Start A Business

Pernah Membayangkan Menjadi Solopreneur? Inilah 12 Hal yang Akan Anda Rasakan

 
  • 7
    Shares

   

Seringkali mungkin ada di benak kita pikiran untuk menjadi seorang pengusaha dan solopreneur. Ya, menjadi seorang solopreneur bukanlah sesuatu hal yang buruk untuk dicoba. Terlebih ketika apapun yang kita butuhkan untuk menjadi enrepreneur kita dapat dengan mudah kita dapatkan. Menjalankan bisnis dan mengembangkannya sendirian membuat kita banyak menemukan hal baru dan melakukan hal yang bahkan tidak pernah kita duga sebelumnya.

Mereka mungkin lebih dari sekedar entrepreneur biasa, mulai dari menciptakan ide bisnis, rencana bisnis, sampai dengan menanggung resiko dari bisnis yang ia dirikan sendiri. Tapi tetap saja menjadi solopreneur akan membuat Anda melakukan banyak hal secara sendiri.

Manfaat menjadi solopreneur sangatlah banyak, mulai dari menciptakan dan memiliki pengalaman yang lebih banyak dari orang lain. Dan menjadi solopreneur membuat Anda banyak mengalami hal-hal yang baru dan menakjubkan, seperti:

1. Anda bisa menjadi sosok yang workaholic

Bagaimana tidak, jika setiap dan semua pekerjaan harus Anda selesaikan sendiri. Mungkin Anda akan bekerja tanpa henti, dan tidak ada seorang pun yang melarang Anda untuk berhenti kecuali diri Anda sendiri. Anda tidak memiliki atasan, tidak juga memiliki rekan kerja dan bawahan. Sehingga Anda akan merasa harus terus bekerja. Resikonya jelas, Anda akan mengalami kelelahan yang berlebihan.

2. Anda bisa memiliki apapun yang Anda inginkan

Sebagai pemilik bisnis, kewajiban Anda salah satunya adalah membayar pajak. Memang jumlahnya akan lebih sedikit dari pengusaha yang memiliki perusahaan besar dan karyawan yang banyak. Tapi Anda dapat memilih untuk membayarnya seperti apa. Berbisnis sendirian membuat uang yang Anda buat adalah milik Anda sendiri. Tapi tetap saja Anda harus menginvestasikan uang tersebut dengan bijak.

3. Anda bisa menyewa jasa orang lain

Solopreneurs tidak membuat Anda benar-benar harus bekerja sendirian. Anda bisa menyewa pekerja atau karyawan yang dapat membantu menyelesaikan beberapa tugas Anda. Anda mungkin akan menyewa jasa penasehat bisnis, akuntan bahkan teknisi untuk menyelesaikan beberapa tugas yang tidak bisa Anda selesaikan sendiri.

4. Anda mudah menemukan kekuatan dari tugas outsourcing

Menjadi solopreneur akan membuat Anda mampu menciptakan sistem yang efisien untuk menyelesaikan tugas-tugas di bisnis Anda saat ini. Anda akan menemukan kekuatan Anda sendiri untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang sudah banyak menunggu Anda.

5. Anda akan hidup untuk bekerja

Bisa jadi hidup Anda akan didedikasikan untuk pekerjaan Anda. Anda akan merasa bahwa Anda hidup untuk bekerja. Anda dapat dengan mudah mengatur setiap pekerjaan Anda. Mulai dari menciptakan ide, peluang dan hal lainnya yang akan membuat Anda lebih bersemangat untuk bekerja.

6. Anda memiliki lebih banyak keuntungan

Menjadi entrepreneur memang menawarkan keuntungan secara finansial yang tidak sedikit. Namun menjadi solopreneur membuat Anda memiliki hampir semua keuntungan yang masuk. Anda tidak perlu bingung dan takut kehilangan saham yang sudah Anda miliki.

7. Anda bebas memilih apapun tentang bisnis Anda

Dibutuhkan banyak pengambilan keputusan memang dalam menjalankan sebuah bisnis. Tapi Anda memiliki kekuatan penuh untuk mengatur dan memutuskan segalanya. Bahkan Anda bisa menentukan jalan Anda sendiri.

8. Anda dapat membuat jadwal Anda sendiri

Anda bekerja untuk diri Anda sendiri. Tidak terikat jam kerja yang mengharuskan Anda produktif selama kurnag lebih 8 jam ehari. Anda memiliki tanggungjawab untuk jadwal dan produktivitas kerja Anda sendiri. Kebanyakan solopreneur akan memilih untuk melakukan jadwal mereka sendiri. Mereka akan menciptakan jadwal dan melakukannya sendiri. Tapi tetap saja komitmen yang besar akan membuat kita sukses menjalankan setiap tugas kita.

9. Anda bertanggungjawab untuk kesuksesan Anda sendiri

Karena semua pekerjaan akan Anda lakukan sendiri, maka Anda harus bersiap-siap mengambil resiko besar dari apa yang Anda lakukan. Solopreneur harus bisa menginternalisasi kebenaran ini, sebab daripada hanya meninggalkan keberhasilan yang Anda bayangkan, solopreneur harus memilih untuk mengambil keberhasilan yang sudah mereka rencanakan dengan matang.

10. Anda mengembangkan visi Anda sendiri

Tanpa visi dan misi sebuah berusahaan tidak akan bisa sukses mengembangkan bisnisnya. Anda harus tahu apa visi Anda. Sebab disini Andalah atasan, bos sekaligus pekerjanya. Anda harus bisa menetapkan visi dan misi dari bisnis yang sedang Anda jalani ini.

11. Anda dapat mewujudkan merek Anda sendiri

Personal branding adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Dengan personal branding, Anda harus bisa menunjukkan siapa dan apa diri Anda kemata dunia. Solopreneur membuat Anda juga harus dikenal dengan baik oleh pelanggan atau klien Anda nantinya. Sebab jika mereka mengenal Anda, mereka akan mempercayai produk yang Anda jual.

12. Anda akan berpetualang setiap hari

Petualangan di sini selalu didefinisikan sebagai sesuatu yang tidak biasa dan menarik, biasanya juga berbahaya dan penuh dengan tantangan. Sebab pada dasarnya solopreneur memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal baru yang lebih banyak. Mereka mungkin akan bertanya tentang “apakah ada keamanan atau standart kerja?” Tidak mungkin ada. “Apakah mereka memiliki gaji yang stabil?” tidak. Tapi mereka memiliki kepercayaan bahwa petualangan yang mereka ambil jauh lebih memacu adrenalin.

Dari tips diatas, apakah Anda mulai terpikir untuk menjadi seorang solopreneur? Jika iya, maka bersiap-siaplah untuk menjadi orang yang mengagumkan dan penuh dengan semangat. Sebab jika sampai akhir tahun ini Anda masih memiliki rencana-rencana indah itu, maka di tahun 2016 mendatang semuanya harus segera Anda realisasikan.

Pastikan Anda percaya bahwa solopreneur bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh siapapun. Hanya orang dengan mental dan pikiran yang kuat yang mampu menjalaninya. Jika itu Anda, maka segeralah buktikan kepada dunia. :)


  • 7
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *