Technology

Memilih Platform untuk Video Bisnis Anda

 

   

Kegiatan promosi sebuah bisnis tidak terlepas pada penggunaan sosial media, dan media cetak dengan banyak tulisan. Namun di Tahun ini, konten viral menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh setiap enterpreneur untuk memasarkan bisnisnya. Salah satu yang dilakukan adalah membuat video dan mengunggahnya pada suatu platform khusus upload video. Video bisnis Anda juga bisa masuk dan dilihat oleh banyak orang. Tidak perlu khawatir harga mahal seperti ketika memasang iklan di televisi. Platform yang Anda gunakan sangat sesuai dengan budget bisnis Anda, terlebih bagi yang baru merintis bisnis UKMnya. Dan apa saja platform itu?

1. Youtube

youtube

Youtube menjadi website nomor 2 yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet, setelah Google. Itu sebabnya Youtube masih menjadi pilihan pertama dalam list enterpreneur yang ingin membuat sebuah video untuk bisnisnya. Hampir 1 milyar pengunjung setiap bulannya akan melihat video Anda, dan jika video Anda sangat kompeten dan menarik, mereka juga tidak akan segan untuk mensubscribe akun Anda. Ini artinya ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda ambil dari video yang di upload di Youtube. Anda juga bisa memasang iklan di Youtube.

2. Vimeo

vimeo

Vimeo bukanlah sebuah platform yang terkenal seperti Youtube, namun siapa sangka eksistensi Vimeo mampu menarik sekitar 100 juta pengunjung setiap bulannya. Ini membuktikan, ada peluang berbisnis dengan mengunggah video bisnis Anda di vimeo. Platform ini memang disediakan gratis untuk Anda yang ingin mengunggah video biasa tanpa unsur bisnis. Namun, Vimeo memberikan sedikit perbedaan untuk Video bisnis profesional yang Anda upload. Anda harus menggunakan fasilitas Vimeo Pro untuk mendapatkan akun profesional untuk video bisnis dan brand Anda.

3. Google Hangouts

hangout

Google Hangouts adalah salah satu bagian dari munculnya sebuah inovasi Google yang bernama Google Plus. Muncul pada Tahun 2012, Google plus mampu mencapai 540 juta user aktif pada Oktober 2013. 70% brand di seluruh Indonesia menggunakan dan memiliki akun pribadi mereka di Google Plus. Google Plus menjadi platform terbaik untuk B2B marketing. Di dalam Google Hangouts, Anda bisa berkomunikasi dengan mudah melalui video dengan lebih dari satu komunikator. Disambi dengan adanya chating saat mengadakan video conference, Anda akan merasa mudah untuk berkomunikasi jarak jauh dengan rekan atau klient Anda. Di Google Hangouts Anda bisa mendemokan produk Anda kepada relasi atau klien Anda melalui sebuah video yang secara langsung  dapat berinteraksi dengan Anda.

4. Instagram

instagram

Dari yang awalnya diciptakan sebagai sebuah platform pengunggah foto di sosial media, kini Instagram memberikan kemudahan dengan fitur untuk uplaod video. Ketika bisnis Anda juga menggunakan sosial media Instagram, maka ini kesempatan Anda untuk bisa mengunggah video di dalamnya. Video berupa pengenalan produk, tutorial dan lain sebagainya bisa Anda upload dengan mudah. Dan followers Anda akan dengan mudah tahu dan melihat video Anda. Lanching pada Tahun 2010, Instagram kemudian dibeli oleh Facebook pada Tahun 2012 dengan harga $1 milyar. 40% dari pengguna pada Tahun 2013, pengguna menggunakan Instagram untuk memuat video yang menggambarkan brand mereka. Instagram memudah bagi Anda yang ingin melaksanakan proses B2C Marketing. Adapun brand yang paling terkenal dan banyak dicari oleh pengunjung adalah seperti entertainment industry, retail & fashion industry, sports teams, restaurants & coffee house chains.

5. Vine

vine

Rilis pasa Januari 2013 dan Vine menjadi platform video yang laris di pasaran. Kurang dari 3 bulan setelah diluncurkannya, Vine telah memiliki user aktif sebanyak 1 juta pengguna. Nah, pernahkah Anda melihat sebuah video yang diupload di Twitter selama kurang lebih 6 detik, dan dimainkan berulang ulang? Vine adalah jawaban dari pengguna Twitter yang mengunggah video di Youtube, tentang video 6 detik secara berulang itu. 5 Vines melakukan tweet setiap detiknya. Dan pukul 11a.m adalah waktu yang tepat untuk Anda mengunggah video di Vine.

Baca juga:


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *