Start A Business

Mengenal Apa Itu Content Marketing

 

   

 

Apa Itu Content Marketing?

Memasuki era kemajuan teknologi, kita turut dimanjakan dengan beragam kemudahan dan keuntungan yang optimal termasuk dalam hal pemasaran sebuah produk yang dianggap lebih efektif dan lebih mudah. Yup, digital marketing menjadi metode promosi yang sedang tren saat ini dan dianggap sebagai solusi promosi yang cerdas. Bagi Anda yang bergerak membangun bisnis secara online pastinya sudah tidak asing lagi dengan content marketing, strategi pemasaran yang satu ini sangat penting untuk menarik minat pengguna internet untuk mengenal bisnis Anda. Berdasarkan kemampuan dan kontribusinya dalam menjaring banyak konsumen, content marketing hadir sebagai strategi pemasaran digital terbaik yang dibutuhkan oleh para pengusaha.

Definisi Content Marketing

“Tidak kenal maka tidak sayang”.  Begitu pepatah mengatakan, tidak mengenal content marketing dengan baik maka anda tidak mengetahui keunggulan apa saja yang bisa didapatkan sehingga hasil yang dapat pun tidak maksimal. Secara umum content marketing merupakan istilah yang digunakan untuk pemasaran atau pengenalan konten konteks digital. Mengingat pengaruhnya yang besar itulah, sangat penting untuk merencanakan, merancang, kemudian menyebar luas konten dengan maksimal sehingga dapat tepat sasaran dan akhirnya mendorong menjadi pelanggan baru anda. Hal ini sejalan dengan tujuan dari content marketing itu sendiri yaitu untuk menarik minat pengguna internet untuk mengenal bisnis Anda dan kemudian mengajak untuk menjadi konsumen.

Biasanya ruang lingkup kerjanya seputar update yang dikirimkan perusahaan melalui sosial media dalam bentuk artikel, foto sampai video. Lalu siapa penerimanya? Mereka tidak lain adalah orang-orang yang mem-follow akun media sosial dari perusahaan atau brand produk tersebut. Selain melalui media sosial penawaran juga dilakukan dengan langsung mengirimkan update ke alamat email yang menjadi target pasarnya. Agar konten yang dibagikan menarik perhatian, tentu topik yang diangkat harus menarik hingga mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Sebagai contohnya pada saat ini kita sering mendapatkan update status dengan isi yang menghibur namun tentu saja tidak keluar dari tujuan awal yaitu mempromosikan produk. Selain membuat content yang menghibur, isi konten yang potensial lainnya adalah konten emosional dan konten yang mendidik. Dengan menyajikan konten yang menarik, efektif untuk membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk menyimak penjelasan anda.

Keunggulan Content Marketing dibandingkan dengan Pemasaran Tradisional

Hingga saat ini sistem yang satu ini masih menjadi strategi pemasaran konten yang paling efektif jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Selain lebh efektif menjaring banyak konsumen, pemasaran dengan menggunakan metode modern ini juga lebih mudah. Efektivitas dari model pemasaran, ini sudah terlihat dari pengguna internet yang semakin hari jumlahnya semakin banyak saja. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap harinya ada banyak masyarakat Indonesia melakukan aktivitas berselancar didunia maya khususnya untuk memperbaharui status atau memberikan up date di akun media sosialnya. Umumnya secara tidak langsung hal ini dimanfaatkan untuk melakukan promosi.

Sementara pemasaran secara tradisional biasanya menggunakan media iklan koran, papan reklame hingga brosur untuk mempromosikan produk. Meskipun berpotensi ada yang melihat namun jumlahnya mungkin tidak sebanyak yang diharapkan dan juga tidak ada jaminan mereka akan langsung membeli produk yang ditawarkan saat melihat iklan tersebut. Berbeda dengan beriklan secara online, membuat iklan secara offline juga tidak memberikan ruang yang lebih luas bagi Anda untuk lebih maksimal dalam berpromosi.

Panduan Content Marketing Berkualitas

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis, sebagai seorang pengusaha kita dituntut untuk dapat menyusun strategi promosi dengan tepat dan cerdas, salah satunya adalah dengan membuat content marketing berkualitas. Konten berkualitas mampu menarik pengunjung dan mendorong mereka menjadi konsumen bisnis anda.

Keunggulan lain yang ditawarkannya adalah respon yang cepat, anda hanya tinggal memasukkan kata kunci dan mesin pencari akan mengarahkan anda pada konten yang ingin dituju. Itulah sebabnya kenapa riset kata kunci menjadi salah satu fokus dalam membuat content marketing. Secara umum terdapat beberapa tipe konten yang disukai oleh pemasar diantaranya adalah mobile marketing, pemasaran melalui media sosial, SEO (Search Engine Optimization) dan PR secara online.

Sumber: http://www.business2community.com/content-marketing/marketers-put-content-marketing-pedestal-2017-01748086#Aot4ghLGxyOueKbT.97

Cloud Hosting Murah


Artikel Terkait

0 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *