Start A Business

Riset Membangun Toko Online

 

   

Anda berfikir untuk membuka sebuah toko online, namun belum bisa memutuskan produk apa yang tepat dan ingin dijual? Nah, berikut adalah beberapa tips  “Menentukan Produk untuk Toko Online” melalui Riset Offline dan Riset Online:

Riset Offline

Dalam Riset Offline, yang paling penting adalah produk harus bisa diterima oleh ekspedisi / jasa pengiriman. Artinya: liquid, pecah belah, senjata tajam, mesiu bukan merupakan pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa ketentuan Riset Offline lain yang harus anda ketahui:

1. Produk punya nilai ekonomi dari aspek lokasi.

Artinya, harga barang saat sampai di kota tujuan minimal harus sama dengan harga jika membeli secara offline pada pasar lokal. Terutama bagi konsumen di dalam kota, ongkos kirim yang akan dibebankan pada calon pembeli tidak boleh lebih besar dari biaya jika pembeli berkeliling mencari produk tersebut sendiri.

2. Produk punya nilai ekslusifitas Distribusi

Jangan menjual produk secara online jika produk tersebut sudah dijual di minimarket, atau gampang ditemukan.

3. Produk punya brand atau persepsi yang kuat di masyarakat

Jual produk yang sudah kenamaan / brand mereknya kuat memudahkan banyak hal, terutama kepercayaan calon pembeli terhadap kualitas barang.

4. Produk punya rentang antara harga eceran dan grosir

Anda akan lelah sendiri jika menjual produk yg margin keuntungannya kecil. Sebab usaha anda tidak sebanding dengan hasilnya.

5. Akses terhadap sumber produk yang mudah

Misalnya: produknya sudah bagus. Namun jika ternyata untuk mendapat produknya harus beli dulu ke daerah pedalaman, jauh dan sulit diakses, maka pertimbangkan kembali untuk menjualnya secara online.

6. Jaminan ketersediaan produk yang dijual dari supplier

Ketersediaan produk menjadi salah satu hal utama dalam bisnis toko online. Anda tentunya tidak ingin seal the deal dengan calon pembeli jika ternyata ketika produk tersebut akan dikirim, supplier menyatakan produk tersebut sudah kosong.

Riset Online

Produk yang akan anda jual pada bisnis Online anda, minimal harus memenuhi setidaknya 2 dari 6 riset Offline diatas. Setelah memastikan bahwa produk anda lolos dari ketentuan Riset Offline, berikutnya lakukan Riset Online terhadap produk anda. Prinsip utama dari Riset Online adalah apakah produk anda DICARI di INTERNET? Caranya:

1. Gunakan Google Keyword Tools untuk melihat tren pencarian di internet

Salah satu tools yg bisa anda gunakan untuk Riset Online adalah Google Keyword Tools. Cek disini 

2. Lakukan searching terhadap produk anda di google, ketahui berapa banyak hasil pencarian yang muncul

Jika hasilnya sedikit, maka artinya produk anda tidak lazim dijual di Internet. Terlalu unik rasanya juga kurang bagus. Namun hal ini tidak bisa hanya diputuskan melalui pencarian manual di Google saja. Cek juga tren keyword (melalui Keyword Tools pada langkah 1) untuk memastikan berapa banyak jumlah pencarian dengan keyword yang menggunakan produk anda. Siapa tahu anda hit the jackpot, artinya banyak yang mencari produk tersebut namun masih sedikit yang menjualnya.

3. Cari tahu apakah sudah ada yang menjual produk sejenis secara online, kemudian kunjungi & pelajari

Belajar dari produk saingan? Kenapa tidak. Atau ternyata jika anda belum memiliki saingan, pastikan produk anda sudah lolos dari metode-metode di atas. Kemudian optimislah terhadap produk anda, mulailah menjual. Jadi pioner rasanya merupakan peluang yang cukup bagus.

Demikian riset yang selalu saya lakukan saat memulai bisnis Online, semoga bermanfaat untuk bisnis anda. Bagi yang sudah menjalankan bisnis online, anda juga bisa meriset ulang produk yg anda jual melalui metode-metode di atas.  Jika jualan sulit, salah satunya mungkin karena produk anda tidak lolos dari hasil riset bisnis Online di atas. Selamat mencoba.

Artikel ini merupakan #kultwit yang disampaikan oleh Danton Prabawanto, melalui akun pribadinya @dantonp. Gabung juga di akun twitter @jagoanhosting untuk mengikuti #kultwit mengenai serba-serbi website :)

Mau bikin web toko online langsung jadi & profesional gunakan JagoanStore.com

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

4 komentar

  • 24 December 2011 - pukul 5:54

    wah ini sedang saya cari-cari, hmmm makasih bisa untuk bahan pertimbangan

  • 7 January 2012 - pukul 2:35

    Seeeeeeeeeepp,,, metode2 yang di posting bermanfaat lg untuk Saya pertimbangkan,,,, :)

  • 17 April 2012 - pukul 22:49

    bagus banget artikelnya. bermanfaat. tfs.

  • Vickeisuke
    25 January 2013 - pukul 10:11

    Makasih infonya.. Sangat bermanfaat

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *