Technology

Kapan Anda Membutuhkan Paket Email Hosting

 

   

Anda mungkin seringkali bingung ketika hosting anda sering kena suspend dengan alasan terindikasi melakukan spam. Padahal anda nmenganggap bahwa aktivitas email adalah fasilitas dari hosting dan anda hanya memanfaatkannya untuk mengirim email ke semua karyawan atau broadcast pemberitahuan ke pelanggan. Tentunya sangat repot jika hosting anda kena suspend ketika Anda justru diburu mengirim email penting ke rekan anda. Maka ini artinya, sudah waktunya anda pakai paket email hosting sendiri.

[Baca juga: Cara Mencegah Spam dengan Memisahkan Server Website dengan Server Mail]

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengapa kita membutuhkan paket email hosting, mungkin ada baiknya kita pahami dulu pengertian masing-masing.

Apa itu hosting?

Hosting adalah sebuah space atau ruang yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website kita, seperti file HTML, file PHP, ataupun gambar. Hosting dapat juga diibaratkan sebagai flash disk atau hard disk dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyimpan semua file dan data yang ada di komputer kita. Dengan hosting, file yang anda simpan akan bisa diakses pada Internet.

[Video: Pengertian Hosting dan Domain dalam 3 Menit]

Apa itu Email Hosting?

Email Hosting adalah layanan server hosting yang mengkhususkan pada layanan Email. Pengertian Email hosting berbeda dengan Web Hosting. Mail hosting biasanya tidak mengikut sertakan web hosting pada layanannya. Maksudnya adalah Anda tidak dapat mempublikasikan website pada layanan hosting email, tapi hanya bisa digunakan untuk layanan Email Server saja.

Kenapa Anda butuh paket Email Hosting?

Layanan email di setiap penyedia layanan hosting memang biasanya memberi fasilitas unlimited, meskipun pada kenyataannya terdapat batasan pengiriman email per jam agar user tidak melakukan pengiriman email besar-besaran yang justru membuat kinerja server jadi tidak stabil dan load jadi sangat tinggi. Penyedia layanan hosting yang sehat akan memberikan batasan email per jam untuk menjaga kestabilan server sehingga account anda tidak terganggu oleh account yang lain. Makanya anda butuh paket Email Hosting agar anda dapat lebih leluasa berkirim terima email.

Contoh ilustrasinya kita ambil dari Paket Email Hosting yang disediakan Jagoan Hosting Indonesia. Tiap paket yang ditawarkan membantu untuk melakukan pengiriman email perjam yang batasannya bervariasi mulai dari 100 email/jam hingga 800 email/jam (800 x 24 = 19200 perhari). Rasanya lebih dari cukup.

Selain itu penerapan paket Email Hosting dapat pula mendukung account web profile. Misalnya web hosting anda hanya dipakai untuk web profil, tetapi anda membutuhkan space email yang besar, maka penawaran terbaik adalah memilih hosting yang cukup untuk web profil perusahaan anda kemudian meningkatkan kapabilitas pengiriman emailnya dengan menambahkan paket Email Hosting. Kenapa harus? Karena server hosting dan email hosting anda akan ditaruh di server yang berbeda, sehingga jika terjadi suspend, perbaikan pada server hosting anda, tidak akan mempengaruhi layanan email anda, dan begitu pula sebaliknya.

Jadi, apakah anda termasuk pemilik website yang membutuhkan paket Email Hosting? Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

2 komentar

  • 23 January 2015 - pukul 20:52

    ini yang selama ini kami hadapi dengan penjabaran bapak kini kami semakin tahu bahwa email hosting sangat di perlukan untuk Manajemen yang tepat ketika kita gunakan.

    terimakasih postingannya sangat membantu sekali

    • Administrator
      24 January 2015 - pukul 8:40

      Terima kasih kembali, semoga bermanfaat selalu Pak :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *