Technology

Ketika PHP Mengumumkan kalau MySQL Extension akan Dihapus

 

   

MySQL dan PHP bisa dibilang merupakan pasangan dua sejoli yang cukup mesra. Pasalnya, ketika Anda pertama kali belajar tentang PHP, maka pengelolaan database-nya pasti pakai MySQL karena kemudahannya. Namun, siapa sangka PHP mengumukan bahwa mysql extension akan dihapus dari versi terbaru? Jangan khawatir. Bukan integrasi antara PHP dan MySQL lah yang akan dihapus, melainkan fungsi prefix mysql_ saja yang akan dihapus pada versi PHP berikutnya. Kenapa?

Permasalahan

PHP sudah support MySQL sejak versi 2.0 melalui ekstensi mysql_ . Mulai saat itulah, para developer pun menggunakan kombinasi MySQL dan PHP untuk membuat aplikasi mereka. Namun sayangnya sejak tahun 2006, extension ini tidak mengalami perubahan atau penambahan fitur sedikitpun. Maka meskipun fitur ini bisa dikatakan cukup stabil dalam kurun waktu yang lama, kodenya yang out of date akan sulit untuk di-update atau diubah demi mengikuti perkembangan jaman. Untuk itu, pada PHP versi 5.5 (versi paling terbaru), jika anda tetap menggunakan mysql_ functions, maka akan muncul warning error deprecated (E_DEPRECATED). Yang berarti fitur itu akan dihapus pada versi selanjutnya.

Lalu, bagaimana solusinya?

PHP menyediakan alternatif lain yang bisa dimanfaatkan jika anda tetap ingin menggunakan MySQL sebagai database. Ada dua extension, MySQLi (MySQL Improved) dan PDO MySQL. Bagi anda yang masih suka dengan gaya procedural, maka MySQLi sangat cocok namun untuk anda yang senang sekali dengan gaya OOP (Object Oriented Programming), maka gunakan PDO MySQL. Kedua ekstensi ini akan terus diimprovisasi oleh PHP agar penggunaannya bisa semudah fungsi mysql_ yang akan dihapus.

mysql-php-depricated

Jadi, bagi anda yang masih menggunakan mysql_ functions, segera migrasi ke MySQLi atau PDO MySQL. Semoga informasi ini bermanfaat. Apa pendapat anda? Mari bagikan di kolom komentar ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

2 komentar

  • 24 September 2013 - pukul 11:46

    Gambanrnya kok vb yah gan hehe.

    • Administrator
      24 September 2013 - pukul 22:50

      iya, kenapa ya mas :D hehe. sudah diganti, terimakasih koreksinya :-)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *