Running A Business

Hal yang harus dihindari jika ingin branding bisnis Anda sukses

 

   

Ngomongin soal Brand di dunia online, sangat erat kaitannya bahkan hampir sama dengan ngomongin nam domain, benar begitu kan? simak penjelasan berikut ini.
Domain merupakan nyawa bagi perusahaan dan juga bisnis. Anda sadari atau tidak sering kali kesalahan penulisan nama domain yang dilakukan oleh potensial customer Anda dapat mengakibatkan penurunan penjualanan karena potensial customer Anda akan memilih untuk membeli product pada kompetitor Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, mari ketahui apasajakah hal-hal yang menyebabkan seorang calon pelanggan (potensial customer) melakukan kesalahan penulisan nama domain Anda:

1. Nama domain yang tidak familiar

Nama domain haruslah memiliki sebuah arti tertentu untuk memotivasi Anda mecapai suatu tujuan tertentu, tak jarang nama domain yang unik memang menjadi salah satu pilihan cara branding Anda. Dengan Anda sadari atau tidak, nama domain unik ini bisa menjadi asing bagi customer Anda dan menjadi boomerang bagi Bisnis Anda. Misalnya Anda ingin memiliki nama domain yang menjual perlengkapan kecantikan dan Anda terinspirasi dengan gadis-gadis Turki yang cantik-cantik, sehingga Anda memilih nama domain oldukcasirri.com yang memiliki arti rahasia kecantikan dalam bahasa Turki, Anda berharap bahwa semua orang yg ingin cantik akan mengingat nama toko Anda karena Anda menjual kebutuhan wanita sebagai rahasia kecantikannya.

Agar Anda tidak salah dalam memilih nama domain sebaiknya Anda membaca artikel cara memilih nama domain yang baik di sini.

2. Adanya 2 huruf atau lebih yang sama bersebelahan

Kesalahan lain yang pernah dilakukan oleh calon pelanggan Anda adalah kesalahan penulisan nama domain toko online Anda. Misalnya saja nama domain Anda adalah aamiin.com, akan banyak sekali macam kesalahan yang dilakukan oleh customer Anda mulai dari amiin.com hingga amin.com jadi alangkah baiknya jika Anda mempertibangkan banyak hal dalam memilih nama domain.

3. Melibatkan angka di dalamnya

Angka yang terdapat didalam domain biasanya menunjukkan harapan at\au bahkan toko cabang. Misalnya saja, 77barokah.com biasanya kesalahan mulai terjadi saat customer anda menganggap 77 bukanlah angka namun dalam bentuk huruf, begitu pula sebaliknya.

4. Adanya tanda penghubung

Tanda penghubung biasanya dijadikan alternatif jika nama domain yang Anda inginkan sudah tidak lagi tersedia. Namun sadarkah Anda tanda penghubung bisa menjadi kesalahan terbesar Anda saat memilih nama domain. Bisa saja kan calon pelanggan Anda tidak mengetahui tanda penghubung pada domain toko-barokah.com dan menulisnya tokobarokah.com. Artinya Anda kehilangan satu lagi kesempatan menjual product.

5. Bunyi huruf yang sama saat dilafalkan

Beberapa huruf memiliki bunyi yang sama bila diletakkan pada bagian tertentu atau oleh sekelompok orang tertentu. Misalya orang Sunda yang mengatakan wafer.com sebagai waper.com, dapat terlihat bahwa terjadi pergeseran bunyi huruf dari f ke p. Kemudian bisa juga kata cantiqu.com berubah menjadi cantiku.com.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal penyebab kesalahan penulisan oleh pelanggan, apakah langkah yang akan Anda ambil? Apakah Anda akan mengganti nama domain Anda dan membuang brading yang telah Anda bangun selama ini, juga melupakan cost yang telah Anda keluarkan dalam membangun branding tersebut? Jika kesalahan pemilihan atau penulisan nama domain oleh pelanggan tersebut melanda bisnis Anda, tetaplah tenang karena kami memiliki solusi atas permasalahan Anda tersebut.

9 dari 10 pelaku  bisnis online dan juga konsultan bisnis, merekomendasikan Anda untuk mengambil tindakan berikut:

1. Mempekuat branding dan menciptakan brand awareness

Nama domain yang unik, terdapat angka didalamnya dan lain sebagainya bukan lagi merupakan rasa takut bagi Anda. Jika Anda mengalami hal ini saran dari para pakar dan pelaku bisnis online adalah “semakin perkuatlah brand awarenes masyarakat dengan melakukan branding lebih ekstra” hal tersebut akan dengan sendirinya mengurangi jumlah typo yang terjadi. Tahukah Anda salah satu product lokal Indonesia yang sudah go International juga meiliki hal yang sama, nama pemilikya adalah Fiter Firmansyah dengan brand “Peter Says Denim” kini telah dikenal oleh beberapa Negara dunia. Nama Fiter dapat dirubah menjadi Peter sebagai brand merupakan hal yang unik dan mungkin saja orang yang biasa di sapa dengan nama Bang Peter ini mengalami masalah yang sama dengan Anda, namun beliau berhasil menghadapinya.

2. Mencari tahu apasajakah similar nama domain Anda menurut potensial customer Anda

Melakukan branding besar-besaran tentu akan menguras keuangan bisnis Anda dalam jumlah yang cukup besar pula. Apabila Anda tidak memiliki biaya yang cukup besar, Anda juga dapat mengambil alternatif lain dengan melakukan riset menggunakan alat google untuk mengetahui kata kunci apakah yang biasanya digunakan orang menemukan toko online Anda atau bahkan tidak menemukannya. Setelah Anda memiliki list similar tersebut, cara termudahnya adalah amankan nama domainnya dan jadikan domain forwading ke domain utama Anda. Jadi jika terjadi kesalahan penulisan oleh pelanggan Anda dan Anda telah mengarahkan domain forwadingnya, mereka tetap akan menjadi pelanggan Anda.

Apalagi kini harga domain .com sangat murah dibandingkan biasanya. Normalnya Anda mendapatkan penawaran domain.com seharga 10$ atau sekitar Rp. 135.000,-, namun kami memberikan promo dan penawaran menarik bagi Anda dengan membeli domain.com seharga Rp. 25.000/domain/tahun, promo ini berlaku sampai 30 Juli 2015. Jadi Tunggu apa lagi, kesempatan tidak datang 2x, domain murah full control ada di mana lagi kalo bukan di jagoanhosting.com! Informasi lebih lengkap mengenai promo ini dapat Anda cek disini.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *