Interviews

Simple dan Santun, Konsep Geraimae sebagai Toko Online Busana Muslim

 

Berbisnis pakaian muslim menjadi pilihan bagi Hafiz Khairul Rijal(35). Pria yang sebelumnya pernah bekerja di suatu lembaga perdamaian dunia ini, memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerjanya, karena ia ingin bebas dalam mengatur waktu dan financial yang ia miliki. Bersama dengan Geraimae, ia sukses menjadi seorang pebisnis online di Indonesia. Sempat mendapatkan penghargaan sebagai Wirausaha Muda Mandiri pada Tahun 2008, menjadi pembuktian Sarjana Teknik ini jika ia bisa telah berhasil mengemban syiar dalam Agama melalui jalur perdagangan. Pria yang mengidolakan kisah dari “Peter Say Denim” ini kini ingin lebih fokus dalam mengembangkan toko onlinenya. Ingin tahu kisah lebih lanjut? Ini dia:

Halo Bapak Hafiz, bisa dijelaskan terlebih dahulu pak apa itu Geraimae?

Iya, Geraimae merupakan sebuah toko online yang bergerak di bisnis busana muslim. Berawal dari keinginan saya untuk menciptakan baju koko yang berbeda dari yang sudah pernah ada dan dikenal di pasaran, akhirnya saya mendirikan bisnis ini. Produk yang ditawarkan di Geraimae sendiri tidak terbatas hanya pada baju koko untuk laki – laki, tetapi juga ada gamis untuk kaum wanita, jilbab dan lain sebagainya. Kami mencoba mengikuti trend yang ada saat ini, tanpa mengurangi ciri khas dari Geraimae itu sendiri.

Bagaimana Anda memasarkan produk yang Anda jual ini?

Kami memasarkan semua produk di Geraimae dengan 2 sistem, yaitu melalui toko offline dan di toko online yaitu Geraimae.com. Untuk cara pemasaran offlinepun, Geraimae telah membuka toko fisiknya. Kami juga menyediakan system reseller dan kami juga sudah menjadi distributor untuk brand Geraimae sendiri. Untuk lebih mendekatkan bisnis ini dengan masyarakat, kami sering mengikuti suatu event, seperti bazar ataupun pameran.

Sedangkan untuk cara pemasaran online, kami menggunakan media website toko online kami, BBM, Facebook, Twitter dan Instagram.

Bagaimana upaya Anda dalam menyeimbangkan harga dengan kualitas produk?

Harga yang kami tawarkan mengikuti apa yang kami hasilkan. Karena kami memberikan dan menyediakan barang dengan desain produk yang selalu update dan dengan menggunakan bahan yang tentu saja nyaman saat digunakan.

Lalu apa yang membuat produk Anda berbeda dengan produk lain di toko online yang konsepnya sama dengan Geraimae?

Kami selalu berupaya untuk terus menciptakan produk dengan desain yang selalu update, simple dan juga santun. Ini kami lakukan, agar pelanggan nyaman menggunakannya di berbagai kesempatan. Produk kami sangat nyaman dan cocok digunakan ke kantor, acara seperti resepsi pernikahan, acara formal dan non formal lainnya.

Pengalaman paling berkesan seperti apa yang pernah dirasakan bersama pelanggan?

Saya senang ketika mendapatkan respon atau testimonial pelanggan yang merasa puas dengan produk dan layanan yang didapatkannya. Itu merupakan sebuah pengalaman yang menyemangati diri saya sendiri untuk bisa terus maju dengan Geraimae ini.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Saat melihat ruang lingkup market yang ada saat ini menurut saya memang perlu untuk lebih diperluas lagi. Karena perkembangan zaman akan membawa perkembangan pada market yang sudah ada. Bagi saya, untuk bisa tetap bertahan dan berkembang di market yang ada yaitu dengan fokus lebih banyak pada dunia online. Karena perkembangan dunia digital atau online dan mobile internet akan semakin cepat dari waktu ke waktu.

Apa rencana kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Saya ingin lebih fokus pada bisnis online, ya jika boleh diberi persentase sekitar 70% saya ingin fokus mengembangkan di online, dan 30% nya di offline.

Lalu terakhir nih Pak, saran terbaik apa yang ingin Bapak sampaikan kepada para enterpreneur di luar sana?

Tetap fokus pada apa yang sedang kita kerjakan sekarang, nikmati saja prosesnya, besarkan impian Anda dan berdoalah. InsyaAllah jika kita serius, akan mudah terwujud.

Wah, terimakasih Pak untuk waktunya berbagi cerita bersama kami. Semoga Geraimae semakin dan selalu sukses :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *