Event

Liputan gDayX Surabaya

 
  • 84
    Shares

   

Hari Sabtu 5 Oktober 2013 kemarin, gDayX sukses mengguncang Surabaya. Kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari enterpreneur dan mereka yang terinspirasi untuk menjadi enterpreneur memadati auditorium Indosat Surabaya untuk saling Connect, Inform dan Inspire sesuai dengan visi Google Business Group.

gdayx-surabaya-1

Semangat Danton Prabawanto ketika membuka gDayX di hadapan 300 audiens

gDayX adalah rangkaian acara yang juga diselenggarakan di beberapa negara seperti Mesir, Brazil, Argentina, Vietnam, India, Thailand, dan Malaysia sebagai pernyataan sukacita user terhadap hari ulang tahun Google. Gayung bersambut, Google menghadirkan sejumlah notable speaker yang terdiri dari para staf ahli mereka. Buktinya, pada gDayX Surabaya kemarin, anda dapat dengan mudah menemui M. Hadi Othman (Google Outreach Manager Southeast Asia), Vishnu Mahmud (Head of Communication Google), Carlo Gandasubrata (Industry Analyst Google), Kurniawan Santoso (Senior Account Manager Google), Isabella Wibowo (SMB Account Manager Google), Jonathan Kairupan (Program Manager Google Indonesia), dan sejumlah staf Google lainnya.

Mereka menjelaskan berbagai pemahaman baru seputar fitur Google dan bagaimana bisnis dapat memanfaatkannya. Salah satunya tentang Youtube oleh Carlo Gandasubrata.

“In just seven years, Youtube has become the most rapidly growing force in Human History,” katanya mengutip pernyataan yang ditulis oleh majalah TIMES. Pernyataan ini ditulis bukan tanpa alasan. Carlo menunjukkan statistik terbaru dari Youtube di mana kini ada 4 milyar video ditonton setiap harinya dan 60 jam video diunggah setiap menit secara global.

gdayx-surabaya-4

Carlo menunjukkan sejumlah statistik mencengangkan dari Youtube

Selain Youtube, ada pula pengetahuan seputar Google Adwords untuk SMB / UKM yang dibawakan oleh Isabella Wibowo, dan bagaimana bisnis dapat ditemukan di Google Search, Google Maps dan Google Places oleh Jonathan Kairupan. Sebuah booth disediakan bagi peserta yang hari itu ingin langsung mendaftarkan bisnis mereka ke Google Places.

gdayx-surabaya-3

Isabella menjelaskan tentang pentingnya SMB / UKM memanfaatkan Google Adwords

Hadi Othman menjelaskan di awal acara bahwa bisnis harus adaptif terhadap change of environment, terutama dari segi teknologi.

“Internet dan teknologi berkembang dengan sangat cepat di luar kendali kita. Maka bisnis harus bersikap cerdas dengan terbuka pada perubahan dan mampu memanfaatkan perkembangan ini untuk mengembangkan profit mereka,” katanya.

gdayx-surabaya-6

Hadi Othman mengajak pebisnis Surabaya untuk mulai melek teknologi

Hal senada disampaikan juga oleh Kurniawan Santoso. Lebih jauhnya lagi, dia memberikan statistik bahwa 77% penonton TV membiarkan televisi mereka menyala hanya untuk meramaikan suasana ketika mata mereka justru sedang sibuk mengoperasikan gadget. Artinya TV no longer command our full attention seperti jaman dulu. Maka sayang sekali apabila bisnis tidak bisa adaptif di gadget user.

gdayx-surabaya-8

“TV no longer command our full attention,” kata Kurniawan Santoso

Vishnu Mahmud menceritakan hal menarik yang sedikit berbeda, yakni tentang How to Be Like Google. Dia menceritakan sejumlah kultur yang dianut Google. Isinya sama seperti konten yang diceritakan oleh film drama layar lebar “The Internship”. Salah satunya adalah Diversity atau keragaman. Vishnu mencontohkan dirinya sendiri yang berasal dari latar belakang perhotelan di Malaysia.

“Siapapun bisa bekerja di Google asal dia punya kemauan yang tinggi untuk belajar.”

Google telah menyediakan berbagai alat sebagai solusi untuk kehidupan sehari-hari. Ada Youtube, Maps. Semuanya people power. Maka tugas kita adalah memanfaatkannya sebaik mungkin dan meramaikannya.

gdayx-surabaya-7

Vishnu menceritakan kultur Google seperti apa yang anda saksikan di film layar lebar The Internship

Selain dari Google, datang pula pembicara lainnya. Salah satunya adalah enterpreneur sukses Denny Santoso. Di sini, Denny menceritakan tentang perjalanan karirnya membentuk DuniaFitness.com. Lebih jauhnya lagi, Denny menjelaskan tips membesarkan skala bisnis enterpreneur. Menurutnya, ada 5 pilar yang harus anda kuasai, yakni Needs, Entry, Contol, Time, dan Scale.

gdayx-surabaya-2

Denny Santoso berbagi tips bagaimana dia sukses membesarkan DuniaFitness.com

Pemateri terakhir adalah dari Google Student Ambassador (GSA) Surabaya yang menjelaskan tentang apa itu GSA dan bagiamana mahasiswa dapat bergabung untuk menjadi salah satu relawan GSA.

Acara berlangsung sejak pukul 09:00 – 17.00 WIB dengan registrasi dan pengembalian pembayaran yang telah dilakukan sebelum acara. Acara gDayX yang sifatnya gratis ini, peserta sudah mendapatkan lunch, coffee break, dan sejumlah merchandise dari Google seperti gelang karet, buku notes, dan kaos. Belum lagi berbagai ilmu yang bermanfaat dan network baru yang didapatkan selama proses berlangsungnya acara.

Yansen Kamto, Manager GBG Indonesia mengaku puas terhadap penyelenggaraan gDayX Surabaya.

“It’s always fun to be able to share the GBG Indonesia story with the awesome crowd of gDayX Surabaya . Big congrats to Danton Prabawanto and GBG Surabaya team who made this happen!” Tulisnya melalui akun Google+ sesaat setelah mengenalkan apa itu GBG Indonesia kepada peserta gDayX Surabaya.

gdayx-surabaya-9

Yansen Kamto mengaku puas dengan penyelenggaraan gDayX Surabaya

Anda dapat mengintip keseruan gDayX Surabaya dalam jepretan lensa kamera kami di halaman Google+ GBG Surabaya. Sampai jumpa di event GBG mendatang ;-)

gdayx-surabaya-5

Keep Smile. Salah satu peserta kompetisi joget Caesar sebagai icebreaking di tengah-tengah rangkaian gDayX Surabaya


  • 84
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • Christo
    8 October 2013 - pukul 19:22

    Tambahin foto2 nya dong Min

    • Administrator
      8 October 2013 - pukul 23:26

      halo Christo. kita sudah tambahkan, silakan cek lagi ya :-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *