Interviews

Kisah Triyana Sudarmanto Mengembangkan Gerai Fashion Pria Sopahola.com

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Triyana Sudarmanto Wijaya adalah founder sopahola.com. Sebuah toko online yang khusus menjual pakaian pria. Eksistensi sopahola.com yang didirikan sejak tahun 2010 menunjukkan bahwa target market sebuah toko online tidak harus selalu didominasi untuk wanita. Maka suatu hari, kami mampir ke outlet sopahola.com di Jalan Klampis Jaya 15B Surabaya untuk ngobrol santai dengan Triyan seputar pengalamannya mendirikan sopahola.com

Halo mas Triyan, sebelum kita mulai, kalau boleh tahu, apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya adalah lulusan S1 Arsitektur ITS.

Wah, dari arsitektur ke fashionpreneur. Mungkin bisa ceritakan sedikit tentang awalnya anda berpindah ke dunia enterpreneur?

Saya sudah bekerja selama 7 tahun di bidang desain arsitektur. Selama 7 tahun, bisa dikatakan saya masih dalam masa pencarian jati diri. Saya selalu merasa ada sesuatu yang kurang. Maka saya mengambil keputusan terbesar dalam kehidupan saya dengan berhenti dari pekerjaan yang sudah memberikan gaji yang cukup untuk hidup yang nyaman. Sampai sekarang, hasilnya bisa dibilang cukup memuaskan.

Ceritakan awal pendirian Sopahola.com?

Sopahola.com beroperasi mulai bulan November 2010. Dimulai pertama kali melalui sebuah keberanian untuk mengambil resiko.

Kenapa menjual pakaian khusus pria. Apa pertimbangan anda?

Awalnya sopahola.com menjual baju secara umum. Kemudian seiring dengan perkembangan, saya memfokuskan ke penjualan baju laki – laki dengan pertimbangan bahwa sebagian besar laki – laki malas untuk berbelanja secara offline. Saya merasa ada celah yang bisa saya manfaatkan di sini dan memang terbukti benar.

Apa yang menjadi pembeda toko online anda dengan toko online lain dengan konsep yang mungkin serupa?

Kami menjual barang – barang original. Sekitar 95% dari produk yang dijual di sopahola bukan barang KW. Kami juga sekarang sedang mencoba mengembangkan brand baju sendiri. Untuk membedakannya dengan brand-brand baju lain, di sini saya mencoba untuk mengangkat unsur Indonesia kedalam brand baju kami. Salah satunya adalah batik seperti yang sekarang ini saya kenakan.

Bagaimana tentang service?

Untuk pelayanan, tidak ada rahasia apa-apa. Yang terpenting bagi kami adalah bagaimana kita berusaha untuk memberikan yang terbaik. Misalnya jika ada masalah dalam pengiriman barang, maka barang bisa dikembalikan atau bahkan nanti bisa kami berikan secara gratis.

Bagaimana anda menilai lingkungan market yang sekarang?

Pelanggan mungkin bisa dikatakan masih perlu banyak dilayani. Misalnya masih ada saja beberapa yang menanyakan harga barang, padahal di website sudah dicantumkan. Intensitas pertanyaan yang masuk ke kami juga cukup besar karena customer cenderung belum mengerti banyak mengenai jual beli online.

Apa tantangan terbesar Anda melayani customer seperti ini dan bagaimana anda mengatasinya?

Customer yang bertanya melalui telepon hampir 97% tidak jadi membeli. Sementara intensitas panggilan telefon kita cukup tinggi. Kadang di antaranya ada banyak nomor telepon yang tidak dikenal. Sehingga kami menerapkan kebijakan tanya jawab hanya dilakukan via SMS.

Prestasi terbaik yang pernah diraih bisnis anda?

Kita sudah beberapa kali mengikuti pameran produk UKM internasional dari Disperindag, salah satunya di Bali dan Jakarta. Di antara UKM di Indonesia, hanya dipilih sekitar 60-an saja. Rasanya cukup bangga karena produk kita berhasil mendapat pengakuan. Di luar itu, saya merasa belum ada prestasi signifikan yang bisa kami ceritakan, karena kami terbilang masih baru dan celah kami untuk berkembang masih terbuka lebar.

Punya gerai sendiri saya pikir juga termasuk sebuah pencapaian luar biasa bagi toko online mas :-) Bagaimana menurut anda?

Outlet adalah solusi dari sekian banyaknya calon customer yang ragu untuk membeli barang secara online. Seringkali mereka tanya dulu lokasi outlet kita. Apakah kita punya toko sendiri. Nah, sekarang kami bisa menjawabnya.

Sebelum memiliki gerai sendiri, apa yang anda lakukan untuk membangun trust calon customer?

Kami mengumpulkan dan mendokumentasikan testimonial dari pelanggan yang telah berbelanja dari toko online kami. Dokumentasi inilah yang kami gunakan untuk menunjukkan bahwa bisnis dan pelayanan kami nyata dan serius.

Apa rencana jangka panjang Anda untuk mengembangkan sopahola.com?

Saya berkeinginan untuk membuka beberapa cabang di Jakarta. Karena berdasarkan pengalaman kami mengikuti pameran di Jakarta, saya melihat besarnya potensi customer di Jakarta, terutama soal tingkat konsumerisasinya. Mereka cenderung menilai kualitas sebelum harga. Jadi sangat cocok dengan produk kami yang mengunggulkan kualitas.

Siapa tokoh yang jadi motivasi anda atau apa quote yang paling berkesan bagi perjalanan anda sebagai enterpreneur?

Quote yang paling berkesan menurut saya adalah “Pilih 5 teman terbaik Anda, maka merekalah yang akan membentuk Anda”. Artinya bukanlah mengajarkan kita untuk pilih – pilih teman, melainkan lebih kepada pernyataan bahwa dengan siapa kita bergaul maka merekalah yang akan membentuk kita. Maka tokoh yang jadi motivasi saya adalah sahabat sekaligus mentor saya yang saat ini sukses mendirikan kedai kopi “Coffee Toffee”.

Saran terbaik yang dapat anda berikan untuk pengusaha lain?

Saya belum berani memberikan saran apa – apa, karena saya sendiri menilai bahwa saya masih hijau jika menyangkut dunia enterpreneur. Namun satu hal yang saya pelajari selama ini adalah ketika kita ingin sukses, maka itu semua dimulai dari dalam diri kita sendiri.

Terimakasih mas Triyan untuk ceritanya yang sangat menginspirasi. Semoga banyak pembaca kami yang belajar dari cerita Anda. Sukses selalu untuk Sopahola.com

Quote of the day: “Lakukan apa yang sesuai dengan hati nurani kita sambil mempertimbangkan aspek resiko dan tanggungjawab.”

 

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *