Leadership

Pencitraan Diri dengan Online Branding

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 3
    Shares

   

Apa itu Online Branding?
Online Branding adalah bagaimana kita mencitrakan Blog, Website atau Forum Online kita di internet. Melalui pencitraan tersebutlah secara tidak langsung kita telah menentukan dimana market produk kita ditujukan. Yang mana mempengaruhi keberhasilan produk yang kita tawarkan. Banyak yang sukses, tetapi tak sedikit pula yang gagal.

Tips Online Branding
Berikut adalah beberapa tips yang kami dapatkan dalam seminar bertajuk “OPEN YOUR MIND – Online Branding & The Rise of Indonesian Start Up”  yang diadakan oleh komunitas FreSh (Freedom of Sharing) Surabaya.

1. Konsisten

Konsisten disini adalah bagaimana kita rutin untuk menjalankan blog kita, selalu melakukan update secara teratur, dan tetap memiliki semangat melakukannya.

2. Stay Focused

Fokus disini artinya berpegang teguh pada satu tema. Kesuksesan Raditya Dika tidak terlepas dari konsistensinya dalam menulis pengalaman pribadinya, dengan bahasa yang santai. Tentu anda akan mengunjungi blog Raditya Dika jika anda bermaksud untuk mencari cerita ringan.

3. Konsep yang Unik

Contoh nyata dalam kasus ini adalah Diana Rikasari. Seorang fashion blogger kenamaan yang karena kecintaannya terhadap style dan fashion, tak kalah konsistennya dalam mengupas tema fashion dalam blog pribadinya. Bagaimana dengan anda? Temukan kecintaan anda, dan tawarkan pada dunia!

4. Tertata Rapi

Karakteristik blog pribadi dengan forum tentu berbeda. Di dalam forum terdapat banyak sekali topik yang tidak berkaitan, sehingga sangat memungkinkan untuk kehilangan fokus. Tips yang kami dapatkan dari Herman Kwok bahwa untuk menyiasatinya, penataan direktori suatu forum haruslah sempurna. Diperlukan fokus khusus untuk melakukan hal ini. KasKus.US sebagai forum dengan berbagai macam topik, dinilai sukses melakukannya. Di dalam kaskus, terdapat penataan direktori yang amat rapih, sehingga kemudahan mencari informasi bisa didapatkan. Tentunya anda sangat senang bukan, mengunjungi rumah yang tertata rapi?

5. Tepat Sasaran

Dewasa ini, online branding telah dilakukan beberapa pelaku politik juga. Tetapi efektifkah? Mari menyimak pernyataan berikut:

Tanya: “Mengapa seorang pioner Online Branding Indonesia, Andi Malarangeng bisa kalah?”.
Jawab: “Berapa jumlah politikus kita yang benar-benar menggunakan internet sebagai sarana mendapat informasi?”.

Andi Malarangeng memang berhasil melakukan online branding. Tetapi apakah tujuan dari online brandingnya tepat sasaran? Bisa dikatakan inilah yang menjadi salah satu dari sekian faktor kekalahan AM.

6. Membangun Network

Jika keseluruhan dari tips diatas telah dilakukan, kini saatnya anda memasarkan produk atau blog anda kepada umum. Misalnya dengan melakukan blogwalking untuk mengenalkan blog kita, atau bisa saja diawali dengan bergabung ke komunitas tertentu yang membahas hal yang sama dengan yang menjadi pencitraan kita, anda pasti akan lebih mudah diterima. Be Part of Them

Jadi, sekarang bagaimana dengan anda?

Baca juga: 

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 3
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 14 December 2011 - pukul 12:38

    wah mantap sekali ini blog……saya harus memfokuskan online branding produk saya furniture jepara ni…..saya harus bisa…trims bro……

  • 5 May 2017 - pukul 4:53

    terimakasih informasinya….

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *