Technology

Kenapa Programmer Harus Pakai Framework CodeIgniter

 

   

Framework secara sederhana dapat diartikan sebagai library berisi kumpulan dari fungsi-fungsi / prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa memudahkan dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

CodeIgniter adalah sebuah Application Development Framework adalah sebuah toolkit yang sangat cocok bagi programmer pemula yang akan membangun sebuah website menggunakan PHP. Tujuan utamanya adalah memungkinkan Anda untuk mengembangkan proyek-proyek jauh lebih cepat daripada jika Anda menulis kode dari awal. CodeIgniter adalah sebuah Framework yang menurut saya berisi kumpulan fungsi yang lengkap sehingga relatif mampu membuat Anda lebih fokus pada proyek dengan meminimalkan jumlah kode yang dibutuhkan untuk tugas tertentu.

CodeIgniter (CI) juga punya beberapa kelebihan dibandingkan Framework PHP lain. Seperti:

1. Performa sangat cepat.

Salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scratch. Tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.

2. Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration).

Biasanya kita perlu menyesuaikan path database dan routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php. Namun untuk menggunakan CodeIgniter dengan setting standard, anda hanya perlu merubah sedikit saja file pada folder config.

3. Dukungan komunitas.

CI sudah cukup lama beredar di dunia programmer. Bahkan masa kejayaannya ada di sekitar tahun 2011. Meskipun kini bermunculan framework-framework primadona lain, karena dunia programmer selalu berputar dengan cepat, CI relatif punya dukungan komunitas pengguna yang kuat. Misalnya Forum Ellislab, sehingga kita dapat lebih mudah berinteraksi dengan mereka yang lebih tahu.

4. Dokumentasi yang lengkap.

Setiap paket instalasi CodeIgniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami.

5. Menggunakan pattern MVC.

Dengan menggunakan MVC (Model-View-Controller), struktur code menjadi lebih terstruktur dan memiliki standart yang jelas.

CodeIgniter cukup banyak digunakan, misalnya (kabarnya) beberapa perusahaan besar seperti kompas.com, okezone.com, urbanesia dan beberapa situs luar negeri seperti: filmannex.com, freecause.com, lyrics.com, mcstate.com, dan portaimprese.it. Kita agak kesulitan untuk  bisa mengetahui lebih banyak website yang menggunakan CI karena CI server side. Jadi cukup sulit untuk mengetahui siapa saja yang penggunanya kecuali pihak pembuat mengklaim sendiri bahwa mereka menggunakan CI.

Nah, itulah beberapa serba-serbi yang harus anda ketahui tentang framework CI. Beberapa pembahasan mengenai framework lainnya seperti YII akan kita ulas di kesempatan berikutnya. Anda punya pandangan lain tentang CI? Mari bagikan di kolom komentar :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

4 komentar

  • 4 November 2013 - pukul 8:03

    Untuk kecepatan ya, saya akui memang ini adalah framework yg lmayan cepat. Tetapi seiring perkembangan zaman. Saya lihat CI tidak memperbaharui library nya dengan fitur2 yang ada pada versi PHP saat ini. Mungkin bila CI masih seperti itu, lambat laun akan ditinggalkan. Walaupun harus diakui di Indonesia framework ini masih menjadi pilihan no 1. Di karenakan CI adalah salah satu framework PHP yang sudah lama. Tetapi ada juga yang sudah ingin berganti dengan framework lain seperti yang saya tunggu pembahasannya ( YII :p ), juga Zend dsb, atau mungkin yang terbaru seperti laravel.

    • Youngky Andreas
      6 November 2013 - pukul 10:03

      terima kasih agan muhammad cahya sudah membaca artikel ini. insya allah akan di bahas YII lebih dalam :D

  • 5 May 2014 - pukul 9:50

    Thanks, sob artikelnya bermanfaat, silahkan di cek sob aplikasi akunting buatan anak Indonesia yang gak kalah keren ama buatan luar di kiper.co.id

  • 16 September 2017 - pukul 18:19

    CodeIgniter memang cepat, karena memanfaatkan banyak fungsi PHP asli daripada membuat ulang sendiri dalam berbagai class yang gendut. Saya pikir performa adalah yang utama, karena itu saya pilih CodeIgniter. Selain itu CodeIgniter relatif mudah dipelajari dan dikembangkan. Sedangkan framework lain belajarnya butuh waktu banyak.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *