Running A Business

Pentingnya Sebuah Nilai ‘Value’ Produk untuk Kesuksesan Penjualan

 
  • 4
    Shares

   

Apa sebenarnya nilai produk itu?

penilaian

Kita semua tahu, nilai adalah suatu alat yang dapat mengukur dan memberikan ukuran untuk apa yang sudah kita lakukan. Nilai merupakan sebuah perhitungan baik logika atau hanya kata – kata tentang sesuatu yang dilihatnya. Nilai menjadi sangat penting karena dapat membandingkan satu hal dengan hal lainnya yang sama. Ini juga berlaku untuk sebuah produk yang dijual. Nilai yang dilihat disini bukan hanya sebatas harga, berat, ukuran, dan perhitungan logika lainnya. Namun nilai produk juga dapat berupa sebuah pembanding dengan produk yang ditawarkan orang lain dengan jenis yang sama. Nilai yang terkandung dalam suatu produk akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual dipasaran nantinya.

Lalu apa yang menyebabkan nilai produk dapat mempengaruhi kesuksesan penjualannya?

produk sempurna

Saat kita ingin membeli suatu produk, tentu saja kita membutuhkan sesuatu yang dapat meyakinkan kita bahwa barang atau produk tersebut memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Hal tersebut bisa berupa bentuk, rasa, ukuran, warna, ataupun harga. Nilai sangatlah penting dibentuk untuk dapat menarik dan membandingkan produk kita dengan produk para kompetitor kita. Nilai bukan hanya berupa perhitungan angka, nilai juga dapat berupa tatapan pertama pada sebuah produk. Saat kita ingin memberikan nilai tambah pada produk yang kita ciptakan dan kita jual, kita harus tahu terlebih dahulu apa yang membuat produk kita pantas mendapatkan nilai tambah lebih dari yang lain.

Contohnya, saat kita menjual produk kue, kita tahu dipasaran sangat banyak yang menjual produk yang sama dengan apa yang kita jual. Jika kita tidak memberikan nilai tambah seperti, kemasan yang berbeda dan unik, rasa yang lebih enak, pelayanan yang nyaman dan friendly, serta tempat atau toko kita yang didesain berbeda daripada yang lain, tentu saja kita tidak akan mampu menyaingi para kompetitor kita di pasaran. Bagaimana kita bisa tahu apa yang diberikan oleh para kompetitor kita? Dengan cara riset atau pengamatan. Ada kalanya kita harus jatuh dan berperan sebagai seorang pembeli yang ingin mendapatkan lebih dari yang lain. Nah, dengan begitu kita bisa mencari celah dan belajar mengenai apa yang pasar inginkan. dan kita bisa penuhi di produk kita.

Jika kita ingin sukses dalam penjualan, kita harus memiliki hal atau ciri khas yang membedakan produk kita dengan produk milik kompetitor, yang pastinya juga akan memberikan nilai tambah pada produk yang mereka hasilkan. Nilai inilah yang nantinya akan menjadikan pembanding bagi pelanggan yang ingin membeli produk Anda.

Nah, bagaimana cara memberikan nilai tambah pada produk kita?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam memberikan nilai tambah untuk bisnis yang kita miliki, seperti:

1. Meningkatkan kualitas produk (rasa, bentuk, ukuran, tampilan, dsb.).

2. Untuk bisnis online bisa dengan meningkatkan kualitas gambar untuk foto produk di website mereka.

3. Memberikan pelayanan yang terbaik dan berbeda dari yang lain.

4. Membuat sebuah program khusus untuk pelanggan setia.

5. Gunakan dan manfaatkan testimonial pelanggan untuk bisa menciptakan nilai tambah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

6. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

7. Menempatkan karyawan atau personil yang memiliki kualitas terbaik di setiap bidangnya.

8. Mempercepat pelayanan.

9. Menerapkan dan meningkatkan pelayanan.

10. Memberikan pelatihan kepada karyawan agar mampu menciptakan produk terbaik.

Nah bagaimana pembaca Mebiso? Sudahkah mendapat pandangan mengenai apa itu sebuah nilai produk? Dan bagaimana pentingnya bagi kesuksesan penjualan. Nah, jika pembaca sekalian memiliki tambahan bisa ditambahkan di kolom komentar. ;-)

Baca juga:


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *