Technology

Mudahnya Mengganti Versi PHP dengan Fitur PHP SELECTOR pada cPanel

 

   

Sebuah menu baru pada daftar menu di cPanel Anda yaitu PHP Selector, yang terdapat pada share hosting JagoanHosting.com. Jagoanhosting.com menawarkan kepada setiap klien untuk dapat dengan mudah memilih versi PHP pilihannya. Selain mampu mengelola semua ekstensi PHP, dan opsi konfigurasi PHP dasar (perubahan php.ini).

Lalu bagaimana cara menggunakan php selector?

1. Login terlebih dahulu pada cPanel Anda

2. Kemudian Anda bisa find atau scroll kebawah, pada menu software/service dan Anda pilih menu “Select PHP version”.

Selection_014.png

3. Lalu klik ‘Select PHP Version’, maka Anda akan melihat daftar di bawah pilihan.  Layar pertama menampilkan versi PHP, yang secara default terdaftar sebagai “native”. Dan Anda tinggal menyesuaikan PHP version yang digunakan untuk menjalankan website Anda. Tapi jika  ingin mengubah ekstensi individu on/off, Anda dapat melakukan ini dengan mencentang/tidak mencentang berbagai ekstensi.

Halaman versi cPanel PHP

phpselector21.png

Setelah Anda selesai memilih ekstensi PHP Anda, cukup klik pada tombol “Save” di bagian bawah layar.

4. Jika Anda ingin mengubah pengaturan individu dalam versi PHP, Anda dapat mengklik ‘Show PHP Settings’.

Selection_005.png

Dengan mengklik pada salah satu pilihan (abu-abu), Anda akan disajikan dengan daftar drop-down dimana Anda dapat mengubah pengaturan individu.

fwqae.png

Setelah Anda selesai memilih opsi konfigurasi PHP Anda, cukup klik pada tombol “Save” di bagian bawah layar. Hal ini penting untuk dicatat, bahwa tergantung pada versi PHP yang dipilih, opsi konfigurasi PHP yang berbeda akan tersedia. Misalnya , “magic_quotes_gpc” tidak akan tersedia untuk PHP 5.4/5.5, karena dihapus sebagai fitur dari PHP terbaru membangun.

Saran

  • Jika Anda menggunakan berbasis PHP software siap pakai (CMS, forum, shopping cart, dll). Pastikan itu up to date. Dalam hal versi terbaru dari perangkat lunak Anda tidak mendukung PHP 5.4.x. Hubungi vendor perangkat lunak untuk versi baru atau PHP 5.4 Patch kompatibilitas.
  • Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan PHP 5.4.x  dan beradaptasi script yang sesuai. PHP 5.3.x sekarang EOL (End Of Life), jadi kami tidak akan merekomendasikan menggunakan versi itu.

Semoga bermanfaat bagi kita semua :)

Baca juga:


Artikel Terkait

1 komentar

  • 6 May 2014 - pukul 22:44

    Makasih mas Sigit atas infonya. Saya langsung ke TKP.
    Sukses selalu.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *