Leadership

Meningkatkan Kreativitas di Tempat Kerja

 
  • 6
    Shares

Betapa pentingnya seorang pekerja atau karyawan memiliki kreativitas. Bukan hanya seorang desainer atau pekerja di dunia kreatif saja yang harus memilikinya. Karena kreativitaslah yang akan membantu kita menyelesaikan tugas dengan lebih mudah dan tentu saja dengan hasil yang baik. Kreativitas bisa muncul berupa cara kerja, tempat kerja, media yang digunakan dan lain sebagainya. Lalu bagaimana agar kreativitas kita terus meningkat saat berada di tempat kerja?

1. Carilah wadah atau ciptakan wadah untuk menyalurkan kreativitas kita

Tidak semua orang bisa menyalurkan dan mengutarakan ide kreatif mereka di depan banyak orang. Mereka yang cenderung malu atau tidak percaya diri akhrinya memilih untuk tidak mengutarakan apa idenya. Sedangkan mereka yang mudah untuk mengutarakan akan terlihat lebih unggul. Untuk mengatasi ini ada baiknya di dalam perusahaan itu menyediakan sebuah wadah atau tempat yang bisa digunakan untuk menuliskan atau mengutarakan ide – ide mereka. Bisa berupa kotak saran, pohon impian, papan warna yang berisi kertas warna – warni yang bertuliskan ide mereka. Dengan begitu mereka bisa mengutarakan tanpa harus malu untuk bicara.

2. Bentuklah sebuah tim yang menciptakan inovasi baru

Tim yang satu ini bisa dibentuk di luar tim kerja Anda. Dalam setiap tim bisa terdiri dari berbagai bidang keahlian. Mengapa begitu, agar ide yang dimiliki tidak hanya dari satu sudut pandang pemikiran saja. Kita bisa mengikutsertakan banyak pihak dalam tim tersebut. Tim ini nantinya akan membuat sebuah inovasi di dalam perusahaan. Setiap karyawan berhak untuk ikut di dalam setiap tim inovasi ini. Mereka bisa secara bebas mengutarakan apa yang ingin mereka ciptakan, dan bersama anggota tim lainnya pendapat itu disamakan hingga akhirnya bisa diwujudkan.

3. Memberikan dukungan dari setiap kreativitas yang dilakukan

Peran perusahaan dalam meningkatkan kreativitas setiap karyawan sangat dibutuhkan. Ada kalanya karena rasa takut akan kesalahan dan kegagalan sampai akhirnya karyawan tersebut tidak berani mewujudkan kreativitasnya. Di sini perusahan harus membimbing dan mengarahkan setiap kreativitas tersebut ke arah yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Tanpa membatasi kreativitas yang dimiliki oleh setiap karyawan. Ketika perusahaan memberikan dukungan bahkan fasilitas bagi setiap kreativitas karyawan, maka secara otomatis mereka akan menjadi lebih bersemangat untuk mewujudkannya.

4. Memberikan lingkungan kerja yang positif

Selain dukungan berupa bimbingan, lingkungan kerja yang positif juga akan merangsang kreativitas setiap orang yang ada di dalamnya. Lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan akan memberikan dampak positif bagi setiap kreativitas yang akan diciptakan. Bahkan terkadang situasi atau lingkungan kerja yang terlalu kaku atau serius dapat membuat orang kehilangan kreativitas mereka. Di sini perusahan bisa juga ikut turun tangan untuk membangun suasana kerja yang menyenangkan bagi karyawan di dalamnya. Mengajak mereka untuk sering mengobrol, pergi jalan – jalan, brainstoarming di luar pekerjaan, dan kegiatan santai lainnya. Berikan waktu luang kepada karyawan Anda, agar mereka bisa mengekspresikan apa ide kreatif mereka.

5. Hadiahi setiap kreativitas yang berhasil dijalankan

Setelah semua diberikan dan karyawan berhasil mewujudkan ide kreatif mereka dan tentu saja menguntungkan perusahaan, tidak ada salahnya Anda memberi mereka penghargaan. Penghargaan tergantung dari masing – masing perusahaan, dan bisa disesuaikan dengan apa yang sudah dihasilkan. Ini akan memberi mereka semangat menciptakan ide kreatif di kesempatan berikutnya. Karyawan bukan hanya mereka yang bekerja untuk perusahan, tapi mereka yang juga mendukung perusahaan untuk bsia berkembang. Jadi, tidak ada salahnya sebuah perusahaan memberikan hadiah atas pencapaian ide kreatif setiap karyawan.

Nah, bagaimana? apakah Anda sudah mendapatkan ide kreatif yang akan segera diwujudkan bersama perusahaan? :)

Baca juga:

5 Tips Memasangkan Kreatifitas dengan Produktifitas dalam Bekerja

Jika Modal Anda Minim, Itu Artinya Anda Harus Lebih Kreatif

Ketahui Alasan Kenapa Orang Ingin Bekerja dari Rumah

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *