Start A Business

Rahasia Membangun Rasa Percaya Diri Anda Dalam Berbisnis Online

 
  • 16
    Shares

Cara mudah untuk mengembangkan bisnis yang kita miliki saat ini adalah dengan menggunakan media online. Hampir setiap hari teknologi terus berkembang dan berinovasi. Itu artinya peluang untuk terus berkembang akan terus ada untuk pemilik startup seperti kita. Apalagi saat kita sudah tidak asing lagi menggunakan teknologi seperti gadget dan sosial media. Bisa dikatakan tidak ada satu detikpun kita tidak berkeinginan untuk update berita terbaru baik di portal berita ataupun sosial media.

Itu jugalah yang menjadikan alasan kenapa para pebisnis harus mencoba mengembangkan bisnisnya menjadi bisnis online. Bukan hanya sekedar mempromosikan saja, tapi bahkan juga melakukan aktivitasnya di media online. Ini akan jauh lebih membantu, karena selain fleksibel bisa dikerjakan darimanapun dan kapanpun, media online juga memudahkan kita dalam mendapatkan informasi terbaru dan melakukan aktivitas online bisnis kita.

Sekalipun media online bukan lagi hal yang asing untuk kita, masih ada juga orang yang ragu bahkan tidak percaya diri jika bisnisnya harus Go Online. Dengan berbagai alasan, mulai dari belum butuh, sudah cukup dengan yang saat ini sampai dengan harga yang mahal dan masih banyak yang lainnya. Tapi Eiittsss tunggu dulu, sebelum berkomentar lebih banyak tentang mengembangkan bisnis ke rana online, kami bagikan rahasia untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam berbisnis online.

1. Selalu lakukan riset

Yang terpenting saat kita ingin mencoba sebuah hal baru adalah dengan melakukan riset. Mulai dari siapa pelanggan kita, berapa usia mereka, apa kesukaan mereka sampai dengan seberapa mampu mereka membeli produk kita. Apalagi saat ingin mencoba Go Online. Pelanggan yang dituju harus dijelaskan lebih spesifik. Karena orang yang akan datang dan mengunjungi toko online kita bukan hanya mereka yang “butuh” tapi bisa jadi yang hanya iseng dan sekedar ingin. Tapi lebih dari itu, kita harus bisa membuat mereka membutuhkan dan bahkan membeli produk kita secara online.

Selagi menjalankan bisnis offline yang sudah ada, kita juga bisa mulai mempersiapkan setiap kebutuhan bisnis online dari sekarang, seperti yang paling dasar yaitu melakukan riset.

2. Memiliki akun di sosial media

Sosial media adalah media yang paling dekat dengan masyarakat. Siapa yang tidak memiliki akun Facebook, Twitter, Path bahkan Instagram saat ini? Saya rasa Andapun juga sudah akrab dan bahkan tidak bisa terlepas dari sosial media ini. Untuk memulai langkah pengembangan bisnis secara online adalah dengan memiliki akun khusus di sosial media. Fanspage salah satunya, karena dengan akun khusus ini bisnis kita mudah untuk ditemukan dan dipercaya oleh pelanggan. Dengan akun sosial media khusus kita bisa mempromosikan produk sampai dengan mendekatkan diri dengan pelanggan.

Hampir 90% pemilik bisnis online aktif di sosial media. Mulai dari mempromosikan bisnis mereka, sampai dengan menciptakan komunitas untuk bisnis mereka sendiri. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya. Sosial media juga memiliki fungsi lain dalam menunjang bisnis online kita. Seperti yang dijelaskan pada artikel berikut ini. Lalu, bagaimana dengan Anda?

3. Posting foto terbaik di sosial media

Memiliki akun sosial media banyak juga bukan jaminan bisnis online kita bakal diterima oleh masyarakat bahkan pelanggan kita. Untuk menjadikan pengunjung menjadi tertarik dengan akun sosial media bahkan bisnis online kita, salah satu caranya adalah dengan memposting foto terbaik dari produk kita. Ada banyak tips menciptakan foto produk yang baik untuk diunggah ke website bahkan ke sosial media kita.

Bisnis online memang membuat orang sulit untuk percaya terhadap foto produk yang ditampilkan. Inilah yang mengharuskan kita untuk membuat dan memposting foto produk terbaik untuk membuat pelanggan percaya untuk membeli produk kita melalui sosial media, ataupun website kita.

4. Milikilah website khusus untuk tempat berbisnis

Banyak pemilik bisnis online yang kurang puas jika hanya menggunakan sosial media dan aplikasi message instan untuk berbisnis online. Banyak dari mereka yang bahkan berusaha untuk bisa berdiri sendiri. Mulai dari menciptakan website khusus untuk toko online mereka. Website toko online inilah yang membuat sebuah bisnis online bisa dijalankan dengan penuh rasa percaya diri. Bagaimana tidak? Bayangkan saja ketika Anda berpapasan dengan seseorang dan mereka menanyakan apa nama toko online Anda, akan lebih membanggakan saat kita menyebutkan alamat website kita. Memiliki website tentu akan membuat branding kita jauh lebih mudah dan berhasil. Karena di dalam website ada logo yang menggambarkan bisnis kita, ada nama domain yang akan membuat orang mudah mencarinya di search engine, hingga menampilkan konten yang sesuai dengan bisnis kita.

Dengan website toko online jugalah kita mudah untuk mengarahkan pelanggan untuk membeli sesuai sistem yang kita tentukan. Ini juga akan memudahkan kita dalam mengelola dan mengatur jalannya toko online kita. Bahkan memiliki website khusus untuk toko online akan membantu kita untuk meningkatkan rasa percaya pelanggan. Karena selama ini, sosial media banyak dinilai negatif untuk transaksi bisnis online. Perlu ada sistem khusus yang jelas untuk bisa menjalankan bisnis online dengan baik, yang salah satunya dengan menggunakan website.

5. Kelola blog yang sudah ada untuk menunjang website

Selain dengan menggunakan website, kita bisa mengembangkan bisnis online kita dengan membuat atau terus mengelola blog. Website saja dirasa kurang optimal untuk menarik minat pengunjung dan menjadikan mereka pelanggan pada toko online kita. Untuk meningkatkan jumlah visitor kita mengenal istilah SEO. Untuk sebuah website dengan teknik SEO yang baik tentu akan dibarengi dengan adanya blog penunjang. Di dalam blog ini kita tidak lagi menjual produk, melainkan memposting dan menciptakan konten yang relevan dan menarik untuk pengunjung. Blog dengan konten yang terus menerus menjual akan membuat pengunjung bosan. Justru dari blog jugalah kita bisa mengarahkan dan membiasakan pelanggan mengunjungi website kita dan membeli dari sana. Jika Anda sudah memiliki blog sebelumnya, jangan abaikan sumber daya ini. Tetap kelola dan pastikan selalu mengarahkan pembaca kepada website utama kita.

6. Optimasi website, blog dan sosial media

Untuk terus meningkatkan kunjungan, SEO adalah satu teknik yang tidak boleh ditinggalkan. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan peringkat website atau blog kita di search engine. Ini jugalah yang memungkinkan adanya kenaikan jumlah visitor website atau blog kita. Mengoptimasi website dan blog memang tidak bisa dilakukan secara instan. Ada kalanya kita membutuhkan panduan mulai dari modul, sampai dengan pelatihan khusus. Apalagi untuk mendapatkan hasil yang tidak sedikit, kita juga harus mau mengeluarkan daya yang lebih besar lagi. Selain itu, sosial media juga perlu dioptimasi. Mulai dari nama yang sesuai, foto profil atau cover yang menarik, dan juga interaksi dengan follower juga harus selalu diperhatikan. Percuma saja kan jika kita sering memposting tapi tidak melakukan interaksi dengan followers kita?

7. Update teknologi terbaru

Sebagai pebisnis online salah satu yang harus selalu dilakukan adalah update berita bahkan perkembangan teknologi terbaru. Bukan hanya untuk kebutuhan pengembangan bisnis online kita sendiri, tapi juga untuk mencari peluang baru selain yang sudah ada saat ini. Ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita di depan pelanggan ataupun relasi bahkan pesaing kita. Saat kita tahu teknologi apa saja yang sudah update dan Anda terapkan dalam bisnis online, mereka tentu akan terkesan dan semakin percaya terhadap bisnis online Anda bukan?

8. Ikut dalam berbagai acara offline

Memiliki dan menggunakan media online untuk aktivitas bisnis kini memang menjadi keharusan. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh show off atau tampil di depan banyak pelanggan secara offline. Anda juga punya kewajiban untuk mempromosikan bahkan memamerkan produk di depan banyak orang yang bukan pelanggan Anda sekalipun. Tidak semua bisnis memang mau untuk menampilkan dan menunjukkan produk mereka di depan banyak orang. Tapi mengikuti pameran, seminar, bazar atau acara offline lainnya justru menjadi kesempatan bagi kita untuk menunjukkan apa bisnis kita, solusi apa yang diberikan oleh produk kita, hingga seberapa banyak yang mau menggunakan produk kita. Dari acara seperti ini juga kita dapat berkenalan dengan banyak pebisnis lainnya, menambah koneksi dan bahkan menjaring banyak pelanggan.

9. Ciptakan branding yang mendunia

Berbisnis online adalah salah satu cara kita untuk membuat bisnis kita mendunia. Karena saat kita melakukan branding secara online, maka kesempatan orang dari penjuru dunia manapun mudah menemukan bisnis kita. Mulai dari website dengan nama domain, SEO dan juga sosial media bisnsi kita. Akan mudah bagi kita untuk menunjukkan diri kita di depan orang banyak. Bahkan berbisnis online membuka kesempatan bagi kita untuk mendapatkan pelanggan yang lebih lagi.

10. Terus berinovasi

Selain update teknologi terbaru, inovasi yang Anda ciptakan untuk bisnis juga akan meningkatkan rasa percaya diri di depan pelanggan bahkan pesaing. Tentu saja inovasi yang berbeda dari yang lain. Untuk itu penting bagi kita untuk terus melakukan riset, mencaritahu perkembangan terbaru di dunia bisnis bahkan teknologi dan juga “kepo” terhadap life style pelanggan Anda saat ini. Hidup terus berkembang, yang artinya apapun yang Anda miliki saat ini harus terus berubah dan berkembang.

Nah, sampai disini apa Anda sudah menemukan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam membangun bisnis online? Dengan berbagai sumber daya dan juga peluang yang sangat luas tidak ada alasan bagi kita untuk sulit mempercayai bahwa bisnis online adalah cara yang mudah untuk dilakukan dalam mengembangkan bisnis. Rasa percaya diri inilah yang harus selalu dibangun, mulai dari yang paling sederhana yaitu dari masuknya kita ke dunia online untuk mengembangkan bisnis kita.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 16
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *