Technology

Manfaat Tersembunyi dari Teknologi Hosting

 

   

Hosting adalah tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet. Kita tahu bahwa saat ini internet merupakan kebutuhan pokok dari hampir segala kegiatan manusia di dunia. Dengan media internet kita dapat menemukan segala sesuatu yang sedang kita butuhkan dengan cara yang cukup praktis dan cepat. Maka tidak dipungkiri bahwa tiap orang tidak akan lepas dari namanya internet dalam setiap kegiatan harianya. Namun dari itu semua, apakah kita tahu bahwa hosting dan internet memiliki manfaat lain yang ternyata lebih dari sekedar pencari informasi praktis dan cepat?

1. Penyelamat hutan

hosting ramah lingkungan

Hutan adalah penyumbang oksigen utama yang berada di muka bumi ini. Sebagai contoh Negara kita, Indonesia memiliki lahan hutan dengan luas 99,6 juta hektar. Fakta di media massa mencatat bahwa laju kerusakan hutan di negara Indonesia adalah 1.315.000 ha per tahun. Dengan demikian kita bisa menghitung bahwa perkiraan 75,5 tahun kedepan anak cucu kita tidak akan dapat menjumpai atau mengenal apa itu hutan. Tentu ini sangat menghawatirkan, mereka tidak hanya kehilangan hutan namun juga sumber oksigen serta keanekaragaman satwa dialamnya juga ikut punah.

Nah, bagaimana usaha kita saat ini agar dapat menyelamatkan hutan kita saat ini dan esok?

Penggunaan hosting pada media internet merupakan salah satu contoh kegiatan yang dapat menyelematkan hutan. Kita tahu bahwa dengan hosting, kita dapat menyimpan segala macam data informasi agar dapat kita akses di dunia internet. Dengan begitu kita mengurangi penggunaan kertas dan media lain untuk menyampaikan informasi kepada publik yang sifatnya hanya sekali pakai buang, karena dengan hosting kita hanya menggunakan media elektronik yang sifatnya bisa digunakan berulang kali. Terlebih ketika kita memilih layanan hosting terbaik Indonesia yang mendukung adanya hosting yang memiliki infrastuktur yang ramah lingkunga, seperti Beon.co.id. Tanpa kita sadari, kita juga memiliki kesempatan untuk melestarikan lingkungan sekitar.

2. Media penyimpanan yang efisien

Setiap orang memiliki kebutuhan tempat penyimpanan untuk mengkoleksi datanya yang bermacam macam. Coba kita bayangkan, jika terdapat 5 orang dimana setiap orang menyimpan file data sebanyak 10 dan 5 diantaranya adalah file yang setiap orang memilikinya atau sama. Jika setiap orang menyimpannya sendiri, maka diperlukkan space untuk 50 file. Namun bila semua penyimpanan setiap orang dijadikan satu, maka hanya memerlukan 26 space untuk menampung file dari 5 orang tersebut. Dengan system seperti itu, penggunaan space memory penyimpanan akan lebih hemat. Tak hanya itu, untuk mengaksesnya pun akan lebih mudah, karena media penyimpanan yang tersambung dengan koneksi internet, sehingga dimanapun kita ada internet kita akan dapat mengakses file tersebut, dan tak perlu membawa hardisk fisik untuk mengikuti kita yang selalu bermobilitas.

3. Penghemat sumber energi

Bagaimana sebuah hosting bisa disebut sebagai penghemat sumber energy di muka bumi ini? Kita ambil contoh system ekonomi yaitu terjadinya jual beli antara pembeli dan penjual. Bila kita melakukannya dikehidupan nyata, kita akan pergi ke suatu tempat hanya untuk mencari barang yang belum tentu kita temukan. Semakin jauh lokasi yang anda tuju untuk usaha mencari kebutuhan anda maka akan semakin besar juga energy yang anda gunakan untuk melakukan mobilitas tersebut. Namun bila seorang penjual memasang tokonya secara online melalui hosting, seorang pembeli cukup mencari kata kunci pada browser dan akan secara langsung menemukan kebutuhannya tanpa perlu melakukan mobilitas yang tidak perlu. Dengan demikian energi untuk mobilitasnya dapat kita tekan tingkat konsumsinya karena pembeli tidak perlu menjelajah suatu area untuk mencari barang yang belum tentu ditemukannya.

Nah, bagaimana sudah tahukan ternyata hosting memiliki manfaat diluar yang kita bayangkan :) Nah, untuk yang memiliki pendapat lainnya, bisa di share di kolom komentar ya :)

Baca juga: 

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *