Running A Business

Perlukah Menggunakan Payment Gateway untuk Bisnis Online Anda?

 

   

Zaman sekarang kalau tidak ada embel – embel internetnya, kita bisa dibilang sudah ketinggalan jaman. Dalam beberapa tahun ini kata toko online sangat booming di Indonesia. Dan dalam beberapa tahun ini juga banyak sekali bermunculan toko online di Indonesia. Pertumbuhannya sangat cepat sekali, karena secara bertahap masyarakat Indonesia sudah memahami apa fungsi dari internet. Semakin banyak sekali bermunculan toko online di Indonesia, dan semakin meningkatnya juga minat pembeli melalui toko online.

Pembayaran melalui payment gateway dapat mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran order Anda, karena bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit maupun pembayaran melalui bank. Keuntungan bagi penjual adalah tidak perlu melakukan pengecheckan manual melalui e-banking. Dan keuntungan bagi pembeli adalah jika melakukan pembayaran melalui payment gateway, pastinya toko online tersebut terpercaya. Karena untuk melakukan aktifasi account untuk payment gateway pastinya membutuhkan beberapa persyaratan. Nah dari persyaratan ini jika ada yang tidak valid, maka penjual tidak bisa mengaktifkan payment gatewaynya. Manfaat lainnya adalah jika Anda memiliki pembeli toko online dari luar negeri. Penggunaan payment gateway ini akan sangat efektif sekali.

Di Indonesia sudah banyak bermunculan payment gateway. Berikut beberapa payment gateway di Indonesia.

1. Doku

DOKU

Berdiri sejak Tahun 2007 dan merupakan payment gateway local di Indonesia pertama kali. Pada Tahun 2009 sudah memiliki kurang lebih 100 merchant. Semenjak Tahun 2010 sendiri mengubah namanya menjadi DOKU.

2. Ipaymu

epaymu

Ipaymu diciptakan pada Tahun 2012. Ia menawarkan jasa Escrow sebagai pihak ketiga antara pembeli dan penjual untuk menjamin transaksi ketika tingkat kepercayaan antara para pihak rendah. Ipaymu membantu pembayaran online dengan kartu kredit, kartu debit dan Paypal. Sampai saat ini sudah ada 137 account bank yang sudah terkoneksi.

3. Veritrans

veritrans

Veritrans Indonesia merupakan joint Venture antara Veritrans Inc dengan pemegang Midplaza. Berdiri sejak 2012. Mereka mengusulkan sistem pembayaran kartu kredit online dengan sistem deteksi penipuan gratis. Produk VT-direct memungkinkan pedagang untuk memproses pembayaran pada halaman pembayaran mereka sendiri. Mereka juga menciptakan beberapa plugin untuk mempermudah integrasi Anda.

4. InaPay

inapay-logo-2

Inapay adalah online payment Indonesia dengan metode pembayaran escrow atau yang lebih dikenal dengan sebutan rekening bersama (rekber), dan merupakan perusahaan escrow pertama di Indonesia. Rekber atau escrow Inapay memudahkan jual beli online dan transaksi aman di Internet.

Berbeda pada rekber pada umumnya yang hanya bisa digunakan di satu marketplace / forum jual beli, sistem rekber atau escrow Inapay dapat digunakan di hampir seluruh tempat jualan online di Indonesia, seperti Kaskus, Tokobagus, atau toko-toko online perseorangan. Selain memberikan solusi transaksi antar bank, sistem online payment Inapay juga menjamin keamanan transaksi jual beli di toko-toko online maupun marketplace tersebut.

5. FinPay

finpay

Finnet Payment Gateway (FinPay) adalah produk dari PT. Finnet Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia. Diluncurkan pada Mei 2012 di Jakarta. Dengan dukungan seperti Telkom Indonesia, mereka telah mampu menciptakan kemitraan dengan sistem gerbang Kartu Kredit dan tampaknya menjadi pemain berpotensi besar di bidang ini.

Nah, lalu bagaimana dengan Anda? Adakah dari Anda yang menggunakan satu diantara kelima pilihan payment gateway diatas? :)

Baca juga:

9 Tips Membuat Proses Pembayaran Online Anda Lebih Mudah

Checklist Sistem Pembayaran Bagi Toko Online Anda

Menentukan Harga untuk Produk di Toko Online


Artikel Terkait

1 komentar

  • 9 March 2015 - pukul 21:01

    payment gateway sangat penting untuk meningkatkan konversi

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *