Running A Business

Mengenal Jenis Perhitungan Ketika Pasang Iklan di Internet

 
  • 7
    Shares

Internet. Ketika mendengar kata ini, apa yang terlintas di benak Anda? Kalau saya, akan langsung muncul sebuah bayangan solid tentang pasar yang sangat luas dan pengguna yang terus meningkat. Maka beriklan melalui internet adalah salah satu pengetahuan yang harus anda kuasai cepat atau lambat. Nah pemilik bisnis, berikut adalah jenis perhitungan iklan yang sering digunakan di Internet menurut pemahaman saya memasarkan Jagoan Hosting Indonesia melalui beberapa media online. Jika salah, mohon dibenarkan :-)

1. Cost per Mile (CPM)

Dalam CPM, perhitungan iklan didasarkan pada jumlah impresi (impression). Jumlah impresi sendiri dalam website bisa disebut juga sebagai page views. Sementara arti mile sendiri dalam bahasa latin adalah 1000. Sehingga perhitungan CPM adalah per seribu impresi. Perhitungan iklan yang menggunakan CPM bisa disimpulkan sebagai berikut:

Biaya iklan = CPM * (jumlah impresi/1000)

Misalnya saja: Anda ingin iklan anda dilihat sebanyak 1.000.000 kali oleh pengunjung Mebiso. Mebiso menentukan biaya CPM sebesar Rp 5.000,00. Maka biaya iklan yang harus anda keluarkan adalah:

Biaya Iklan di Mebiso  = Rp.5.000 * (1.000.000/1000) = Rp.5.000 * 1.000 = Rp.5.000.000

2. Cost per Click (CPC)

Apabila CPM berdasarkan jumlah impresi, maka CPC merupakan media iklan yang berdasarkan jumlah klik pada iklan yang anda pasang. Sehingga apabila anda ingin iklan anda di klik oleh banyak orang, maka semakin besar juga dana iklan yang anda butuhkan. Perhitungan iklan menggunakan CPC sebagai berikut:

Biaya iklan = CPC * jumlah klik

Misalnya: anda memiliki dana iklan sebesar Rp 2.000.000 untuk beriklan di Mebiso. Dan dari Mebiso memberikan harga biaya CPC sebesar Rp 10.000. Maka Anda hanya akan mendapatkan 200 klik dengan perhitungan sebagai berikut:

Jumlah klik = Rp 2.000.000 / Rp 10.000       = 200

Click Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR)

Setelah mengetahui perhitungan iklan di atas, maka anda bisa mulai menghitung Click Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR) untuk menentukan apakah iklan yang anda pasang efektif atau tidak.

CTR merupakan perbandingan antara pengunjung website anda yang mengklik iklan anda dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai berikut:

CTR = Jumlah klik / jumlah pengunjung

CR merupakan perbandingan antara jumlah orang yang membeli produk anda dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai berikut :

CR = Jumlah konversi / jumlah pengunjung

Nah demikian sharing saya untuk dasar-dasar sebelum anda memulai untuk beriklan di Internet. Di atas, saya gunakan Mebiso hanya untuk ilustrasi saja, bukan untuk menggambarkan bagaimana cara beriklan di Mebiso. Bisa saja contoh di atas anda ganti dengan Google Adwords, Facebook Ads, atau beriklan di media lain. Karena perhitungannya sama saja. Semoga bermanfaat ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 7
    Shares

Artikel Terkait

7 komentar

  • iklanbisnisonline.pusku.com
    24 October 2013 - pukul 0:30

    jadi tau nih berapa biaya yang dibutuhkan untuk iklan yang akan kita promosikan.. makasi infonya..

  • 20 April 2014 - pukul 18:55

    makasih artikelnya gan..btw, website ini templatenya bagus, free apa berbayar ya?kalau boleh tau..

  • 26 July 2014 - pukul 0:24

    wah keren bgt infonya, jd tambah pengetahuan

  • 5 April 2015 - pukul 13:06

    terimakasih mas, informasi yg sangat bermanfaat

  • 23 October 2017 - pukul 16:10

    wah kalau 10.000 rupiah per klik….mahal banget mas…
    tapi kalau 5000 rupiah per 1000 pageview kira-kira dapat berapa klik ya?

  • 23 January 2018 - pukul 5:04

    Terima kasih infonya, sangat membantu

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *