Running A Business

Siapkan Toko Online Anda untuk Menyambut Tahun 2013

 

   

upgrade

Kini, masyarakat sudah terlatih untuk melakukan transaksi online. Maka jangan kaget jika di tahun 2013 ini, model bisnis toko online akan semakin ngetren. Jika anda salah satu pemilik toko online, maka anda harus mulai menyiapkan toko online anda agar berdaya saing tinggi. Apa saja? Berikut kami berikan checklist 10 di antaranya. Semoga bermanfaat;

1. Membuat jadwal rutinitas update produk

Hanya karena website anda sudah tayang, bukan berarti pekerjaan anda telah selesai. Anda harus mulai merencanakan sebuah jadwal berisi kapan anda harus melakukan update produk. Kelak dengan menepati jadwal ini, anda punya kemungkinan untuk meningkatkan peringkat website di mata mesin pencari, sekaligus menjangkau pelanggan baru yang potensial.

Artikel terkait: 50 Ide Menulis Konten Blog Bisnis

2. Maksimalkan SEO

Jika menurut anda toko online merupakan bisnis yang serius, maka perdalam lagi ilmu SEO anda. Koreksi upaya-upaya apa saja yang sudah anda lakukan selama tahun 2012 untuk menempatkan website anda di posisi tertinggi di mesin pencari. Jika menurut anda upaya tersebut efektif, maka tingkatkan 200%. Jika tidak, maka tinggalkan.

Artikel terkait: Tips SEO On Page untuk Meningkatkan Page Rank Website

3. Guest posting

Kaitannya dengan SEO, anda bisa mulai mengunjungi website-website lain yang berkaitan dengan website anda. Kemudian secara aktif memberikan tanggapan dan meninggalkan backlink. Atau menjadi kontributor tetap dari website tersebut jika perlu. Dengan demikian, pengunjung website tersebut secara langsung / tidak, bisa saja tertarik mengunjungi backlink yang anda tinggalkan.

Artikel terkait: Sekilas Kisah Inspirasi dari HaiLadies.com

4. Terlihat profesional

Ketika mencari sebuah rumah makan, anda mungkin tidak akan memilih tempat yang tampak asal – asalan. Anda tentu akan memilih rumah makan yang bersih dan tertata rapi, agar sajian yang dihidangkan bisa dinikmati dengan nyaman. Hal ini berlaku juga bagi toko online. Beberapa pengunjung kadang mempertimbangkan tampilan website sebagai salah satu faktor untuk memutuskan apakah dia jadi membeli produk anda atau tidak. Jadi, checklist yang harus anda kerjakan berikutnya adalah menjadikan website anda nampak lebih profesional.

Artikel terkait: Meningkatkan Nilai Jual Online melalui Aspek Gambar

5. Membangun kepercayaan

Anda bisa saja menarik customer. Namun tanpa kepercayaan / trust, transaksi tidak akan terjalin. Upaya membangun trust sendiri dilakukan sejak calon pembeli mendarat di website anda dan terus berlanjut hingga barang dipakai pembeli anda.

Artikel terkait: Siklus Jualan Online sama dengan Pacaran

6. Meneliti  kompetisi

Anda juga perlu mengecek pesaing Anda. Apa saja yang dilakukannya, strategi apa yang mereka jalankan, dan sejauh mana mereka bisa berkembang dari sana. Bisa saja anda akan menemukan strategi yang bisa diterapkan di bisnis anda.

Artikel terkait: 6 Hal yang Diajarkan Spongebob tentang Bisnis

7. Testimoni pelanggan

Sedikit banyak, testimoni yang anda tampilkan di website bisa membantu meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah bisnis. Belum lagi bila testimoni tersebut dikemas dengan apik. Pelanggan yang merasa bangga akan terbangun sedikit loyalitas baginya terhadap bisnis anda.

Artikel terkait: Komponen Penting Sebuah Toko Online

8. Strategi sosial media

Pemilik website kini paham betul pentingnya sosial media. Selama tahun 2012, kita bisa temukan banyak praktek promosi website melalui Facebook, Twitter dan Google+. Di tahun 2013, tren ini akan berevolusi. Pemilik website akan menggunakan sosial media bukan hanya untuk menjaring trafik kunjungan, tetapi juga menjalin komunikasi dengan pengunjung. Maka anda juga harus menyiapkan diri. Anda bisa mulai dengan meningkatkan integrasi website anda terhadap sosial media, baik dalam Facebook Comment, Twitter stream, G+ Share, dlsb.

Artikel terkait: Tips Online Marketing dengan Budget Minimal

9. Versi mobile

Sebut saja iPhone 4S, Galaxy SIII, Jelly Bean, Windows 8. Peperangan inovasi gadget akan memunculkan resolusi-resolusi layar yang berbeda. Masyarakat akan terus larut di dalam euforia-nya. Maka membuat website anda lebih responsif, yaitu bisa beradaptasi pada sebanyak mungkin resolusi yang ada, akan terus menjadi sebuah pekerjaan rumah yang menuntut untuk segera diselesaikan meskipun ironisnya, tidak akan pernah selesai.

Artikel terkait: 7 Persiapan Membangun Website Toko Online

10. Posting  konten segar

Anda bisa mulai tahun 2013 dengan posting konten yang segar. Seperti yang saat ini tengah kami lakukan melalui tulisan ini ;-)

Artikel terkait: 15 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *