Running A Business

Ragu Transaksi Online? Gunakan Jasa Rekening Bersama

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Saat ini banyak sekali bermunculan toko-toko online yang menjual berbagai macam barang dan jasa. Hal ini semakin mempermudah masyarakat dalam mencari barang yang dibutuhkan. Namun apakah semua toko online tersebut terpecaya? Bagaimana bila ternyata toko online tersebut tidak bertanggung jawab dengan melakukan penipuan? Beberapa pasti pernah mendengar ada orang yang menjadi korban toko online dengan cara barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan promosi toko tersebut atau justru barang tidak dikirim ke alamat korban, padahal korban telah membayar ke toko tersebut.Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? Salah satu cara agar kita tidak menjadi korban penipuan yaitu dengan menggunakan jasa rekening bersama.

Apa itu rekening bersama?

Rekening bersama atau sering dikatakan rekber adalah pihak ketiga dalam transaksi online yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli . Rekber yang berasal dari bahasa asing escrow service ini akan menampung sementara dana dari pembeli kepada penjual. Jadi pembeli tidak langsung mengirimkan uangnya kepada penjual, melainkan kepada rekber, dan setelah barang dikirimkan dan disetujui oleh pembeli, barulah rekber meneruskan dana tersebut kepada penjual setelah mendapat konfirmasi dari pembeli.

Pentingnya penggunaan rekber rekening bersama

Penggunaan rekber berguna sebagai tindakan antisipasi agar jual beli yang kita lakukan aman dan tidak menjadi korban penipuan. Anda bahkan disarankan untuk tidak melanjutkan transaksi apabila penjual menolak menggunakan rekber. Lalu bagaimana bila membeli barang pada pedagang online yang sudah kita kenal?

Rekber tetap direkomendasikan karena bisa saja nama pedagang yang bersangkutan ternyata digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu bila Anda merasa ragu atau khawatir dalam jual beli online sebaiknya tetap gunakan jasa rekening bersama, apalagi jika barang yang Anda beli bernilai tinggi seperti kendaraan, property, atau alat elektronik.

Skeme penggunaan rekber rekening bersama

  1. Penjual dan pembeli sepakat menggunakan jasa rekber yang ditunjuk.
  2. Pembeli mengirimkan uang dan konfirmasi ke rekber yang ditunjuk
  3. Pihak rekber akan meminta pemjual untuk mengirimkan barang ke pembeli
  4. Penjual akan mengirimkan barang ke pembeli disertai konfirmasi bukti pengiriman
  5. Pembeli menerima barang dan melakukan konfirmasi bahwa barang telah sampai.
  6. Pihak rekber akan mentrasfer dana ke penjual
  7. Apabila pembeli mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan penawaran penjual maka pihak rekber akan menahan dana tersebut hingga terjadi kesepakan antara penjual dan pembeli.
  8. Bila akhir kesepakatan penjual dan pembeli batal maka dana akan dikembalikan ke pembeli.

Beberapa Jasa rekening bersama yang bisa digunakan :

Ada beberapa jasa rekening bersama yang dapat Anda gunakan, masing-masing jasa memiliki kekurangan dan kelebihan serta syarat yang berbeda:

Inapay

Ekipay 

Polisi Online

Crowguard (beli ssl di godaddy)

Blackpanda (melayani jual beli khusus kaskus)

Sumber

http://www.kaskus.co.id/thread/54059ceb582b2eb3708b456d/rekber-blackpanda-belanja-online-jadi-menyenangkan-thread-lanjutan-ke-4/

http://ekipay.com/index.php

http://www.polisionline.com/p/rekening-bersama.html

https://rekberblackpanda.com/

https://inapay.com/

http://blog.mangrekber.com/gunakan-rekening-bersama-agar-aman-dari-penipuan/#comment-3274

Baca juga:

10 Tips Agar Bisnis Online Anda Lebih Dipercaya

Sudahkah Bisnis Online Anda Menjalankan Prinsip 5W+1H?

6 Tanda Bisnis Online Anda Sulit Mencapai Sukses

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait