Event

Liputan Underwater Robotic Competition di Oceano 2013 ITS Surabaya

 

   

26 September 2013 kemarin, Jagoan Hosting Indonesia ikut mendukung penyelenggaraan Oceano 2013 di ITS Surabaya. Latar belakangnya adalah sebagai negara maritim, masih banyak masyarakat di Indonesia yang kurang mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kelautan. Maka Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya menyelenggarakan Oceano 2013 untuk berbagi pengetahuan tentang ilmu kelautan kepada masyarakat.

oceano-its-5

Underwater Robotic Competition

URC atau Underwater Robotic Competition adalah lomba adu cepat robot di bawah air / ROV. ROV atau Robotic Operation Vehicle adalah suatu model robot bawah air yang dioperasikan menggunakan remote control dan digerakkan oleh 3 baling-baling. Menariknya, peserta lomba ini adalah siswa-siswi SMA sederajat yang notabene belum pernah mendalami ilmu kelautan. Maka panitia memberikan tutorial pembuatan ROV beserta perangkatnya, kemudian peserta bebas mengkreasikan ROV mereka. Tanggal 26 September 2013 kemarin, tim yang lolos dari tahap kualifikasi telah bertanding di putaran final yang diselenggarakan di Kolam Renang KODIKAL Surabaya. Adik-adik dari SMAN 2 Jember muncul sebagai pemenangnya.

oceano-its-4

Adik-adik SMAN 2 Jember lompat ke kolam begitu diumumkan sebagai pemenang

Oceano 2013 terdiri dari serangkaian acara yang dibagi dalam 4 bagian, yakni URC (Underwater Robotic Competition), OTK (Olimpiade Teknik Kelautan), OCEART (Ocean Art), dan SEMNAS (Seminar Nasional).

Lomba fotografi OCEART (Ocean Art) masih berlangsung hingga 5 Oktober 2013 besok. Anda masih sempat untuk mengumpulkan hasil karya fotografi yang sesuai dengan tema acara. Cari tahu selengkapnya di website Oceano 2013: http://oceano-its.web.id

oceano-its-1

Team Jagoan Hosting di Oceano 2013

*All image courtesy of @OceanoITS


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *