Start A Business

Mencari Klien Ideal Dimulai dari Diri Sendiri

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 7
    Shares

   

Tidak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa bisnis kita sudah sukses ketika kita menemukan klien atau pelanggan yang tepat. Kita memang dituntut untuk bisa membuat target pasar dan mendapatkan sasaran yang tepat. Tujuannya jelas agar bisnis dan produk kita dikenal dan laris dipasaran. Tapi menemukan klien atau pelanggan yang tepat itu tidak mudah. Tapi kami coba bagikan 5 tips untuk membantu Anda menemukan mereka:

Anda tahu siapa diri Anda

Amazon, eBay, Alibaba, Lazada, Zalora dan e-commerce lainnya seperti punya apapun yang orang lain inginkan, tapi jelas mereka menggunakan cara yang belum bisa diadaptasi oleh bisnis kecil. Bagi bisnis kecil, mereka harus fokus pada klien atau pelanggan mereka. Dan itu artinya mereka harus fokus pada diri mereka sendiri. Seperti kontradiksi, tapi kali ini bukan.

Anda tidak dapat menentukan siapa klien ideal Anda ketika Anda tidak memiliki pegangan atau pengetahuan yang cukup untuk bisnis Anda sendiri. Bayangkan saja Anda hanya membuat target dan menyasar orang untuk menjadi pelanggan, tanpa tahu apa yang Anda miliki, apa yang Anda tawarkan, mereka akan sulit Anda dapatkan.

Anda tahu siapa pesaing Anda

Jangan katakan bahwa Anda tidak memiliki satupun pesaing. Bisnis seunik apapun tentu saja akan memiliki pesaing. Dan untuk berhasil, Anda harus tahu apa yang mereka tawarkan dan apa yang membuat mereka sukses menawarkan kepada pelanggan. Anda harus tahu poin harga mereka, dimana mereka beroperasi, dimana mereka menemukan kesempatan dan pelanggan dan dimana mereka gagal.

Dengan memahami pesaing bisnis Anda, Anda akan menemukan banyak celah dan cara untuk menggaet pelanggan yang lebih banyak dari mereka. Dan saat Anda mendaftar siapa saja pesaing Anda, pastikan Anda menyertakan kedua pesaing tradisional dan usaha yang mengganggu industri Anda baik di rana online ataupun offline.

Sudah tahu apa pekerjaan rumah Anda?

Memiliki bisnis tentu memiliki tanggungjawab dan kewajiban yang sangat banyak. Bisa dibilang Anda memiliki PR yang sangat banyak. Mulailah hari Anda dengan membaca koran, majalah, website ataupun blog yang terkait dengan industri Anda. Anda juga bisa mulai mencari relasi di sosial media seperti LinkedIn untuk bisnis Anda. Bergabung dengan berbagai komunitas atau kelompok bisnis yang akan membantu Anda saat mulai berbisnis.

Saat Anda mulai membaca dan mendengarkan sesuatu, tujuan Anda adalah fokus pada industri yang saat ini Anda geluti. Anda harus bisa mencari peluang untuk masa depan bisnis Anda. Carilah peluang dari berbagai sumber atau berita yang saat ini sedang booming dibicarakan.

Tanyakan pada rekan – rekan Anda

Bisa dibilang yang paling sulit dan membutuhkan waktu lama adalah melakukan sesi ini. Anda bisa mewawancarai atau melakukan survei kepada rekan – rekan kerja Anda, tentang produk atau jasa yang ingin Anda jual. Sebelum Anda menawarkan produk kepada pelanggan, coba jelaskan dan ajak rekan kerja Anda untuk mencobanya. Tanyakan apa pendapat dan saran mereka tentang produk atau jasa Anda.

Lakukan evaluasi ketika sebagian besar dari rekan kerja Anda berpendapat bahwa produk Anda perlu dilakukan perbaikan. Selebihnya jadikan saran sebagai motivasi untuk menciptakan produk dan memberikan layanan yang lebih baik lagi.

Pergilah dan temui orang – orang baru

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu tidak akan bekerja sendiri dan menghasilkan semua produk dan jasa sendiri. Anda juga tidak akan menjual atau menawarkan produk sendiri kepada pelanggan. Untuk mendapatkan klien atau pelanggan, bahkan investor cobalah untuk mengikuti kegiatan networking di luar kantor. Hadirilah seminar atau workshop yang bukan hanya berkaitan dengan bisnis Anda. Ini bukan hanya menambah ilmu bagi Anda, tapi juga menambah jaringan atau networking Anda.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda belajar dan mencari tahu bagaimana strategi Anda untuk menggaet klien ideal Anda? :)

Baca juga:

Loyalitas Pelanggan dapat Dikembalikan dengan 4 Jurus Ini

Mengetahui Fungsi Survei Kepuasaan Pelanggan

Bagaimana Menyampaikan Berita Buruk Kepada Pelanggan Anda?

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 7
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 27 May 2015 - pukul 11:25

    saya ingin mendapatkan klien yang sungguh sungguh dan serius yang akan bertransaksi dengan saya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *