Event

Kompetisi Periklanan bagi Mahasiswa Indonesia: Caraka Festival 2013

 

   

Setelah sambang ke sejumlah kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Jogja, Salatiga, Purwokerto, Malang, Medan, Bali, dan Makassar, akhirnya tim CARAKA Festival tiba juga di kota Surabaya pada tanggal 7 Oktober 2013 kemarin.

CARAKA adalah sebuah festival kreatif yang digagas oleh kesatuan persatuan periklanan Jawa Tengah yang dikhususkan untuk para mahasiswa di Indonesia. CARAKA adalah wadah berkumpulnya mahasiswa kreatif dari universitas-universitas di Indonesia.

Roadshow CARAKA Festival kemarin diselenggarakan di sejumlah kampus di Surabaya, salah satunya adalah  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Di sini, mereka mengumumkan tema kompetisi yang akan diangkat tahun ini, yakni ‘180o REVERSE THE UNIVERSE’.

“Melalui tema ini, kami berharap mahasiswa mampu mengembangkan peran mereka di masyarakat. Jadi tidak hanya berperan di dalam kampus mereka saja, namun juga peduli terhadap lingkungan masyarakat, karena sesungguhnya mereka juga bagian dari masyarakat sendiri,” kata Frieska, perwakilan dari tim CARAKA.

caraka-festival-2

Frieska menyerahkan plakat penghargaan kepada Ketua Jurusan DKV ITS

Frieska juga menyampaikan bahwa kompetisi tahun ini dibagi ke dalam 6 kategori, yaitu: Print AD, Radio AD, Ambiaent AD, Digital Activation, Integrated Campaign, TVC, Brief for our sponsor (New category). Jadi bila anda (mahasiswa) merasa punya talenta dan potensi di salah satu dari keenam kategori tersebut, anda dapat mendaftarkan diri di website www.carakafest.org.

Karya anda akan dinilai oleh panel juri yang berisi sejumlah nama besar praktisi periklanan seperti Morian Majid (Creative Director of Colman Handoko), Luci Novita (Creative Director at Hakuhodo), Sim F. (Freelance Film Director), Fahmi Rahmadiputra (Senior Art Director at Lowe), dan Andreas Junur (Creative Partner at The 1984).

Selain kompetisi, CARAKA festival sendiri terbagi menjadi serangkaian event seperti roadshow, community exhibition, camp workshop, seminar, dan awarding. Frieska berani menjamin bahwa semuanya tidak kalah seru. Misalnya pada seminar “Dare To Be Different” dan serangkaian camp workshop yang akan diselenggarakan 12-13 Desember 2013 besok di Lawang Sewu, Semarang, CARAKA akan mendatangkan Anis Baswedan (Indonesia Mengajar) untuk tema Mengasah Kepekaan, Kunkrit Suryo Wicaksono (Owner Suara Merdeka) untuk tema Media, dan Manager, Member JKT 48 untuk tema Brand Positioning, dan sejumlah tema menarik lain seperti Strategic Planning oleh Paramitha Muhammad (Planning Director for Lowe Indonesia), dan Creative Directing oleh Roy Sagala (Creative Direct for Publics).

Reva Gerinda, juara CARAKA 2012 di tema Cinematografi membagikan pengalaman dan rahasia agar terpilih menjadi finalis.

“Kita butuh sekitar 30% eksekusi, dan sisanya, 70% adalah ide,” katanya memberi petunjuk. Reva menceritakan pula bagaimana terkejutnya ia saat diberitakan menjadi salah satu finalis CARAKA 2012. Dari event yang diadakan CARAKA, Reva mendapatkan banyak kenalan karena CARAKA diikuti oleh mahasiswa diseluruh penjuru Indonesia. Jadi mahasiswa kreatif, anda berani mencoba?

caraka-festival-3

Reva meyakinkan peserta agar nekat mencoba

Informasi lebih lanjut, kunjungi link www.carakafest.org, atau anda bisa follow twitter @carakafest, dan Fans Page Caraka Festival Kreatif, atau email di info@carakafest.org. Good luck ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *