Technology

Mengenal 4 Prinsip Dasar Desain Layout

 
  • 6
    Shares

   

Prinsip dasar layout adalah juga prinsip dasar dalam dunia desain grafis, 4 itu antara lain Sequence/Urutan, Emphasis/Penekanan, Ballance/Keseimbangan & Unity/Kesatuan.

1. Sequence

Sequnce

Sequence/urutan banyak juga yang menyebutnya dengan hierarki/flow/aliran. Kita membuat prioritas dan mengurutkan mana yang harus dibaca terlebih dahulu hingga yang boleh dibaca di akhir penyampaian. Kenapa perlu adanya sequence? jika semua komponen desain pada layout sama sama kuat bukan tidak mungkin pembaca konten desain kita akan menangkap informasi yang berbeda dengan yang ingin kita sampaikan. Dengan adanya sequence pembaca akan secara otomatis mengarahkan pandangan matanya sesuai dengan yang kita inginkan. Nah dan Sequnce ini bisa dicapai dengan menggunakan prinsip layout yang lain yaitu Emphasis

2. Emphasis

Emphasis

Penekanan dapat diciptakan dengan berbagai cara, antara lain:

  1.  Menambah ukuran font lebih dari yang lain.
  2.  Memberikan warna yang kontras dengan background dan elemen desain yang lainnya
  3. Letakkan di posisi strategis dan dapat menarik perhatian. sebagai pegangan kita pasti sudah mengerti jika manusia pada umumnya membaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. maka posisi yang pertama dilihat oleh pembaca adalah kiri atas
  4. Gunakan style yang berbeda dengan style yang lain

3. Ballance

Ballance

Pembagian berat yang merata pada bidang layout, pembagian yang merata bukan menampilkan elemen yang banyak hingga memenuhi bidang layout, akan tetapi lebih menghasilkan kesan seimbang dengan menggunakan elemen elemen yang dibutuhkan dan meletakkannya pada tempat yang tepat.

4. Unity

Inti

Tidak berarti hanya kesatuan dari elemen elemen yang secara fisik kelihatan, namun juga kesatuan antara fisik dan nonfisik yaitu pesan dan komunikasi yang dibawa dalam konsep desain tersebut.

Sumber : Buku Dasar Layout dan Penerapan dari Suruanto Rustan

Baca juga:

10 Prinsip Desain yang Baik Menurut Dieter Rams

8 Tips Mendesain Email Marketing

[Infografis] Bagaimana Menjadi UX dan UI Desainer


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *