Technology

Pengaruh International Link bagi Website Anda

 

   

daftar-hosting-jagoan-540

Daftar paket jagoanhosting.com [5 April 2013]

Belakangan ini mungkin anda seringkali menemukan provider yang memasang parameter “International Link” di paket harga mereka. Salah satunya adalah Jagoan Hosting Indonesia. Apa artinya?

Sebutan “International Link” sejarahnya erat berkaitan dengan layanan Internet Service Provider (ISP). Anda tentu sudah familiar dengan Flash, Speedy, IM2, dan ISP lain yang menyediakan koneksi internet bagi jaringan anda. Selain menghubungkan anda ke internet, ISP juga menyediakan infrastruktur untuk menghubungkan server anda ke dunia maya. Nah, dalam hal inilah, ISP mengenalkan istilah bandwidth yang dibagi ke dalam bandwidth lokal dan bandwidth internasional.

Bandwidth lokal adalah lebar saluran yang dipergunakan untuk menghubungkan server anda ke server lokal lain (yang masih terdapat di satu negara). Sedangkan bandwidth Internasional adalah lebar saluran untuk data transfer ke server lain dalam ruang lingkup world wide / antar negara.

Sedangkan di paket Shared Hosting, ada pula istilah yang disebut dengan bandwidth perbulan. Namun istilah ini benar-benar berbeda dengan istilah bandwidth milik ISP. Makanya, agar konsep antara bandwidth paket hosting dan bandwidth internasional ISP tidak rancu, kemudian muncullah istilah baru, yakni “Internasional Link” untuk menggantikan sebutan bandwidth internasional yang disediakan ISP.

Pengaruh Internasional Link

Katakanlah International Link itu seperti pipa air. Semakin lebar diameter sebuah pipa, maka air yang mengalir melaluinya pasti bisa semakin deras. Atau ibaratkan pula international link sebagai ‘jalan raya’ ke luar negeri. Semakin lebar suatu jalan raya, tentu saja lalu lintas pengguna mobil di dalamnya pun semakin lancar. Anda dan pengguna mobil lainnya dapat mencapai luar negeri dengan lebih cepat.

Dengan international link yang lebih lebar, website anda bisa lebih lancar jika dibuka oleh user yang routing dari luar negeri (backbone internasional).

Selain itu, kecepatan loading website pada beberapa aspek juga dipengaruhi oleh konten yang anda pasang di halaman depan. Jika anda menggunakan konten yang harus mengambil data dulu ke server eksternal yang berada di luar negeri, Misalnya Yahoo Messenger Status, Youtube, Twitter Apps, Facebook Apps, Shoutmix, atau image storage seperti Photobucket dan ImageShack, maka internasional link juga memegang peranan yang krusial agar konten-konten ini bisa ditampilkan dengan lebih cepat.

Begitu pula bagi pengguna CMS seperti WordPress dan Joomla. Di mana mayoritas plugin dan modulnya membutuhkan akses ke server tertentu untuk mengambil data yang dibutuhkan. Pada umumnya memang pengembang plugin dan modul yang bersangkutan menggunakan server yang terletak pada jaringan internasional. Agar plugin dan modul anda tidak memberatkan website anda, maka anda akan membutuhkan Internasional Link yang besar.

Penting pula untuk diingat bahwa crawl dari robot Google dan search engine lain juga dilakukan melalui luar negeri. Sehingga, semakin besar Internasional Link anda, semakin kecil presentase kegagalan dari bootloader ketika sedang melakukan crawl terhadap website anda. Sedikit banyak, hal ini juga berpengaruh bagi pengguna Adsense, dan ads-ads lain yang sifatnya international.

International Link juga berpengaruh dalam hal kecepatan berkirim email ke email server luar negeri seperti Yahoo dan Gmail. Dan berpengaruh pula pada  akses website via BlackBerry dan software browser smartphone seperti Opera Mini, karena BlackBerry dan Opera Mini melakukan kompresi dulu di server mereka sebelum mengirimkan paket data ke handphone anda.

Besaran International Link

Di Indonesia, ‘infrastruktur jalan lokal’ sudah sangat terjangkau. Tetapi ‘infrastruktur internasional’ tarifnya sangat tinggi. Inilah kenapa, provider server Indonesia belum banyak yang menyediakan server Indonesia dengan kapasitas Internasional Link yang besar.

Sedangkan bagi yang sudah, besarnya International Link biasanya dikemas dalam jumlah bintang. Semakin banyak jumlah bintang, maka semakin lebar International Link pada paket hosting tersebut.

Kenapa bintang? Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita kembali dulu ke konsep share / berbagi dulu. Anda pasti melalui jalan raya bersama dengan sejumlah pengguna mobil lainnya. Traffic sibuk ketika jam sibuk, atau ngebut ketika traffic sedang sepi. Jadi tidak ada nilai paten dari besarnya international link yang akan anda terima. Yang bisa anda gali adalah total lebar dari International Link server anda. Yang jelas provider punya dapurnya sendiri.

Jadi, istilah apa lagi yang ingin anda ketahui? ;-)


Artikel Terkait

3 komentar

  • 17 December 2013 - pukul 14:32

    Bagaimana solusi ketika suatu web loadingnya lambat sekali, seperti punya saya tokoparfumaslifm.com, dari bacaan di atas, saya akan kurangi link dengan web luar negeri, seperti Facebook dan amazon yg saya letakkan di halaman dan beberapa plugin akan saya non actifkan. Apakah demikian? terima kasih atas jawabannya. Ditunggu ya…

  • 18 March 2014 - pukul 14:57

    Pengaruh antara internal link dan external link lebih dominan mana yaaa.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *