Interviews

Kisah Taufshwara Diasriandaru Membangun Studio Animasi Jelasin.com

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Taufshwara Diasriandaru (Ufan) selama 3 bulan ini tampak sibuk memasarkan Jelasin.com, studio animasi yang khusus memproduksi Explainer Animation. Mereka memproduksi animasi yang berfungsi untuk “menjelaskan apapun”. Menurut Ufan, pasar terbesar mereka adalah Startup dan industri kreatif. Karena seringkali Startup dan industri kreatif punya ide yang benar-benar baru dan harta karun bagi dunia, namun kesulitan untuk menjelaskan ide ini kepada konsumen atau calon investor. Melalui Jelasin.com, Ufan berharap dia mampu membantu geliat Startup dan industri kreatif di Indonesia berkembang sepesat Silicon Valley, Amerika Serikat.

Halo mas Ufan, bisa diceritakan latar belakang Jelasin.com?

Bisnis ini lahirnya karena 2 passion saya, yaitu Animasi dan IT. Background saya adalah di dunia  desain, dan saya suka dengan berita mengenai perkembangan dunia IT di Indonesia. Saya dulu juga pernah mencoba masuk ke industri game. Tapi karena bukan programmer, jadinya kurang maksimal. Akhirnya saya pikirkan bagaimana caranya agar saya bisa mendukung dunia IT, tapi dengan kemampuan terbaik yang saya punya, yaitu animasi. Maka lahirlah Jelasin.com dengan kategori bisnis kita yaitu Explainer Animation, atau Animasi Jelasin.

Bisa dijelaskan Apa itu Explainer Animation?

Explainer animation adalah sebutan lain dari explanatory animation. Di Indonesia, saya harap nanti namanya dikenal sebagai “Animasi Jelasin” supaya linier dengan branding studio kita, jelasin.com (kemudian tertawa). Animasi yang dihasilkan simple, tidak terlalu kompleks, tapi dititikberatkan pada konten yang dibawakan. Misalnya ketika menjelaskan suatu produk, kita akan sebaik mungkin menitikberatkan pada fakta-fakta seperti kenapa produk ini lebih baik dari kompetitor dan kenapa pengguna butuh produk ini.

Kenapa bisnis perlu “Animasi Jelasin”?

Ide secanggih apapun, tidak akan kelihatan canggih kalau dia tidak bisa dikomunikasikan dengan baik. Melalui Jelasin.com, saya harap saya dapat menyediakan alat komunikasi bagi para penggiat industri kreatif dan Startup di Indonesia. Entah mau digunakan secara langsung ke customer atau untuk pitching ke calon investor.

Idenya dari mana mas?

Di luar sana, Animasi Jelasin sudah marak sekali. Karena Startup di luar negeri, katakanlah Amerika Serikat (Silicon Valley), tren perkembangannya sudah berlangsung sejak lama. Sedangkan di Indonesia kan baru-baru ini banyak kompetisi Startup dan banyak inkubator Startup bermunculan. Jadi saya yakin perkembangan industri Startup di Indonesia trennya positif. Maka kebutuhan untuk Animasi Jelasin sekarang sudah ada, tinggal urgensinya saja yang belum. Saya lihat ini sebagai peluang. Saya harus masuk sekarang dan merebut mind share dulu di sini, sebelum Animasi Jelasin jadi tren.

Keunggulan yang ditawarkan Jelasin.com?

Keunggulan kami ada di passion driven. Kami menggarap animasi-animasi yang masuk ke Jelasin.com bukan karena bisnis sepenuhnya, tetapi karena kami suka melakukannya. Sehingga kami harap hasilnya mampu mengkomunikasikan pesan ke audiens dengan maksimal. Inilah tujuan dari Animasi Jelasin.

Siapa saja klien yang sudah pakai jasa Jelasin.com?

Klien kita tidak terbatas di Indonesia saja. Saya juga terima sejumlah project dari Itali, Jepang, Australia, India karena pasar kita sendiri sudah worldwide. Namun di Indonesia, Startup yang jadi notable client kita adalah “Shoop!” milik Brian Alfi. Ketika proses pitching ke inkubator, animasi buatan kita sering mereka gunakan sebagai ice breaking. Profil Shoop jadi lebih standout dengan Animasi Jelasin.

Layanan apa saja yang diberikan Jelasin.com kepada pelanggan?

Di Jelasin.com, kita sudah memberikan full service. Mulai dari pembuatan konsep, script, storyboard, animasi, sampai editing, dan voice over. Jadi klien tinggal datang ke kita dan mengenalkan produknya, apa yang mau dijelaskan dan apa yang mau dikomunikasikan. Kemudian kita gali dari sini dan kita bikin animasinya. Klien terima jadinya saja.

Berarti harus melayani dengan hati agar hasilnya memuaskan?

Saya tidak menganggap pekerjaan ini sebagai tekanan. Terlebih karena passion saya di dunia IT cukup besar. Saya suka mendengarkan cerita dari klien saya tentang betapa canggihnya aplikasi mereka. Hal ini jadi semangat tersendiri bagi saya. Misalnya begini. Ketika anda menemukan titik di mana anda merasa bahwa aplikasi sang klien ini asik dan benar-benar bisa membantu orang banyak, maka sebaik mungkin anda akan mengusahakan untuk membantu aplikasi tersebut agar dimengerti oleh orang lain.

Tips yang dapat mas Ufan bagi kepada para enterpreneur pemula?

Saya sama sekali tidak punya background sebagai pengusaha. Keluarga sama sekali tidak ada yang jadi pengusaha. Enterpeneur pun dulu saya sama sekali blank. Maka tips terbaik yang dapat saya sharing adalah apa yang sesuai pengalaman saya. Yaitu manfaatkanlah komunitas hingga ke batas maksimal. Saya bisa bermindset enterprneur karena komunitas Tangan Di Atas (TDA Surabaya). Komunitas ini yang membuat saya menemukan ‘bisnis apa yang cocok dengan saya’. Ketika anda rutin berkumpul dengan enterpreneur lain, anda akan lebih terpacu dan pola pikir anda akan berkembang.

Tidak perlu malu atau gengsi atau takut dibilang bodoh. Saya pun awalnya seperti orang bodoh. Karena memang saya tidak tahu apa-apa. Inilah gunanya bertanya. Karena tidak tahu, maka kita tanya. Dan ternyata, hal-hal seperti rahasia bisnis bisa kita gali jika kita bertanya.

Jadi tips terbaik yang bisa saya berikan adalah, hauslah akan ilmu, carilah komunitas, dan kerjakan apa yang jadi passion Anda.

Luar biasa sekali mas Ufan. Saya yakin di antara pembaca MEBISO ada banyak sekali Startup yang baru mulai berdiri, namun masih belum tahu apa yang harus mereka lakukan.

Terimakasih. Saya ingin menawarkan kepada Startup yang ingin membuat animasi, tapi budget terbatas. Sampai akhir bulan Oktober 2013, ceritakan saja produk Startup Anda ke saya. Kalau saya menilai Startup anda punya potensi, produk anda bakal asik, bermanfaat, maka saya akan berikan diskon.

Bagaimana rekan-rekan Startup bisa menghubungi mas Ufan?

Gampang sekali. Cari nama “orangufan” di Google. Nanti ketemu sosial media saya. Saya aktif di manapun. Atau Anda boleh langsung saja kunjungi halaman Jelasin.com. Kita akan terima sampai akhir Oktober 2013. Kalau aplikasi Anda memang luar biasa, dan solusinya signifikan banget, saya berani berikan diskon. Yang penting sih Anda berani ceritakan ke saya.

Menarik sekali mas Ufan. Saya harap nanti semakin banyak Startup yang mulai menilai Animasi Jelasin sebagai kebutuhan utama mereka. Terimakasih untuk perbincangannya. Sukses selalu untuk Jelasin.com.

Taufshwara-Diasriandaru

Taufshwara Diasriandaru di Studio baru Jelasin.com. Selamat dan sukses mas Ufan :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *