Running A Business

Pentingnya Rekomendasi Bagi Bisnis Anda

 

   

Banyak diantara kita yang berfikir bahwa untuk menaikkan penjualan, maka suatu perusahaan harus mengeluarkan dana yang besar untuk slot iklan mereka. Padahal, apakah Anda tahu alat apa yang sangat ampuh dalam menaikkan penjualan tanpa mengeluarkan dana yang besar? Yak, study dari RewardStream, sebuah perusahaan yang meneliti tentang reerensi sosial, loyalitas sosial, loyalitas tradisional dan penyedia solusi bagi berbagai macam brand ternama di dunia yang menyatakan bahwa face to face word of mouth antarteman, keluarga, dan kolega memberikan kontribusi lebih besar dalam   penjualan dibanding strategi penjualan apapun.

Berikut beberapa kunci yang diberikan dari hasil penelitian yang dieslenggarakan oleh RewardStream:

1. Rekomendasi personal adalah pengaruh pembelian nomor satu bagi customer untuk membeli dalam setiap tahap pembelian pada 10 kategori produk yang berbeda, mulai dari perbankan, travel pariwisata dan dari langganan hiburan sampai dengan kategori    ritel (eceran).

2. Rekomendasi adalah faktor utama dalam semua tahap penjualan, mulai dari mengetahui produknya sampai dengan melakukan pembelian. Hal lain seperti iklan atau informasi online juga penting, namun hanya pada satu tahap penjualan, tidak mencakup secara keseluruhan. Contohnya, iklan sangata berguna dalam tahap pengenalan produk, sedangkan aktivitas online seperti perbandingan harga secara online, sosial media, atau rating dan review sangat berguna dalam tahap dimana pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian dari beberapa pilihan yang ada.

3. Lebih dari 8 dari 10 penjualan dipengaruhi oleh rekomendasi perbincangan orang secara face-to-face. Dalam studi kasus terkini, sang peneliti menemukan bahwa hanya 2% pembelian dipengaruhi oleh sosial media.

4. Mayoritas penjualan yang digerakkan oleh rekomendasi adalah karena dipengaruhi oleh teman atau keluarga. Dalam setiap kategori yang masuk dalam daftar penelitian yang dilakukan, diluar faktor harga, menyebutkan bahwa penjualan dilakukan lebih karena rekomendasi teman atau keluarga daripada dari saran ahli seperti salesman atau pegawai toko. Walaupun seorang ahli lebih dibutuhkan dalam mencari saran untuk pembelian dalam hal teknis seperti komputer dan mobil baru, keputusan pelanggan tetap dibayangi oleh saran teman atau keluarga.

5. Wanita lebih gampang dipengaruhi oleh rekomendasi daripada laki-laki, tetapi rekomendasi memiliki peran yang sangat penting bagi kedua gender tersebut. Hal ini lebih konsisten dengan penemuan yang lebih umum yaitu “Wanita, mendominasi percakapan baik secara online maupun offline. Dan juga, wanita memegang peranan lebih penting saat harus memberikan keputusan pembelian.”

Pentingnya rekomendasi menjadi hal yang menenangkan bagi pengusaha dan pemilik usaha kecil, karena mereka lebih sering memiliki koneksi personal dengan pelanggan mereka. Perhatikan, saat berdiskusi dengan pelanggan tanyakan mereka apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan kita pada teman atau keluarga mereka. Kita akan tercengang dengan berapa banyak jumlah pelanggan yang memberikan respon positiv hanya dengan s sedikit usaha untuk melakukannya. Berikan kesempatan bagi pelanggan untuk membawa pelanggan potensial untuk bertemu dengan kita secara face-to-face, yang mana kebanyakan  rekomendasi dapat dilakukan. Dan jangan lupa, sebagai penutup, ucapkan terima kasih pada pelanggan yang telah memberikan rekomendasi tentang perusahaan kita dan berikan penghargaan yang sesuai bagi mereka.

Baca juga:

5 Tips Memikat Hati Pelanggan Melalui Blog Bisnis

Berikan Solusi Kepada Pelanggan dari Produk dan Layanan yang Anda Jual

Berkolaborasi Bersama Pelanggan itu Penting


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *