Start A Business

Rahasia Memasarkan Kerajinan Lokal ke Pasar Mancanegara Tanpa Izin Ekspor

 
  • 6
    Shares

   

Siapa bilang menjual produk kerajinan lokal untuk pasar mancanegara itu sulit? Apalagi tanpa perlu izin ekspor.

Bagi yang tidak tahu caranya, tentunya sangatlah sulit dan ribet, tetapi tenang saja, Anda sebentar lagi akan mengetahui caranya dan Anda bisa bilang kalau menjual kerajinan lokal ke pasar mancanegara itu ternyata sangat mudah karena saya akan membagikan rahasianya untuk Anda. Dan yang paling penting, Anda tidak perlu repot mengurus izin ekspor.

Kok bisa?

Pertama-tama saya ingin mengajak Anda untuk sama-sama bersyukur dan bangga karena menjadi putra-putri bangsa indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan budaya. Karena dengan adanya kekayaan alam dan budaya tersebut lah negara kita tercinta ini banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Berikut informasi detailnya:

1. Manfaatkan sektor pariwisata

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan sektor pariwisata di Indonesia yang ternyata pasarnya cukup besar. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia sampai bulan Mei 2015 mencapai 3.84 juta kunjungan atau naik 3.85% dibanding kunjungan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 3.70 juta. Dan jumlah kunjungan tersebut akan terus naik tiap bulannya, apalagi dimusim liburan. (Sumber: http://www.bps.go.id/Brs/view/id/1156)

Jadi Anda bisa memulai untuk menjual produk kerajinan lokal Anda untuk dipasarkan ke pangsa pasar mancanegara justru di dalam negeri sendiri, tidak perlu mengeluarkan biaya besar dan mengurus izin untuk ekspor. Praktis kan?

2. Toko Online

Sebenarnya ini adalah yang paling vital, karena jika tanpa toko online, Anda akan kesulitan mengenalkan produk Anda untuk pangsa turis mancanegara tersebut. Tentunya kita sama-sama tahu kalau daerah wisata di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke, Apakah Anda sanggup berkeliling menyebarkan buku katalog/brosur produk Anda ke semua daerah wisata itu?

Cara yang paling hemat dan praktis adalah dengan menggunakan toko online, karena bisa diakses menggunakan internet yang bisa menjangkau semua daerah wisata tadi. Dan bahkan ketika turis yang membeli produk Anda pulang kembali ke negara asalnya, mereka tetap bisa melihat-lihat koleksi produk Anda.

Untuk tips memilih toko online yang bagus silahkan kunjungi artikel berikut:

5 Tips Sederhana Memilih Jasa Pembuatan Toko Online

[Infografis] 15 Tips Membuat Toko Online Lebih Menjual

7 Hal yang Diperhatikan Pengusaha Sukses Dalam Memilih Toko Online

3. Awali dari daerah wisata yang paling potensial

Memang daerah wisata di Indonesia sangat banyak tersebar di nusantara. Tetapi untuk menjangkau semuanya tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu saya menyarankan Anda untuk mengawalinya dari daerah wisata yang paling potensial terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mengatahui dimana lokasi daerah wisata yang banyak didatangi turis mancanegara. Berikut saya bagikan informasinya gratis untuk Anda:

Daerah yang kunjungan turis mancanegaranya mengalami peningkatan fantastis ditiap bulannya. Hal ini terjadi pada beberapa kota-kota tertentu yakni Batam, Bandung dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk kota-kota yang mengalami naik turun pengunjung namun rata-rata pengunjung turis mancanegara masih tetap diatas 4 ribu adalah Bali, Jakarta, Riau, Surabay dan Medan.

Sumber data: http://www.bps.go.id/LinkTabelStatis/view/id/1386 (data kemudian diolah lagi oleh team mediabisnisonline.com)

4. Manfaatkan hotel tempat turis mancanegara menginap

Ini adalah salah satu cara yang digunakan oleh salah satu pelanggan Toko Online JagoanStore.com yaitu Bapak Iqbal Nalendra Wirasta – owner id.kalyanabatik.com yang menjual jenis tas dan dompet dari bahan kulit dan kain etnis Indonesia asli. Bapak Iqbal berhasil menjalin kerja sama dengan beberapa hotel di Bali, sehingga produk Kalyanabatik dijadikan souvenir hotel untuk para turis yang ingin memberikan buah tangan dari Bali.

Terinspirasi dari yang sudah dilakukan oleh id.kalyanabatik.com tadi, kita bisa memodifikasinya dan mengembangkannya ke semua hotel di daerah wisata yang potensial didatangi turis mancanegara diatas (point nomor 3).

Atau kita juga bisa memanfatkan data tingkat hunian kamar hotel di kota-kota di Indonesia. Berikut saya bagikan informasi provinsi di Indonesia dengan tingkat kenaikan hunian kamar hotel yang signifikan tiap bulannya:

  • Jakarta
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Selatan
  • Yogyakarta
  • Gorontalo
  • Lampung

Sumber data: http://www.bps.go.id/LinkTabelStatis/view/id/1375 (data kemudian diolah lagi oleh team mediabisnisonline.com).

Tentu saja tidak harus souvenir asli daerah tersebut kan? Kita bisa mengenalkan kerajinan wayang golek dari Jawa Barat untuk turis-turis mancanegara yang menginap di hotel-hotel daerah Sulawesi, dan begitu pula sebaliknya.

Dengan begitu bukankan secara tidak langsung kita sudah membantu pemerintah mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia? Bagaimana pembaca mediabisnisonline sekalian? Ternyata mudah kan menjual produk kerajinan lokal melalui toko online ke pasar mancanegara?

 

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *