus yang akan dituju dalam mengembangkan produk mereka. Hal ini juga berguna ketika kita ingin menentukan ingin bersaing dimana dengan pesaing kita nantinya. Sekaligus menentukan bagaimana cara yang tepat untuk bersaing.

3. Berpikir bahwa nama tidaklah penting

Tahukah Anda bahwa berbagai merek di seluruh dunia bukan hanya dikenal dari produk mereka, tapi dari nama dan juga logo yang mereka miliki. Jarang sekali bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan nama bisnis yang main-main. Mereka tentu telah mempertimbangkan nama untuk bisnis mereka.

Bukan hanya nama yang memiliki arti baik, tapi juga kemudahan bagi mereka dalam branding, dan kemudahan bagi pelanggan mereka untuk mengingat dan mencarinya lagi.

4. Tidak menggunakan konten visual yang kuat

Ini era dimana masyarakat akan lebih mudah memahami sesuatu dari sebuah konten visual. Lebih dari sekedar konten teks yang populer di era sebelum adanya internet. Menggunakan konten visual seperti gambar dan video sangatlah efektif.

Brand mana kini yang tidak menggunakannya untuk promosi produk mereka. Mulai dari produk makanan, otomotif sampai dengan kecantikan. Semua memanfaatkan media online dan konten visual untuk lebih memperkuat branding produk mereka.

5. Berasumsi bahwa merek baru Anda akan cepat mengudara

Tidak ada yang bisa memastikan merek baru yang Anda keluarkan akan cepat dikenal dan lebih tenar daripada produk Anda terdahulu. Meskipun Anda terlihat memiliki jutaan pelanggan yang tahu produk Anda yang pertama. Tapi untuk produk baru Anda, tentu harus ada upaya promosi yang lebih baik daripada sebelumnya. Bahkan Anda harus memastikan bahwa cara yang Anda lakukan jauh lebih besar lagi.

Anda perlu memperkenalkan, menjelaskan dan memastikan bahwa brand produk terbaru Anda akan melekat di hati pelanggan. Anda bisa mulai dengan membuat iklan-iklan yang akan membantu Anda membranding produk terbaru Anda itu.

6. Memperluas merek Anda

Setelah merek Anda mulai lepas landas, Anda perlu memastikan bahwa masa atau pelanggan Anda akan membantu memperluas pasar Anda. Seperti halnya McD yang tetap berkibar meski mereka menambahkan banyak varian produk di dalam layanan mereka. Mereka tetap mampu mempertahankan eksistensi di pasar dengan nama yang sudah lama dikenal dan diingat oleh pelanggan.

Nah, jika sudah begini apakah cara yang Anda lakukan selama ini sudah benar dan sudah membawa bisnis Anda lebih banyak dikenal dan mudah diingat pelanggan? Jika masih belum, maka inilah saatnya Anda sedikit mengubah cara promosi brand Anda dengan cara yang embuat Anda akan lebih mudah meraih banyak pelanggan dan meningkatkan omzet hingga puluhan juta setiap minggunya.

 

Entrepreneur lainnya suka ini

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 13
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *