Leadership

Praktekkan 14 Jurus Ini Agar Selalu Menang Dalam Berargumen

 
  • 17
    Shares

   

Setiap pekerjaan atau tugas bersama dengan tim tentu akan ada saatnya dimana kita akan mengemukakan ide, pendapat atau gagasan. Dan kita selalu berharap banyak dari mereka yang menyetujui dan akhirnya mengikuti apa yang kita ajukan. Tapi menjadi seorang yang menang dalam setiap argumen tentu bukan hal yang mudah. Sekalipun kita yakin bahwa ide yang kita miliki cukup hebat, pasti akan ada saat dimana kita akan kalah dari orang lain. Nah, berikut ini adalah cara rahasia yang bisa digunakan agar argumen kita bisa dalam diskusi:

1. Jangan Mengkonversi

Lupakan tentang bagaimana cara kita mencoba untuk mengubah pendapat lawan agar sama dengan kita. Jangan membuat mereka untuk tunduk dan minta maaf atas kesalahan kecil yang diperbuat. Tugas kita adalah untuk meningkatkan keraguan atas kebijaksanaan pandangan mereka.

2. Dengarkan mereka

Jadilah pendengar yang baik. Pastikan kita mendengar dan memahami apa yang disampaikan oleh lawan beragumen kita. Pelajari bagaimana cara mendengar yang baik dan bagaimana memberikan mereka tanggapan.

3. Memperjelas maksud kita

Jika kita tidak yakin atas apa yang lawan katakan, kita berhak meminta mereka untuk menjelaskan kembali. Dalam panasnya argumen, kita sering melakukan serangan balik secara refleks tanpa memastikan bahwa kita telah mendengar pihak lain. Dan ini justru membuang – buang waktu dan membuat kita terlihat buruk.

4. Tetap tenang

Jadilah pribadi yang sadar akan emosi diri sendiri. Ketika kita marah dan ada perasaan takut tersaingi, itu saat dimana kita sebenarnya sedang lemah. Jadilah orang yang bersemangat, ekspresif, tapi tetap tenang dan melanjutkan aktivitas dengan baik. Amarah membuat kita kurang menarik.

5. Kontrol diri

Ada kalanya juga kita harus mengontrol diri untuk tidak terlalu memberi banyak perhatian pada setiap agenda perdebatan. Mereka yang mampu mendefinisikan masalah dan menetapkannya menjadi prioritas adalah mereka yang menggunakan cara untuk menang.

6. Dapatkan kepercayaan dari audiens

Penting untuk kita dalam berusaha mencapai kemenangan berargumen adalah dapat meyakinkan audiens tentang pendapat kita. Ungkapkan pendapat tersebut dalam setiap pertemuan, sekalipun tidak selalu menjadi pembahasan utama. Ini akan membuat kita terlihat memegang komitmen atas apa yang kita katakan.

7. Jangan takut karena ragu

Saat berdebat atau berargumen tentu kita pernah merasa ragu dengan apa yang kita usulkan dan kita debatkan. Tapi tugas kita adalah bagaimana menarik mereka untuk bisa mendapatkan keuntungan dari ide yang kita usulkan dan dari kelemahan lawan. Kita bisa mendapatkan kepercayaan dari keraguan mengakui bahwa ide kita tidak sempurna, tapi tetap mencari alternatif pemecahan masalahnya.

8. Tetap rendah hati

Dalam setiap sesi perdebatan, kita akan dihadapkan dalam 2 pilihan: Memilih untuk mendapatkan perhatian yang luas untuk semua orang, memberikan mereka kompromi dan menjadi lebih sederhana dan terkendali dalam setiap persentasi. Atau menjadi fokus pada suatu hal tertentu, bahkan dengan resiko diasingkan oleh orang lain.

9. Membuat konsesi

Ketika kita dapat mengakui suatu hal tanpa merusak sikap kita, maka itu adalah salah satu seni besar untuk memenangkan argumen. Sebagai seorang debater, Abraham Lincoln mengakui bahwa suatu negara memiliki hak atas warga negaranya, tapi tidak berhak untuk memperbudak atau memperbudakkan mereka ke negara lain.

10. Memberi gambaran

Analogi adalah cara yang ampuh dan persuasif untuk membawa pulang poin, terutama ketika suatu analogi menghubungkan subjek pada masalah pengalaman pribadi audiens. Tapi tetap berhati – hati dengan analogi. Gunakan mereka untuk porsi yang kecil, tentu saja tujuannya untuk mengembangkan dan mempertahankan validasi yang kita gunakan.

11. Jangan pernah mengutuk

Jangan pernah mengutuk lawan untuk setiap tujuan atau dasar dari ide yang mereka usulkan.

12. Jadilah sebuah gunung es

Pelajari lebih lanjut tentang topik yang akan dibicarakan, daripada hanya membayangkan dapat diterapkan atau tidak dalam acara. Tapi ada kalanya menunjukkan penguasaan fakta – fakta dapat meningkatkan otoritas kita dan malah seperti mengintimidasi lawan.

13. Mengatahui lawan

Memahami posisi musuh atau lawan berdebat secara jelas akan membuat kita menjadi mudah untuk menang. Karena mengetahui posisi diri sendiri hanya terhitung setengah menang dalam pertempuran.

14. Sederhana

Tetap menjadi sederhana, bersungguh – sungguh dan jangan mencoba untuk terlalu terlihat mengesankan. Periksa terlebih dahulu emosi yang kita miliki, dan berusaha untuk menjelaskan kepada audiens secara menyeluruh, karena ini merupakan usaha untuk mendekatkan diri kepada mereka.

Baca juga:

Kontrol Emosi Anda saat Bekerja di Kantor dengan Cara Ini

10 Etika Ketika Mengikuti Meeting

10 Bahasa Tubuh yang Menunjang Public Speaking Anda

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 17
    Shares

Artikel Terkait

5 komentar

  • 4 December 2014 - pukul 14:45

    Tidak jarang dalam suatu proses argumen sering terjadinya individu atau lebih yang kurang bisa kontrol emosi/diri yang tentunya nanti akan berefek negatif. nice tips. :D

  • Joshua Kristiadi
    3 January 2018 - pukul 14:19

    Iy kak, harus memberikan gambaran kepada lawan yang dapat diterima… Dan harus tenang

  • 11 February 2018 - pukul 14:18

    beragumen dalam keadaan yang tenang memang penting, jangan pernah terbawa emosi walaupun kita sudah di ambang kekalahan, karena bisa jadi itu akan berbalik arah, apalagi jika kita beragumen untuk debat yang biasanya akan menimbulkan emosi, jadi pengetahuan ini, terima kasih mebiso

  • Muhammad Bakhri
    11 April 2018 - pukul 5:15

    suasana atau keadaan pun juga bisa mempengaruhi dalam beragumen/debat karena bisa membawa kita hilang konsen dan bisa akan berbalik ara 100%, jadi sebelem debat atau beragumen sebaiknya kita juga harus bisa ngebaca/menguwasai suasana/keadaan di tempat itu disamping mnjaga emosi biar tetap stabil tidak kebawa dalam suasana.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *