Leadership

Peran Team Cohesiveness dalam Pertumbuhan Bisnis

 
  • 6
    Shares

   

“Cohesivitas atau Cohesiveness adalah suatu kekompakan, kerekatan dan daya tarik yang dimiliki oleh perusahaan dengan pegawai dan pegawai dengan perusahaan. Dimana keduanya merasa saling membutuhkan dan memerlukan.”

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai team cohesiveness, sebagai pemilik bisnis sangat baik bahwa Anda mengetahui apa esensi bekerja bagi seorang pegawai terlebih dahulu. Ya, tentu saja mereka berkerja dikarenakan menginginkan uang, tak dapat dipungkiri bahwa Anda juga membutuhkan loyalitas mereka untuk bekerja, sehingga mengeluarkan uang sebagai gaji yang layak mereka terima merupakan suatu keharusan bagi Anda.

Untuk itu sebagai seorang leader dari suatu bisnis, Anda perlu benar-benar mengerti dan memahami bagaimana harusnya seorang leader seharusnya memimpin. Meskipun hanya 2 hal yang dilakukan leader namun Anda memiliki tanggung jawab yang berat atas kemajuan perusahaan karena Anda adalah Nahkoda kapalnya, terserah Anda mau membawa kapal ini bersandar ke pelabuhan atau karam menabrak gunung’an batu atau es layaknya kapal titanic.

Leader merupakan panjang kata dari kata “Lead” yang artinya memimpin, namun memimpin siapa? Ya tentu saja memimpin orang dan tugas. Sehingga sebagai seorang leader Anda harus benar-benar mampu mengarahkan anah buah mengerjakan tugas-tugasnya sesuai dengan penjelasan dan keinginan Anda. Untuk itu dalam bekerja selalu ajarkan kepada anak buah agar selalu :

1. Fokus

Tentu saja mereka harus fokus terhadap target dan tujuan bersama yang akan dicapai, tidak menerima intervensi apapun selain dari atasan kerjanya langsung.

2. Konsentrasi

Selain fokus terhadap target dan tujuan bersama, seorang anak buah diwajibkan berkonsentrasi secara penuh dalam mendengarkan arahan dan mengerjakan pekerjaan yang didelegasikan kepadanya.

3. Flexibel

Misalnya saja, saat atasan memberikan tugas untuk mengerjakan suatu hal namun beberapa hari kemudian atasan melakukan perubahan dan memerintahkan seseorang ke suatu pekerjaan yang lain yang mungkin tidak dikuasai. Seorang bawahan harus dapat flexibel dalam segala hal, ini perlu untuk perkembangan bisnis yang cepat.

4. Follow the rule

Point penting lainnya adalah mengikuti perintah yang diberikan atasan, buatlah anak buah Anda memahami ini. Lakukan seperti apa yang Anda katakan, bukan seperti yang anak buah inginkan.

5. Unpredictable adalah hal yang wajar

Hal-hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya adalah hal yang wajar, karena tindakan-tindakan yang dilakukan semata-mata untuk merubah suatu hal menjadi lebih baik.

Nah, setelah menguasai hal tersebut dan menerapkannya kepada bawahan/pegawai Anda, tentunya High Perfomance Team dapat dicapai dengan sedikit lebih mudah. Namun Anda perlu mengetahui bahwa high perfomance team dapat dicapai ketika seorang atasan mampu mengarahkan anak buah yang memiliki knowledge dan skill bekerja sesuai bidangnya.

Anda sangat perlu mengetahui apasajakah syarat tim yang sukses itu:

  1. Cohesive

  2. Clear goals

  3. Commitmen

  4. Complimentary roles (saling mengisi)

  5. Clear communication

  6. Constructive conflict

  7. Credible coaching

Dengan mengetahui ini semua pertumbuhan bisnis Anda telah dapat diprediksikan oleh Anda sendiri, karena Anda lah yang mengarahkan mereka untuk melakukan suatu hal demi mencapai suatu hal tertentu. Semoga Anda selalu sukses dan dapat segera memiliki tim yang cohesive!

5 Formula Rahasia Para Pebisnis Milyaran

Bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya miliader mampu memiliki team cohesiveness, jangan lewatkan untuk mendownload ebook formula rahasia para milyader dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Download ebooknya melalui halaman download ebook rahasia milyader sekarang juga, sebelum ebook ini tidak diberikan secara GRATIS lagi!


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *