Running A Business

Saatnya Masuk ke Era “Conversation” untuk Promosi Value Bisnis Anda

 

   

Apa sih promosi itu?

Jika bicara tentang promosi mungkin masyarakat saat ini lebih mengenalnya dengan sebutan branding. Sama dengan branding, promosi merupakan suatu aktivitas, dimana setiap pelaku atau pemilik bisnis memperkenalkan bisnis mereka kepada masyarakat luas. Dengan tujuan yang jelas, yaitu mencapai suatu keuntungan dalam kegiatan berjualan mereka. Promosi memang sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap pelaku bisnis untuk bisa membawa bisnis atau produk mereka dikenal dan diingat oleh masyarakat. Ada banyak cara promosi yang sudah akrab di telinga masyarakat, seperti promosi melalui surat kabar atau iklan baris, promosi melalui iklan di media televisi, promosi di media internet, hingga promosi yang sebenarnya sudah lama dilakukan dan masih memiliki peranan penting bagi sebuah bisnis, yaitu promosi dengan cara conversation atau pembicaraan.

Bagaimana promosi dengan cara “Conversation”?

Sebenarnya ini bukanlah hal baru untuk dunia bisnis mengenal istilah promosi dengan cara “Conversation”. Tapi saat ini masyarakat lebih mengenal promosi sebuah bisnis melalui media sosial ataupun teknologi terbaru yang selalu dikeluarkan. Tidak salah memang saat kita memilih untuk menggunakan dan memanfaatkan media dan teknologi untuk berpromosi, namun kembali pada hakikat manusia yang merupakan makhluk sosial. Mereka akan cenderung bergantung dan mendengarkan orang lain saat ingin melakukan suatu hal. Salah satu contohnya adalah saat mereka ingin membeli atau menggunakan suatu produk yang baru ia kenal, ia tidak selalu akan langsung menggunakannya, melainkan akan terlebih dahulu bertanya kepada teman, saudara atau orang lain yang ia kenal. Nah disinilah bentuk sebuah promosi “conversation” yang tanpa kita sadari akan membangun sebuah nilai di masyarakat.

Oleh sebab itu kita harus terlebih dahulu membangun sebuah nilai dibalik sebuah produk terbaik yang dihasilkan, nama bisnis yang menjanjikan atau bahkan hingga hal kecil seperti packaging produk yang harus menarik. Kita harus membangun sebuah value di kalangan masyarakat terkait produk kita. Lalu bagaimana masyarakat bisa tahu produk kita memiliki value? Ini menjadi PR bagi kita. Kita harus berfikir keras bagaimana mempromosikan value produk kita untuk pertama kali. Entah itu bisa dari sebuah promosi media, promosi melalui ucapan dan lain sebagainya. Dan saat kita mengenalkan value produk untuk pertama kalinya, usahakan untuk membuat pelanggan kita terkesan, hingga menimbulkan rasa ingin lagi dan kembali lagi. Setelah itu melalui mereka kita bisa mendapatkan pelanggan lainnya. Melalui cerita mereka, melalui pengalaman yang mereka share dan lain sebagainya.

Ajak pelanggan Anda untuk lebih banyak merasakan kedekatan dengan bisnis Anda. Beri mereka waktu untuk saling berbagi dengan calon pelanggan Anda lainnya. Jangan memaksakan mereka untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara instan. Jalin kedekatan melalui sebuah percakapan baik langsung, email, atau bahkan lewat telepon.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Cara Mengoptimalkan Toko Online Anda untuk Promosi Akhir Tahun

6 Tantangan Ketika Berpromosi di New Media

8 Tips Promosi Bisnis Anda di Sosial Media

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *