Running A Business

Mengenal Baik Pelanggan Sama Dengan Mengenal Baik Posisi Brand Perusahaan

 

   

Mengapa harus pelanggan? Karena saat awal dan akhir Anda mendirikan sebuah bisnis, yang Anda butuhkan adalah pelanggan. Kepercayaan dan keyakinan mereka terhadap solusi yang Anda janjikan melalui banyak media adalah yang Anda harapkan. Sebuah bisnis tidak akan dengan mudah tumbuh dan berkembang ketika mereka hanya mengandalkan satu atau dua pelanggan setia saja. Bisnis Anda harus mampu menjadi berbeda dan selalu dicari oleh pelanggan.

Ketika kita berbicara tentang pemasaran yang harus selalu ada pelanggan, maka saat itu juga pemasaran berbicara tentang positioning pelanggan dalam merek perusahaan. Karena ketika Anda memposisikan merek tentu itu jug harus dimulai dan diakhiri dengan pelanggan Anda.

Usia, jenis kelamin, lokasi atau tempat tinggal, pendapatan, pendidikan, bahkan jumlah keluarga adalah beberapa panduan Anda untuk mengatur siapa target pasar Anda. Ini adalah fakta yang harus Anda kumpulkan dan gunakan untuk menggambarkan mereka.

Anda harus tahu dengan baik siapa target Anda, dimana mereka berada dan untuk apa kira – kira solusi yang Anda berikan. Anda harus tahu baik bagaimana pelanggan Anda sebelum pada akhirnya Anda akan memposisikan merek Anda di tengah – tengah mereka.

Anda bisa saja menargetkan produk Anda untuk wanita yang berusia 20-45 Tahun. Tapi apakah mungkin ini akan dengan mudah diterima ketika Anda tidak menargetkan dengan lebih spesifik. Bisa saja Anda menambahkan jenis profesi, tempat tinggal, warna kesukaan dan hobi. Ini akan membuat Anda dengan mudah masuk diantara mereka dan memposisikan merek Anda juga.

Semakin banyak Anda menuliskan apa saja target yang akan Anda tuju, maka akan semakin jelas pula posisi produk atau merek Anda diantara pelanggan – pelanggan Anda.

Saat ini untuk menentukan target dari merek atau bisnis kita sudah tidaklah sulit, banyak tools yang dapat membantu kita untuk menemukan siapa target yang kita inginkan dan ingin kita tuju, seperti Google Trends yang akan membantu Anda mendapatkan target dan tujuan dari bisnis Anda.

Pastikan Anda mengenal siapa pelanggan – pelanggan Anda. Jika bisnis Anda online, Anda bisa mengakrabkan diri dengan mereka melalui media sosial atau bahkan langsung berkunjung hanya untuk menanyakan apakah mereka puas dengan apa yang bisnis Anda berikan. Pahami pelanggan maka Anda akan menemukan bagaimana posisi merek Anda di dalam lingkungan mereka.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Ciptakan Hubungan Emosial Antara Brand dengan Pelanggan Melalui Pengalaman

Kenali Jenis – Jenis Pelanggan Anda

Manjakan Pelanggan Setia? Mengapa tidak


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *