Interviews

Menjadi Wartawan Olahraga Membawa Yudie Oktav Menemukan Minat Menjadi Seorang Enterpreneur Online

 

Menjadi seorang wartawan olahraga membuat Bapak Yudie Oktav sering bertemu dan menerima berbagai barang yang berhubungan dengan olahraga. Dan ternyata dari profesinya ini ia juga merambah dunia bisnis dan juga masih dekat dengan profesi utamanya. Bersama rekannya, ia mendirikan sebuah portal olahraga yang menjual berbagai macam produk seputar olahraga, seperti pakaian atau jersey. Pria lulusan Sastra Jerman dan Magister Management ini sangat tekun dan fokus dalam mengembangkan usahanya, karena baginya ini adalah dunia dimana ia menyukai dan menaruh minat besar didalamnya. Oleh karena itu ia mampu fokus mengembangkannya.

Halo Bapak Yudie, sebelumnya bisa dijelaskan terlebih dahulu apa itu toko online Koleksishop.com?

Binis yang dijalankan adalah portal olahraga bersama beberapa teman yakni Sportsatu.com dan Koleksishop.com. Portal olahraga ini menjual barang-barang koleksi yang kebanyakan berhubungan dengan dunia olahraga dan juga banyak didapat selama saya menjadi wartawan olahraga.

Latar belakang saya mendirikan kedua bisnis ini adalah yang pertama untuk Sportsatu.com saya melihat perkembangan bisnis atau media digital sangat potensial dan mulai diterima masyarakat dan tergolong masih sangat sedikit media olahraga digital yang berkualitas. Untuk Koleksishop.com awalnya karena saya pernah sangat sering liputan olaharaga di berbagai event dan mendapatkan banyak barang-barang memorabilia sehingga sempat terpikir kenapa tidak dijadikan salah satu usaha. Dan produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan adalah jersey dengan tanda-tangan pemain.

Bagaimana Anda memasarkan produk yang ada di toko online ini?

Untuk pemasaran produk di Sortsatu.com dan Koleksishop.com kami hanya melalui media sosial dan website resmi kami.

Lalu bagaimana kiat Bapak menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang dijual?

Harga barang-barang di Koleksishop.com disesuaikan dengan langka dan sulitnya barang-barang tersebut diperoleh, jadi sering kali tidak ada standar harga.

Nah, namun sebelumnya bagaimana cerita Bapak bisa menjadi seorang enterpreneur seperti sekarang ini?

Saya tidak merasa sebagai entrepreneur karena profesi saya sebenarnya adalah wartawan olahraga, usaha sebetulnya bagi saya sampingan dan tetap dekat hubungannya dengan profesi saya sebagai wartawan khususnya. Pengorbanan terjun ke dunia usaha jika sebelumnya sebagai karyawan digaji, tetapi sekarang harus memiikirkan gaji karyawan.

Lalu apa yang membedakan bisnis Bapak dengan bisnis lain yang konsepnya menyerupai Koleksishop.com ini?

Mungkin jika dari saya sendiri, saya merasa tidak banyak orang yang pernah meliput berbagai event olahraga atau bertemu langsung dengan bintang – bintang olahraga, khususnya sepak bola.

Apa nih prestasi dan pengalaman yang paling berkesan bagi Bapak selama menjalani bisnis ini?

Sportsatu.com baru setahun tetapi perkembangannya sangat luar biasa cepat dan sudah bisa bekerjasama dengan banyak perusahaan besar termasuk diundang langsung oleh tim Paris Saint-Germain. Untuk Koleksishop.com bekerjasama dengan salah satu perusahaan Inggris untuk menjual berbagai memorabilia pemain.

Kalau dari pengalaman sendiri yaitu saya sudah sering meliput berebagai event olahraga, tetapi menjadi berkesan ketika diundang oleh klub Paris Saint-Germain untuk media yang saya buat sendiri.

Apasih tantangan yang sudah pernah Bapak hadapi selama menjadi seorang enterpreneur ini?

Teknologi berkembang sangat cepat sehingga bisa menjadi tantangan dan bahkan kendala jika kita tidak bisa mengikutinya. Untuk itu saya  berencana untuk terus mengembangkan berbagai peluang usaha di dunia digital yang masih banyak yang belum tergarap.

Siapa yang paling memotivasi Bapak untuk menjadi dan menjalani bisnis ini?

Saya paling termotivasi oleh Nelson Mandela dengan quotenya yaitu  “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world”. Jangan pernah berhenti belajar dibidang apa pun kita bekerja atau berusaha.

Dan juga Paulo Coelho “When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it”, dalam buku Alchemist bahwa jika kita mengingingkan sesuatu apalagi jika sangat kuat menginginkannya, makan alam semesta akan membantu untuk mewujudkannya. Saya peracaya ini hanya untuk kebaikan dan tentu kuat meminta juga kepada Sang Pencipta.

Nah lalu apa saran terbaik yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur kepada para pembaca?

Berusaha dibidang yang kita suka dan kita kuasai karena kita akan total menjalankannya. Nah untuk para pebisnis online saya punya sedikit tips untuk Anda, yaitu ikuti terus perkembangan teknologi dan memanfaatkan social media merupakan tools yang saat ini menjadi wajib dan masih menjadi cara ideal untuk mendukung bisnis digital kita.

Wah, terimakasih banyak Pak untuk kesempatannya kami wawancarai seputar aktifitas dan bisnis Bapak. Semoga bermanfaat untuk semuanya, dan semoga Koleksishop.com semakin dan selalu sukses :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *