Leadership

Produktivitas Kerja Lebih Mudah dengan 15 Cara Ini

 
  • 85
    Shares

   

Menjadi pekerja yang produktif adalah hal yang paling hebat. Bukan hanya akan membuat Anda menjadi orang yang lebih disiplin, percaya diri dan lebih senang saat bekerja tapi yang jelas produktivitas Anda akan membuat perusahaan Anda lebih diuntungkan. Hadiah utama yang akan Anda dapatkan ketika Anda mampu menjaga fokus dan tetap terus produktif adalah Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk bersenang – senang. Dan bekerja produktif adalah bagaimana Anda mendapatkan kenyamanan dan rasa aman saat bekerja. Dan berikut ini adalah cara yang akan membantu Anda meningkatkan produktivitas.

1. Langkah pertama adalah membuat sebuah daftar pekerjaan

Waktu terbaik saat Anda harus membuat sebuah to do list adalah pada akhir waktu pekerjaan Anda, atau ketika Anda telah berhasil menyelesaikan pekerjaan pada hari itu. Anda juga bisa menggunakan minggu malam Anda untuk menyusun to do list hari esoknya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menutup pekerjaan sepenuhnya begitu Anda berada di rumah, sehingga Anda memiliki waktu untuk beristirahat.

2. Kemudian pilihlah mana yang paling sulit untuk dilakukan

Ketika to do list sudah Anda buat, Anda bisa mulai memilah mana pekerjaan yang mudah dan sulit untuk dilakukan lebih dulu. Itu akan memudahkan Anda menentukan langkah mana yang akan Anda ambil untuk menyelesaikan tugas. Lebih baik untuk menyelesaikan tugas yang mudah di awal hari Anda, sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma untuk berfikir penyelesaian pekerjaan yang sulit.

3. Menentukan waktu produktif Anda sendiri

Menyarankan orang untuk produktif dengan menggunakan waktu pagi mereka lebih awal memang hal yang baik. Namun ternyata itu hanya untuk beberapa orang saja, artinya hanya sebagian orang yang mampu memanfaatkan waktu pagi mereka dengan lebih produktif, seperti mengerjakan pekerjaan lebih awal karena menghindari gangguan. Namun sebenarnya setiap orang memiliki penilaian waktu produktif mereka sendiri – sendiri. Ada sebagian orang yang mengaku bahwa mereka lebih produktif saat di luar jam kantor. Karena lebih sedikit gangguan yang muncul. Waktu produktivitas setiap orang memang berbeda, dan ada baiknya kita mengetahui kapan waktu paling efektif kita bekerja. Jika menemui kesulitan hal itu bisa dibicarakan bersama dengan rekan kerja atau atasan Anda.

4. Gunakan 5 menit waktu Anda untuk merefleksi tubuh

Anda memiliki waktu 8 jam sehari untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu, tapi Anda juga memiliki 5 menit waktu Anda untuk sekedar berjalan – jalan mencari udara segar, sebelum akhirnya Anda kembali ke dalam pekerjaan Anda. Gunakan saja waktu Anda untuk mencari kenyamanan saat bekerja.

5. Bahkan jangan ragu untuk membersihkan dan mendekorasi ulang ruangan Anda

Kadang – kadang kekacauan atau keadaan ruangan yang kotor dapat mengganggu produktivitas kerja Anda. Anda akan disibukkan dengan menyingkirkan beberapa kotoran di meja yang kemudian bisa datang lagi. Anda bisa menggunakan sedikit waktu Anda untuk membersihkan dan mengatur ulang meja kerja Anda. Sesuaikan kondisi meja kerja Anda dengan apa yang Anda inginkan. Buatlah Anda nyaman dan merasa tenang saat bekerja. Kenyamanan Anda di ruang kerja akan membuat Anda nyaman saat bekerja. Bahkan Anda bisa menambahkan beberapa tanaman untuk sekedar memberi kesan fresh di meja kerja Anda.

6. Gunakan waktu luang Anda untuk menelusuri website yang membuat Anda tertarik

Anda juga bisa menyisihkan waktu sibuk Anda untuk sekedar menelusuri website yang menarik dan tentu saja bermanfaat bagi Anda. Anda bisa mencari informasi seputar hobi Anda, yang jelas jangan hanya memanfaatkan internet untuk mengakses sosial media saja.

7. Jangan terlalu serius, cobalah untuk tertawa

Jika Anda memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, itu bukan berarti Anda tidak memiliki waktu untuk rileks dan bahkan tertawa. Jangan terlalu serius dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Bawa diri Anda untuk lebih rileks dan menikmati aktivitas Anda. Ajak teman kerja Anda untuk sekedar mengobrol, bercanda atau bahkan tertawa. Tapi tidak sampai mengganggu aktivitas masing – masing.

8. Tidak ada salahnya untuk melakukan peregangan di sela – sela bekerja

Jika Anda merasa lelah atau mengantuk, gunakan 2-3 menit waktu Anda untuk meregangkan otot – otot yang kaku. Anda bisa memulai pemanasaran ringan, seperti menggerakkan lengan ke kanan dan kiri, menggerakkan kaki kanan dan kiri secara bergantian, dan lain sebagainya.

9. Konsumsilah makanan ringan yang tinggi protein dan tinggi serat

Tidak mudah untuk menahan lapar dari pagi hingga waktu makan siang. Ada waktu dimana kita akan makan camilan di sela – sela kerja. Ini memang baik, karena menghindari rasa lapar berlebihan sebelum waktunya. Anda bisa mengkonsumsi makanan ringan yang berserat dan tinggi protein. Jangan terlalu kenyang, karena makanan ini sifatnya hanya mengganjal saja.

10. Jaga asupan air putih Anda

Seperti yang sering diingatkan oleh dokter, bahwa aktivitas duduk yang berlebih dapat mengakibatkan dehidrasi sampai masalah pada ginjal kita. Itu sebabnya mengkonsumsi air putih lebih sering saat bekerja sangatlah dianjurkan. Tidak perlu banyak, yang penting rutin dan teratur.

11. Bahkan jika Anda masih merasa stress, cobalah untuk tidur siang selama 20 menit

Siapa bilang Anda tidak boleh tidur siang. Beberapa perusahaan akan menyediakan waktu istirahat bagi karyawan mereka lebih panjang. Dan waktu ini bisa digunakan bukan hanya untuk beribadah, makan siang, tapi juga bisa digunakan untuk sekedar tidur siang selama 20 menit saja. Tidur siang dianggap manjur mengembalikan semangat dan stamina kita yang lelah saat bekerja. Namun setelah kita tidur siang, kita harus menggunakan waktu kerja dengan semaksimal mungkin.

12. JANGAN multitasking

Ingat, hindari multitasking. Anda bisa saja mengaku bahwa bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Tapi apakah ini efektif bagi waktu kerja Anda? Jika tidak, jangan pernah mencoba hal ini. Karena multitasking bukan hanya menyita pikiran Anda, tapi juga kondisi fisik Anda. Jika Anda tidak kuat memikirkan banyak hal dalam satu waktu, Anda juga akan cepat merasa lelah, dan pada akhirnya pekerjaan Anda akan lebih terbengkalai.

13. Hindari gangguan yang sering terjadi

Bekerja di tengah orang banyak tidak lepas dari adanya gangguan. Jika Anda ingin bekerja lebih produktif maka coba untuk menghindari gangguan yang ada. Matikan setiap pemberitahuan email pada jam kerja Anda, kecuali saat Anda memang sedang berhubungan penting dengan customer melalui email. Tapi untuk menghindari Anda melihat email dan membuka hal lainnya, maka kurangi gangguan dari yang paling sering terjadi.

14. Ambil jatah liburan Anda

Bekerja 5 hari dalam seminggu tentu membuat Anda lelah dan bosan, itu wajar. Dan weekend atau akhir pekan merupakan kesempatan Anda untuk benar – benar berlibur. Tidak harus berlibur yang mengeluarkan banyak biaya, seperti ke luar kota, bermain di taman bermain dan lain sebagainya. Liburan Anda bisa Anda gunakan untuk berolahraga bersama keluarga, pergi berbelanja dan melakukan berbagai hal yang membuat Anda sedikit melupakan penat saat bekerja.

15. Cari pekerjaan yang membuat Anda nyaman

Dan yang terakhir adalah jika Anda ingin lebih produktif saat bekerja, pilihlah pekerjaan yang membuat diri Anda nyaman mengerjakannya. Jika Anda tidak nyaman pada pekerjaan Anda saat ini, itu akan mengganggu kinerja dan produktivitas kerja Anda. Maka cobalah cari kenyamanan Anda untuk bekerja.

Baca juga:

5 Tips Membuat Meeting Lebih produktif

3 Cara Menghindari Gangguan Saat Bekerja untuk Menjadi Lebih Produktif

10 To-do List Digital untuk Kerja yang Lebih Produktif


  • 85
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *