Technology

Cara Membuka Dropbox melalui Console Linux Ubuntu

 

   

Anda punya akun Dropbox?

Kini, akses file ke akun Dropbox tidak perlu lagi harus install Dropbox client lebih dulu. Anda dapat mengakses file Dropbox melalui terminal / console. Yaitu melalui Dropbox Uploader. Dropbox Uploader adalah sebuah bash script yang dapat digunakan untuk melakukan upload, download, hapus, hingga share file-file. Hal ini sangat bermanfaat di banyak situasi. Misalnya ketika anda ingin akses Dropbox dari server ARM, Raspberry Pi, dlsb. Karena Dropbox client tidak tersedia untuk platform – platform ini.

Dropbox adalah sebuah media penyimpanan online gratis berbasis Cloud. Di sini, anda mampu menyimpan file hingga sebesar 2 GB untuk dapat dibagi dengan user-user lain yang memiliki hak akses terhadap file ini.

Dropbox Uploader tidak hanya untuk Linux saja. Dia bisa juga digunakan untuk platform Mac OSX, FreeBSD atau Windows / Cygwin. Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana menggunakan script ini pada OS Linux Ubuntu.

Untuk menjalankan script ini, pertama kali kita harus membuat aplikasi Dropbox yang memungkinkan script untuk mengakses akun Dropbox kita. Cukup jalankan  dropbox_uploader.sh yang bisa diunduh disini, kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat App Dropbox dengan menaruh script yang tadi sudah diunduh ke direktori home komputer kita.

 dropbox-uploader-1

2. Gunakan perintah berikut pada console anda untuk mengubah permission:

sudo chmod +x Dropbox_uploader.sh

 dropbox-uploader-2

3. Jalankan script pada terminal seperti gambar berikut:

 dropbox-uploader-3

Lalu klik link yang ditampilkan di atas. Disini: https://www2.Dropbox.com/developers/apps

4. Sekarang, lakukan proses pembuatan app script. Namun sebelumnya, login dulu di akun Dropbox anda dan mengikuti step-step “creating Dropbox API” sampai disuruh untuk melakukan verifikasi by email.

 dropbox-uploader-4

5. Setelah email terverifikasi, mari melakukan sinkronisasi pada bash script dengan data Dropbox API. Yang dibuat dengan cara berikut. Pertama, klik tombol “Create an app”.

 dropbox-uploader-5

6. Tuliskan nama App, deskripsi, dan pilih folder yang nanti akan diakses pada bash script kita. Kemudian klik “Create”.

 dropbox-uploader-6

7. Maka akan tampil data App Dropbox yang telah kita isi dengan deskripsi seperti gambar berikut:

 dropbox-uploader-7

8. Lalu kita kembali lagi ke terminal dengan menjalankan bash script tadi untuk mengisikan app key dan app secret yang telah kita dapatkan pada data App Dropbox yang tadi kita buat. Seperti gambar di bawah ini:

 dropbox-uploader-8

9. Proses sinkronisasi telah selesai.

 dropbox-uploader-9

10. Sekarang bisa kita coba untuk jalankan scriptnya pada terminal dengan command utama seperti berikut ini:

./Dropbox_uploader.sh

dropbox-uploader-10

Maka akan tampil default command-command yang bisa digunakan untuk melakukan upload, download, hapus, dan berbagi file pada akun Dropbox kita. Untuk selengkapnya dapat dibaca pada file README bash script yang sudah kita download sebelumnya. Sekian tutorial instalasi Bash Script Dropbox Uploader. Selamat mencoba! ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *