Running A Business

Moment yang Tepat untuk Menyapa Pengunjung Website dan Meningkatkan Konversi Penjualan

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 85
    Shares

   

Tahukah kamu, jika salah satu sumber penjualan website kita berasal dari tingkat konversi pengunjung di website kita.

Seperti artikel yang dibahas sebelumnya, sebuah sapaan memiliki fungsi yang sangat besar dalam menjalankan strategi pelayanan sebuah bisnis. Sekedar menyapa “halo sis, ada yang bisa saya bantu?” itu akan membuat pelanggan kita merasa sangat dihargai. Bayangkan saja jika itu terjadi pada diri kita, disapa dan ditawarkan sebuah bantuan dari pemilik website yang sedang kita kunjungi. Senang kan pasti?

Nah, dari sekian banyak kalimat sapaan yang bisa kita utarakan, kita juga memiliki banyak kesempatan untuk mengatakan itu kepada pelanggan yang berkunjung di website kita. Berbeda memang dengan mereka yang datang langsung ke toko, kita bisa menyapa mereka kapan saja, tapi bagaimana dengan pengunjung yang datang ke website kita.

Lalu kapan sebenarnya waktu yang tepat bagi kita untuk menyapa pelanggan yang datang ke website kita? Kapan waktu yang tepat menyapa mereka dan meningkatkan konversi dari kunjungan menjadi sebuah penjualan? Berikut ini kami coba menjabarkan itu.

1. Pengunjung yang sudah membuka beberapa halaman website Anda (Page views number)

Menurut sebuah data survey yang dilakukan oleh penyedia jasa layanan chating terbaik, sebuah sapaan disampaikan pada saat pengunjung masuk pada satu halaman website tertentu memiliki tingkat konversi yang cukup tinggi.

Konversi yang dihasilkan sebanyak 11,36% dari jumlah pebisnis yang menggunakan greeting pada saat ini. Ini merupakan cara yang baik digunakan untuk menarik perhatian pembeli yang terjebak di dalam website selama beberapa waktu tertentu.

Tapi seringkali pada momen ini pebisnis salah memberikan salam atau Greeting kepada pengunjung website mereka. Alih – alih memberikan sapaan kepada orang yang mengunjungi satu halaman tertentu di website mereka, para pebisnis ini sering salah menargetkan sapaan kepada pengunjungnya. Mereka justru memberikan sapaan bagi pengunjung yang datang ke halaman main page website tersebut, bukan halaman khusus seperti halaman produk. Ini membuat konversi yang ada menjadi lebih kecil lagi.

2. Pengunjung yang sedang berada di halaman tertentu selama sekian menit (Time on page)

Hampir sama memang dengan Time on Site, hanya saja bila Site adalah “Mereka yang lama mengunjungi website kita” namun Page adalah “Mereka yang lama mengunjungi sebuah halaman tertentu”

Greeting pada Time on Page ini menghasilkan sekitar 10,21% konversi dari total penggunaan greeting oleh para pebisnis di sebuah website. Ini dinilai cukup berhasil, karena saat pengunjung berada di sebuah halaman tertentu, mereka pasti membutuhkan sebuah bantuan. Dan tugas kita sebagai pemilik website adalah menawarkan bantuan kepada mereka yang “ketahuan” lama berada di sebuah halaman tertentu di website kita.

3. Pengunjung yang pernah berada di halaman tertentu (Visited URLs)

Jika Time On Page adalah pengunjung yang masuk ke dalam halaman tertentu selama beberapa menit, maka Visited URLs adalah pengunjung yang dideteksi pernah masuk ke dalam sebuah halaman tertentu di dalama website. Dengan hasil konversi sebesar 10,05% dari sejumlah orang yang menggunakan greeting pada saat ini, para pebisnis menawarkan bantuan dan saran bagi pengunjung.

Dalam hal ini pengunjung diarahkan untuk melihat beberapa hal yang sudah kita tentukan. Kita bisa menawarkan saran dan bantuan kepada pengunjung untuk kembali dan memilih produk yang mungkin mirip dengan yang ia inginkan.

4. Pengunjung yang berada di daerah tertentu (Geolocation)

Sebuah perusahaan besar yang sudah memiliki cabang di berbagai daerah, kota bahkan negara pasti memiliki greeting yang berbeda untuk setiap website perusahaan mereka. Geolocation adalah saat dimana kita memberikan salam kepada pengunjung website yang berada di lokasi tertentu. Biasanya chating yang diberikan langsung mengutarakan sebuah tawaran. Greeting ini menghasilkan konversi sebesar 11,36% dan dinilai cukup berhasil jika kita menggunakan greeting pada moment ini.

5. Beberapa moment lain yang layak Anda coba

Selain keempat waktu utama yang memungkinkan terjadinya konversi dengan tingkat persentase yang tinggi, beberapa waktu ini dinilai juga mampu mendatangkan penjualan sekalipun tingkatnya tidak sebesar lainnya. Seperti:

  • Pengunjung yang datang dari referensi link tertentu (Referrer) – 8,23% konversi
  • Pengunjung berada pada halaman yang sedang dibuka (Current URL) – 7,92% konversi
  • Pengunjung berada di website Anda selama sekian menit (Time on site) – 6,89% konversi
  • Pengunjung yang sebelumnya pernah datang dan kembali lagi (Returning visitor) – 6,54% konversi

Waktu ini bukanlah waktu terburuk, hanya saja bukan “Timing” terbaik untuk memberikan greeting kepada pengunjung yang datang. Selain keempat waktu utama itu, kelima waktu ini juga layak untuk dicoba.

Saya yakin Anda sedang berfikir, kok sedikit sekali ya presentase nya? hanya sekitar 10%.  Saya informasikan kepada Anda bahwa angka itu adalah persentase dari pengunjung website Anda. jika pengunjung website Anda hanya 10 orang saja tentu 10% nya hanya 1 orang.

Tetapi ini lebih baik kan daripada nol atau tidak sama sekali?

Jika Anda belum menerapkan strategi ini, berarti persentase Anda saat ini tentu saja nol persen (0%). Lalu jika Anda menerapkan strategi ini, angka tersebut bisa juga diartikan sebagai peningkatan transaksi penjualan Anda. Dari yang sebelumnya nol, meningkat menjadi 10% dari kunjungan website. Angka yang lumayan, misalnya kunjungan website Anda 100 orang per hari, berarti Anda akan mendapatkan peningkatan sejumlah 10 transaksi penjualan. :)

Pertanyaan selanjutnya, Berarti saya harus menyapa satu per satu dari 100 pengunjung website saya tersebut?

Saya yakin Anda pasti tidak punya waktu untuk menyapa satu-per-satu pengunjung website Anda, apalagi yang pengunjungnya sudah mencapai angka “ribuan”. Tenang saja, saya tidak setengah-setengah memberikan informasi untuk Anda para pembaca mediabisnisonline.com, saya juga akan membagikan informasi tentang sebuah aplikasi yang bisa mengatasi masalah tersebut dan bisa meningkatkan transaksi penjualan Anda.

Notes: Sebelumnya informasi ini hanya disampaikan kepada pelanggan toko online JagoanStore.com saja, karena saya sangat yakin aplikasi ini bisa membantu meningkatkan penjualan mereka dan mudah sekali instalasinya di toko online mereka yang menggunakan jagoanstore. Tetapi kali ini saya akan membagikannya juga kepada Anda para pembaca mediabisnisonline.com. :)

Mau tau apa aplikasinya? Silahkan langsung klik disini untuk melihat lebih detail aplikasi chating yang saya rekomendasikan (aplikasi ini juga dipakai oleh mayoritas website profesional di dunia), lalu install di website Anda dan tingkatkan konversi penjualan Anda.

Selamat mencoba. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 85
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *