Interviews

Kompak Bersama Keluarga adalah Kunci Sukses dari Produsen Tas Ternama, Abekani.com

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 398
    Shares

   

Siapa bilang berbisnis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki modal besar, keahlian yang sangat luar biasa dan juga relasi yang banyak. Bahkan seorang pemula yang memilih untuk resign saat memiliki pekerjaan tetap juga bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Seperti cerita bisnis dari Robertus Adi Nugroho(45) dan Tunjung Pratiwi(44) yang memulai bisnis Abekani.com, sebuah produsen tas, wallet, sleeve dan lain sebagainya dengan berbahan dasar kulit atau leather.

Sepasang suami istri ini memang kompak dalam menjalani bisnisnya. Bapak Adi juga selalu memeriksa apa yang akan dikerjakan hari ini dan targer selesai kapan, apa yang urgent untuk memastikan bahwa bisnis mereka akan terus berkembang.

Melihat dan selalu mempelajari baik dari produk kulit di luar negeri maupun produk non kulit yang bisa dijadikan referensi pengembangan bisnis adalah cara mereka dalam mencari dan mengembangkan inspirasi yang mereka dapatkan.

Bisa diceritakan bagaimana awal Anda menjadi seorang entrepreneur bersama istri?

Awal mulanya suami memutuskan untuk resign dan mencoba usaha sendiri dengan modal 2jt untuk memeli bbrp lembar kulit dan dijadikan pouch HP & sleeve Notebook yang dipasarkan melalui konsinyasi dibbrp toko tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kemudian mencoba untuk menjual secara onine, awalnya kami membuat blog dan beberapa postingan di portal jual beli, dari sini baru terlihat market dan apa yang diinginkan customer karena kami bisa interaksi secara langsung dengan masing-masing customer.

Pengorbanan terbesar pada awalnya saya harus ikut resign dari pekerjaan yang sudah saya jalani lebih dari 10th, tapi bagaimanapun juga untuk kemajuan usaha yang sudah dirintis suami kami harus focus dan saya memilih membantu usaha suami sekalian bisa mengawasi ke-2 anak kami.

Lalu Abekani sendiri ini apa Pak?

Abekani diambil dari nama boneka keponakan kami, tidak ada arti khusus. Produksi pertama th 2009 pada awalnya yang kami produksi tas2 vintage berbahan kulit Nabati. Tapi 3th terakhir permintaan tas wanita mendominasi 70% dari semua prosuk abekani (Tas, Wallet, Sleeve, Pouch, Leather Gift dari berbagai corporate).

Ide bisnis murni karena keadaan, dimana suami pernah usaha warung makan dan kurang berhasil jadi mau tidak mau harus berputar otak untuk mencoba usaha lain dengan modal sesedikit mungkin.

Untuk memasarkan produk Abekani sendiri, 100% melalui media online (70% media social dan sisanya melalui website) kedepan kami akan lebih focus ke website supaya dalam menangani customer lebih teratur dan tersistem. Target market kami sebenernya 100% dalam negeri karena untuk memenuhi pasar dalam negeri saja masih kurang dan harus waiting list pengerjaannya. Akan tetapi bbr permintaan dari luar negeri (Spanyol) kadang kami layani tapi prosesntasinya hanya kecil, karena kesulitan pengaturan jadwal produksi.

Wah sudah Go Internasional juga berarti ya pak? Apasih rahasianya agar harga produk dan kualitas tetap seimbang bahkan terjaga dengan baik?

Kami tidak mengambil margin tinggi supaya produksi bisa terus berjalan secara kontinyu, baik dari supplier kulit, pengrajin semua saling membantu : supply kulit selalu ada, pengrajin selalu ada yang dikerjakan dst. Apbila tas dijual hrg tinggi, tapi kontinyuitas tidak ada kuntungan hanya akan diperoleh produsen tapi supplier dan pengrajin tidak punya pekertaan tetap. Jadi kami semua saling menyadari bahwa 1 sama lain harus saling membantu sebagai partner.

Jika Abekani adalah salah satu produsen tas kulit , lalu apa yang membedakan Abekani dengan bisnis online yang memiliki produk sama dengan Anda?

produksi abekani

Selain brand yang sudah melekat di customer, untuk lining (kain dalam) khusus tas wanita  kami menggunakan tenun tradisional dari pedan – klaten dan Weru – Sukoharjo dengan motif fix yang tidak digunakan oleh competitor. Selain itu kualitas jahitan juga bisa dilihat (dari kerapihan dan detail modelnya).

Selama berdiri prestasi apa saja yang sudah Anda miliki sampai bisa bertahan hingga detik ini?

Untuk prestasi dalam bentuk penghargaan tidak ada, karena usaha kami rintis tanpa adanya bantuan atau binaan dari instani lain maupun pinjaman modal pihak lain. Kalau keuntungan sangat banyak, terutama dari makin banyaknya kepercayaan dari corporate besar maupun banyaknya waitinglist sudah menjadi kebanggan tersendiri dan prestasi tersendiri bagi kami.

Disisi lain, kami melihat hampir semua pengrajin kami merasakan peningkatan perekonomian jauh lebih baik, secara materi bisa dibilang cukup berhasil dan meningkatkan taraf hidup lebih baik. Usaha kami menjadi berkat bagi orang lain merupakan kebanggan dan rasa syukur tiada henti.

Nah kini pengalaman paling berkesan apa yang membuat Bapak terus termotivasi mengembangkan bisnis ini?

Ada  sistem PO untuk salah 1 model tas, karena banyaknya peminat, maka dibuatkan sistem antrian dan ternyata yang mendaftar lebih dr 1500 nama dan akhirnya untuk sementara form antrian kami tutup karena terlalu banyak. Ini benar2 diluar dugaan kami, sedangkan tas tersebut sebenernya sudah kami produksi dari tahun 2012 dan saat ini sdh produksi ke-2000 akan tetapi yang berminat masih sangat tinggi.

Sebagai pebisnis yang cukup sukses, bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini? Lalu bagaimana bisnis Anda ikut ambil andil di dalamnya?

Untuk saat ini penjualan secara online memang lebih menguntungkan, dan lebih dari itu kami sudah memulai dari 5th yang lalu akan tetapi kami harus terus berupaya dan belajar apakah kedepan tetap akan dijalur online atau mencoba offline store juga.  Bisnis kami jalani seperti air mengalir, kami tidak berobsesi terlalu tinggi, tidak ada beban jadi biar proses yang akan membawa kemana nanti kami akan berjalan.

Menjalankan bisnis ini, tantangan apa yang paling sulit Anda hadapi?

Sejauh ini faktor pengrajin yang berkualitas, karena penjahit kulit dibutuhkan ketelitian dalam penggerjaan sedangkan kursus menjahit kulit tidak ada.

Lalu apa rencana Abekani untuk kedepannya?

Mencari pengrajin/penjahit kulit yang berkualitas dan memperbesar kapasitas produksi.

Wah semoga sukses dengan rencananya pak. Menurut Bapak sendiri apakah sebuah bisnis online harus memiliki toko fisik atau offline?

Tergantung policy dan strategi masing2 – toko online harus punya tempat baik berupa workshop atau showroom dimana customer bisa melihat produk yang dihasilkan untuk memperoleh kepercayaan, meskipun order tetap melalui online.

Selain itu, bagi saya memiliki web resmi, punya workshop dan mendapatkan kepercayaan dari customer dan corporate besar adalah tolak ukur sebuah bisnis bisa dikatakan untuk Go Online.

Sebagai salah satu pebisnis online, keahlian apa saja yang memang harus dikuasai oleh para pelaku bisnis online ini?

Memanage customer dengan baik, seperti interaksi yang bagus dengan customer, ramah sopan serta beretika.  Berjualan secara online, maka faktor Foto juga harus diperhatikan, foto produk yang alakadarnya dan bukan hasil foto milik sendiri tidak akan  menarik calon pembeli.

Benar sekali pak, Wah yang terakhir adakah saran atau pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pemilik toko online lain?

Fokus, kreatif, punya inisiatif, tidak ikut-ikutan.

Yang terakhir, apa yang membuat Bapak mampu bangkit setelah mengalami kegagalan dalam bisnis?

Melihat ke awal usaha pada saat kami merintis usaha bisnis tas supaya kami selalu bisa bersyukur atas apa yang telah kami raih selama 5th ini.

Wah terima kasih banyak Bapak sudah membagikan kisah bisnis onlinenya kepada Sahabat Mebiso. Semoga Abekani selalu sukses dan bisa terus diterima di hati pelanggan. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 398
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *