Running A Business

Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing

 
  • 20
    Shares

   

Bagi Anda yang saat ini sedang memulai bergelut di dunia startup mungkin Anda belum pernah mendengar istilah Inbound Marketing dan Outbound Marketing. Ya, keduanya adalah strategi marketing yang banyak dipakai oleh pemilik usaha. Kedua strategi ini tentu memiliki prinsip yang berbeda-beda. Berikut tim Mebiso akan mengajak Anda mengenal lebih jauh inbound marketing dan outbond marketing.

Outbound Marketing

Outbound Marketing adalah strategi marketing dimana kita menarik perhatian calon pelanggan kita dengan cara yang terbilang konvensional seperti iklan di TV,  koran, radio, telemarketer, dll. Strategi ini biasa juga disebut “push marketing” karena sifatnya yang mendorong calon pelanggan membeli produk atau jasa kita meskipun mereka belum membutuhkannya.

Jika kita memperhatikan, strategi outbound marketing ini lambat laun telah mulai ditinggalkan peminatnya. Bahkan riset di warga negara Amerika menunjukkan beberapa hal mengejutkan diantaranya:

  • 86% dari masyarakat tidak mau melihat iklan TV lagi.
  • 84% dari orang berumur 25-34 tahun akan meninggalkan suatu website karena adanya iklan yang dirasakan ‘mengganggu’.
  • 44% dari surat yang menawarkan suatu produk tidak pernah dibuka.
  • 200 juta orang Amerika telah mendaftarkan nomor teleponnya dalam daftar ‘Do Not Call’ untuk menghindari para telemarketers.

Jika dilihat dari data diatas, jelas membuktikan kalau Outbound Marketing memang sudah mulai redup. Untuk itu saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang kini beralih ke Inbound Marketing.

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah strategi marketing dimana kita tidak mengejar-ngejar calon pelanggan, justru calon pelanggan lah yang mencari kita. Caranya adalah kita membuat konten-konten yang berkualitas sehingga calon pelanggan tertarik akan manfaatnya dan secara alami mendorong calon pelanggan untuk share konten yang mereka anggap bermanfaat tersebut ke khalayak umum. Contoh Inbound Marketing adalah blogging, content marketing, email marketing, sosial media marketing, SEO atau bentuk marketing lainnya yang memanfaatkan media digital.

Strategi ini biasa juga disebut “pull marketing” karena sifatnya yang menarik calon pelanggan membeli produk atau jasa kita. 

Ada metodologi yang digunakan Inbound Marketing sebagai kuncinya. Berdasarkan yang dituliskan HubSpot, ada empat tahapan dalam inbound marketing untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan bahkan mempromosikan layanan atau jasa kita. Metodologi inbound marketing tersebut diantaranya:

  1. Attract
  2. Convert
  3. Close
  4. Delight

Penjelasan tentang metodologi ini juga kami bahas di artikel: 4 Metodologi Inbound Marketing untuk Menghasilkan Income Luar Biasa

Strategi marketing inbound mungkin telah rasakan dewasa ini. Kami yakin Andapun tertarik mengaplikasikannya di startup Anda. Setelah Anda memahaminya dari artikel mebiso diatas, kini Anda tinggal mengumpulkan pengetahuan, tools dan aplikasi yang membantu Anda menciptakan konten luar bisa.

Sebagai komitmen Mebiso untuk mendampingi para pengusaha mengembangkan bisnisnya, kami akan bagikan 100 Cara Mendatangkan Pelanggan Dari Seluruh Penjuru hanya dengan download EBook The Billionaire’s Blue Print secara GRATIS. Tunggu apalagi, download EBook The Billionaire’s Blue Print sekarang. Semakin cepat Anda mendownload, semakin cepat Anda meninggalkan kompetitor Anda!

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

 


  • 20
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *