Interviews

Sarangsepatu.com: Ide Awal Pendiriannya dari sebuah Blackberry Bekas

 

Sarangsepatu.com  adalah sebuah toko online yang menjual sepatu Adidas dan sepatu anak berlisensi resmi seperti Disney Princess, Spiderman, Disney Cars, dan Ben 10. Di sebuah kesempatan, sang owner, Emilia Kuwera membagikan cerita pengalamannya mendirikan sarangsepatu.com dan sejumlah kiat-kiat dalam mengelola toko online.

Selamat siang bu Emilia, kami dengar Sarangsepatu sangat cepat dan praktis dalam berbisnis, bisa share latar belakang pendirian Sarangsepatu?

Sarangsepatu.com berawal dari sebuah Blackberry bekas. Waktu itu saya punya Blackberry baru sehingga ada unit Blackberry lama yang nganggur. Setelah saya bicarakan dengan suami, muncullah ide untuk memanfaatkan Blackberry tersebut untuk jualan online.  Blackberry ini kemudian kami siapkan untuk layanan customer service. Awalnya kami kesulitan dari segi proses design, programming dan maintenance sebuah toko online. Syukurlah setelah melakukan research di internet, kami menemukan JagoanStore.com yang di dalamnya telah tersedia template e-commerce yang sudah siap pakai. Dalam waktu tidak sampai 20 hari, kami sudah mulai jualan di www.sarangsepatu.com.

Apa suka duka yang anda rasakan, terutama setelah menjalani aktivitas sebagai enterpreneur yang bisa dibilang ‘mendadak’?

Yang paling terasa adalah dari segi waktu. Dalam bisnis online, secara teknis toko buka 24 jam. Pelanggan bisa dari mana saja dan kapan saja. Artinya, kami harus pintar-pintar mengatur waktu kami, kapan kami handle pelanggan, kapan pelanggan harus menunggu, dan kapan kami harus mengupdate website, dan seterusnya. Beruntunglah dengan adanya website sebagai frontline penjualan kami, pekerjaan menawarkan produk ke pelanggan sudah dilakukan oleh website.

Produk apa yang anda tawarkan di Sarangsepatu?

Kami sekarang masih fokus di penjualan sepatu, khususnya sepatu merek Adidas dan sepatu berlisensi resmi dari Disney, Spiderman, Cars, Ben 10, dan lain-lain. Semua produk yang kami jual berlisensi resmi dan bukan produk bajakan. Rencananya kami ingin kembangkan juga ke arah produk-produk yang lain.

Apa tantangan yang anda hadapi?

Sepatu adalah salah satu kategori yang agak sulit untuk dijual online. Variabelnya banyak. Selain masalah kenyamanan juga masih ada faktor ukuran, sehingga dalam prosesnya kami harus selalu mendidik pelanggan kami mengenai cara memilih ukuran sepatu yang sesuai. Beruntung merek-merek yang kami jual adalah merek yang sudah sangat establish seperti Adidas dan Disney. Secara kualitas sangat bagus dan pelanggan menyukai produk kami.

Apa kekuatan toko online Anda dibandingkan toko online sejenis?

Kekuatan kami terletak pada harga yang sangat reasonable. Karena jalur produk kami langsung dari Distributor pertama dan kami tidak ambil margin yang tinggi. Anda boleh melakukan perbandingan harga dengan toko-toko lainnya, akan terlihat kalau harga item kami miring, jarang menemukan orang lain yang menjual lebih murah dari kami. Pricing kami sangat transparan, produk yang kami jual rata-rata dijual dengan harga paling murah di pasar. Hal ini kami capai dengan memangkas biaya yang tidak perlu, dan hasil dari penghematan tersebut tidak kami ambil sebagai keuntungan kami, tapi kami berikan kembali kepada pelanggan dengan menjual lebih murah.

Dengan harga yang murah, masalah apa yang seringkali anda hadapi?

Saking murahnya item yang kami jual, kadang ada pelanggan yang mengira produk yang kami jual adalah produk palsu. Tetapi setelah belanja sekali dan konfirm itu barang original, mereka melakukan repeat order.

Secara garis besar, Bagaimana anda menilai lingkup jual beli online sekarang. Tantangan apa yang anda temukan?

Menurut saya tantangan buat kami sekarang ada 2. Yang pertama adalah banyaknya beredar produk-produk palsu di pasar dan yang kedua adalah penipuan di internet yang membohongi uang pelanggan, sehingga banyak pelanggan yang takut untuk melakukan transaksi lewat internet, yang jadi korban bukan hanya pelanggan yang tertipu, tetapi juga pemilik toko online benaran yang harus bekerja extra keras untuk meningkatkan kepercayaan.

Jadi, bagaimana anda menghadapinya?

Sarangsepatu.com selain berusaha memberikan layanan dan produk dengan kualitas dan harga terbaik, kami selalu mendidik pelanggan dengan informasi dan cara untuk membedakan produk asli dengan produk palsu. Sudah ada beberapa artikel yang kami publish di website kami mengenai cara membedakan sepatu Adidas asli dengan Adidas palsu. Kami juga akan memberikan tips-tips untuk cara memilih toko online yang lebih bisa dipercaya, dengan harapan semoga kepercayaan pelanggan bisa pulih dan pasar internet di Indonesia berkembang lebih pesat lagi.

Apa tips terbaik yang dapat anda berikan untuk memulai bisnis online bagi enterpreneur lainnya?

Ini tips untuk pemula yang ingin terjun ke bisnis online: Don’t re-invent the wheel. Dalam dunia bisnis online, perubahan terjadi kapan saja. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga untuk mendesign/menciptakan model e-commerce yang baru. Apa yang kita ciptakan itu belum tentu jalan. Jadi, manfaatkan best practice ataupun template yang sudah ada, kalau ada fitur dari template yang available tidak sesuai dengan proses kita, usahakan proses kita yang diubah mengikuti template, bukan sebaliknya. Nanti kalau sudah mulai jalan dan dirasa benar-benar perlu, baru menginvestasikan sedikit dana untuk melakukan adjustment hanya di area yang critical saja. Yang penting cepat jalan dan make money sebelum peta market berubah.

Terimakasih Bu Emilia telah membagi cerita Anda di Mebiso. Semoga sukses selalu untuk Sarangsepatu :-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *