Community

Menggali Potensi Anak Muda Kota Malang Lewat Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Sejak mulai disosialisasikan pada pertengahan bulan Oktober, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Malang sudah mengundang banyak animo masyarakat. Terlebih lagi bagi anak muda kreatif yang sangat banyak di kota pelajar ini. Dimulai dengan 2 road to di 2 kampus berbeda yaitu Universita Ma Chung dan Universitas Brawijaya Malang, akhirnya tahap pertama dimulai.

Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Malang dimulai. Menarik minat lebih dari 500 orang pendaftar, event tahap pertama ini hanya mengundang 200 peserta yang telah lolos seleksi. Bertempat di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya Malang Ignition pertama dimulai sejak pukul 11.30 – 16.45. Mulai dari registrasi sampai dengan berbagai sesi yang hampir diikuti oleh seluruh peserta.

Ignition pertama mendatangkan bukan hanya pembicara hebat di bidang teknologi atau startup dan bisnis. Tapi juga beberapa orang yang cukup berpengaruh di dalam perkembangan kota Malang. Yaitu Walikota Malang, Ir. H. Mochamad Anton atau yang biasa disapa Abah Anton. Didampingi oleh Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof.Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. Hadir pula sebagai perwakilan dari kementrian informasi dan komunikasi Indonesia, Staff Khusus Kemkominfo, Bapak Deddu Hermawan.

ex4a0259

“Saya melihat kegiatan ini sangat bagus sekali. Saya bangga melihat fenomena founder-founder ini bermunculan dari anak-anak muda. Dengan adanya gerakan nasional 1000 startup digital bisa mendorong anak-anak muda untuk berwirausaha.” Begitulah kutipan sambutan yang disampaikan oleh Abah Anton di salah satu sesi pembuka Ignition Sabtu lalu.

Dukungan penuh ini semakin menambah semangat peserta saat hadir beberapa pembicara yang sudah berkompeten di bidang startup. Mulai dari Taufic Hidayat (CEO AgiVest), Danton Prabawanto (CEO PT Beon Intermedia), Afrizal Novian (Digital Strategist Beon Intermedia), Ahimsa Afrizal (CEO Jejakku), M. Miftahul Huda (CEO Inagata), Andy Fajar (CEO Kulina), Fauzil Haqqi (CEO Pictalogi), Jaka Wiradisuria (Head of New Product RUMA), Brilly (Founder Mavens Mitra Perkas Brand & Innovation Agency), Daus Gonia (Creative Director Menembus Langit), Vicky Arief Herinadharma (CEO Paradise Group), Daniel Cahyadi (Industry Manager Google) dan Faye Alund (CEO Kumpul.co).

Sesi pertama diisi persentasi dari Jaka Wiradisuria yang membahas tentang Embracing Failure as Founders. CEO RUMA ini bercerita tentang perkembangan RUMA dari awal berdiri hingga saat ini, masalah yang dihadapi, kegagalan yang pernah dialami, bagaimana mengatasi kegagalan tersebut serta bagaimana RUMA berkontribusi memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah.

Sesi talk show pertama diisi oleh M. Miftahul Huda (CEO Inagata), Andy Fajar (CEO Kulina), Fauzil Haqqi (CEO Pictalogi), dengan moderator Ahimza Afrizal (CEO Jejakku). Sesi talk show kali ini membahas tentang Think Like a Founder. Think Like Founder membahas bagaimana pola pikir seorang startup founder yang berani untuk mengambil resiko, memilih untuk membuat startup, serta mampu menyelesaikan masalah dengan solusi yang relevan.

Selanjutnya ada sesi Talkshow ke 2 yaitu Entreprenerial Mindset. Yang diisi oleh Danton Prabawanto (CEO Beon Intermedia) dan dimoderatori oleh Afrizal Novian (Digital Strategist Beon Intermedia). Sesi kali ini memaparkan bagaimana pola pikir seorang entrepreneur dalam membangun bisnis: berani mengambil risiko, ulet, pantang menyerah, dan berani gagal.

Sesi terakhir adalah talk show yang diisi oleh Daus Gonia (Creative Director Menembus Langit), Vicky Arief Herinadharma (CEO Paradise Group), Daniel Cahyadi (Industry Manager Google) dan Faye Alund (CEO Kumpul.co). Dimoderatori oleh Brilly (Founder Mavens Mitra Perkas Brand & Innovation Agency), sesi kali ini membahas tentang pentingnya kolaborasi dalam membentuk sebuah inovasi dalam membangun startup.

Yak, Ignition #1 di Kota Malang sangat mengesankan. Memberikan banyak pengalaman dan tentu saja merupakan jalan bagi anak muda kreatif di Kota Malang untuk menjadi startup founder di kemudian hari. Bahkan lebih dari itu, gerakan ini ingin mendorong anak muda di kota ini untuk menyelesaikan masalah di lingkungannya dan tentu saja membuat Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *