Running A Business

Bagaimana Menggiring Sales Ketika Tiba Musim Liburan

 

   

Musim liburan telah tiba. Kebiasaan apa yang terlintas di benak Anda? Biar saya tebak. Pasti salah satunya adalah belanja. Memang, jika datang waktu-waktu seperti ini:

1. Musim kenaikan kelas dan pergantian semester, 2. Hari Raya, 3. Akhir Tahun dan Tahun Baru, 4. Hari Ulang Tahun Kota misalnya Surabaya.

Untuk menarik pembeli, maka semua toko dan mall giat mengadakan diskon besar-besaran. Bahkan angkanya bisa mencapai 70%. Apakah ini efektif? Bagi bisnis berskala besar mungkin jawabannya adalah ya. Namun bagaimana jika diterapkan pada toko online anda? Sebelum menjawabnya, mari kita tengok sebentar apa-apa saja yang harus anda persiapkan untuk menyambut musim liburan. Semoga bermanfaat.

1. Strategi Penjualan yang Tepat Sasaran

Sebelum membuat sebuah strategi pastikan beberapa hal berikut:

a. Tentukan siapa target pasar / calon customer anda. Jangan sampai salah!

b. Carilah apa yang sedang ‘panas’ di musim ini. Misal baju ala Korea, Harajuku, Hollywood, dlsb.

Berikutnya, anda baru bisa mulai merencanakan hal-hal yang sifatnya teknis seperti diskon, cashback, promo, dlsb. Strategi yang anda jalankan bisa lebih tepat sasaran. Lonjakan penjualan di atas rata-rata bisa saja diraih.

2. Perbanyak Jenis Produk

Setiap musim belanja tiba, pasti banyak sekali konsumen yang berlalu lalang, keluar masuk toko Anda. Sayang sekali jika musim ini tiba dan Anda tidak memiliki kesiapan dari sisi produk. Maka, jauh sebelum musim liburan tiba, lakukan beberapa persiapan berikut :

a. Evaluasi data stok produk anda. Cari produk yang paling banyak dibeli. Perbanyak stok dan variasinya.

b. Cari pemasok produk tersebut. Tanyakan apakah anda bisa memesan produk tersebut dalam jumlah banyak dengan harga spesial.

c. Hadirkan berbagai macam produk pendukung dengan variasi dan pilihan warna yang sedang booming.

3. Aturan dalam Memperluas Pasar

Banyak sekali strategi yang dapat anda terapkan untuk memperluas pasar. Misalnya melalui media elektronik, iklan brosur / selebaran, sampai menjadikan customer Anda bersedia untuk mempromosikan tempat Anda (word-of-mouth). Semua kegiatan ini pastinya membutuhkan budget. Namun tentu saja, strategi pemasaran yang tepat berbanding lurus dengan permintaan dan pemasukan yang tinggi. Yang perlu anda lakukan adalah belajar dari trial & error.

4. Hubungi Pemasok

Tentu saja jika produk anda merupakan barang yang paling banyak dicari, pasti permintaan akan melonjak. Sehingga Anda harus segera menghubungi pemasok untuk menanyakan kesiapan mereka memenuhi kebutuhan anda dalam jumlah besar. Jika mereka tidak bisa, maka carilah pemasok lain di mana kualitas barang yang mereka sajikan mampu memuaskan customer Anda. Atau jika Anda memutuskan untuk produksi barang sendiri, maka anda bisa menambah tenaga kerja sementara untuk memenuhi target Anda.

5. Top List Customer

Buat daftar teratas dari customer Anda. Kemudian berikan penawaran promo, bonus, maupun undian. Karena pada dasarnya tidak semua orang punya waktu untuk mengakses toko online. Dengan inisiatif anda, customer akan merasa dihargai. Maka bukan tidak mungkin jika kemudian loyalitas mereka akan meningkat.

6. Display Produk Lebih Awal

Setiap musim belanja tiba, minimal ada 40% calon pembeli online dan offline yang mulai belanja lebih awal karena berbagai alasan. Takut ketinggalan tren, kehabisan barang, tidak mau lama antri, dlsb. Makanya, anda dituntut untuk mempersiapkan semuanya jauh lebih awal sebelum barang siap display.

Nah JagFamily, hal terakhir yang harus anda ketahui adalah: melonjaknya permintaan tidak selalu terjadi pada akhir bulan Desember – awal Januari. Jadi sebelum musim belanja tiba, ayo segera pikirkan dan aplikasikan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat. ;-)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *