Leadership

Jika Bisnis itu Melelahkan, Ini Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

 
  • 8
    Shares

   

Siapa bilang menjalani rutinitas yang sama setiap hari tidak membosankan. Bukan hanya para karyawan kantoran dengan rutinitas rutin dan aktivitas yang sama saja yang mudah merasa lelah dan jengah. Tapi pebisnis dengan kegiatan yang selalu bertambah setiap hari juga merasakan itu. Menjadi seorang pebisnis tentu dituntut untuk pandai mengatur waktu, agar setiap kegiatan bisa dilakukan dengan sangat baik dan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Terlebih mereka juga dituntut untuk terus menciptakan ide dan inovasi baru untuk mengembangkan bisnis mereka. Tapi kejenuhan atau kejengahan dalam menjalani rutinitas ini pastilah ada. Tapi ditengah waktu sibuk mereka yang seolah tidak memiliki waktu libur, ada cara bagi para pebisnis untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kejenuhan.

1. Pergi mencari teman baru, relasi baru dan komunitas baru

IMG_8415

Bagi para pebisnis bertemu dengan orang baru, menjalin hubungan baru dan masuk dalam komunitas baru adalah sebuah keharusan. Tujuannya jelas untuk mencari jalan yang banyak untuk mengembangkan bisnis yang dikelola saat ini. Para pebisnis biasanya sibuk berkumpul dengan teman-teman mereka, saling bertukar cerita dan berdiskusi tentang bisnis mereka atau sekedar rencana liburan di akhir pekan. Salah satu keuntungan menjadi pebisnis adalah mereka memiliki waktu yang jauh lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka sukai, termasuk berkumpul dengan keluarga dan teman terdekat.

2. Lakukan hobi akan menghilangkan kejenuhan

belajar_fotografi

Setiap dari kita pasti memiliki hobi yang ingin terus dikembangkan. Sama halnya dengan Fajar Teguh, pemilik Belikulit.com. Di tengah kesibukannya menjadi seorang mahasiswa dan juga pebisnis, ia mudah lelah dan jenuh. Untuk mengatasi itu, ia memiliki untuk melakoni hobi yang sudah lama ia miliki, yaitu di bidang fotografi. Ia memilih untuk mengisi waktu luang dengan melakoni dan mengambangkan keterampilan hobinya. Baginya melakoni hobi adalah cara yang sangat pas untuk menghilangkan kejenuhan. Lalu apa kamu juga punya hobi yang selalu kamu lakukan di waktu senggang? :)

3. Menambah wawasan dengan membaca buku atau menulis

membaca santai

Bagi seorang pebisnis mencari ide, inovasi dan wawasan baru adalah hal yang wajib dijalankan. Mereka menyadari itu dengan membaca buku ataupun menulis. Membaca buku menjadi hal yang wajib mereka lakoni saat memiliki waktu luang. Menjadi jendela dunia, membuat buku, koran ataupun majalah menjadi bacaan yang wajib ada di meja para pebisnis ini. Terlebih kini buku apapun juga memiliki versi mobile dan bisa diakses dimanapun. Lebih memudahkan bagi para pebisnis yang sibuk dan terus bekerja pagi, siang dan malam. Menulispun menjadi salah satu yang dijadikan bahan penghilang kejenuhan. Sebagian besar orang yang suka membaca tentu ingin bisa menulis. Dan itu membuat mereka berusaha untuk menulis sebait atau 2 bait tulisan, baik di buku ataupun blog pribadi mereka.

4. Jelajahi internet lebih luas lagi

keahlian IT

keahlian IT

Kemajuan teknologi dan internet terus bertambah setiap harinya. Internet kini menjadi kebutuhan pokok bagi para pebisnis, baik mereka yang berbisnis online ataupun offline. Bukan hanya sekedar digunakan untuk bertransaksi, tapi juga digunakan untuk mempromosikan bisnis mereka. Internet yang luas harus dimanfaatkan dengan sangat baik. Jangan sia-siakan keunggulan dan kemudahan kita menemukan informasi di internet. Internet memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi dan juga memberikan manfaat bagi orang lain. Mereka yang sadar akan hal ini akan terus memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin. Termasuk para pebisnis yang memilih mengisi waktu luang mereka dengan menjelajahi internet. Mencari dan menemukan inspirasi dari internet untuk bisnis mereka.

5. Menghadiri acara yang menambah wawasan dan relasi

Mebiso Talk #1

Salah satu yang wajib dilakukan para pebisnis adalah menghadiri berbagai acara dan menambah relasi dari dalamnya. Acara seperti seminar bisnis, workshop, gatering dan lain sebagainya yang membuat kita bertemu dengan orang baru dan tentu saja yang menambah pengetahuan kita tentang bisnis. Acara seperti ini hampir selalu ada dan tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sejenak untuk menghadiri acara seperti ini. Kita bisa bertemu juga dengan para pakar bisnis atau pembicara yang kita idolakan. Bahkan jika kita beruntung, kita bisa bertemu dengan mereka dan bertukar pikiran dengan orang banyak.

Nah, jadi pebisnis itu tidak harus diam di tempat dan sibuk mengurus ini itu. Waktu luang yang kamu miliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Jadi kelelahan dan kejengahanmu menjalankan bisnis bisa terobati dan kamu mendapatkan hal yang berguna :)

Baca juga:

3 Momen yang Membantu Kesuksesan Bisnis Kecil

10 Langkah Sukses Menumbuhkan Bisnis Kecil

7 Cara Menceritakan Kisah Bisnis Kecil dengan Lebih Apik

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *