Interviews

Soundshusky Buktikan Pakaian Formal Cocok untuk Segala Usia

 

   

Selama ini kita tahu bahwa pakaian formal akan lebih cocok jika digunakan oleh mereka yang sudah “berumur”. Bukan tanpa alasan, karena memang anak muda identik dengan pakaian yang santai dan apa adanya. Tapi untuk pakaian formal akan membuat kita terlihat lebih tua dari usia yang sesungguhnya. Tapi sebenarnya tidak begitu. Toko online yang menjual produk fashion khusus pria memang sudah marak dipasaran. Awalnya memang produk pria tidak seramai produk fashion wanita, tapi kini semuanya hampir memiliki porsi yang sama. Menggunakan berbagai media, toko online ini sukses menggaet pasar anak muda. Yaitu Soundshusky, sebuah toko online yang aktif menggunakan instagram untuk menjual produk fashion pria mereka. Tapi seperti apa kisah Andrie Wurdianto(20) sebagai pemiliknya? Ini dia cuplikannya:

soundshusky

Di tengah kesibukan menjadi seorang mahasiswa ITS Surabaya, apa yang membuat Anda memilih untuk menjadi entrepreneur online?

Sebenarnya sejak SMA saya sudah bercita-cita saya ingin menjadi seorang entrepreneur. Namun saya justru masuk di jurusan Teknik Kelautan yang notabene tidak ada hubungannya sama sekali dengan entrepreneur, itu membuat cita-cita saya terhambat. Tapi ternyata saya dan dua orang teman saya dari SMA mempunyai visi yang sama dan juga terbentur oleh permasalahan yang sama. Atas dasar itulah lalu akhirnya kami membuat sebuah usaha clothing line.

Bagi kami menjadi entrepreneur disaat kuliah itu butuh sebuah pengorbanan besar yaitu waktu belajar kami yang harus terbagi dengan kegiatan usaha kami ini. Karena memang tidak ada diantara kami yang satu bidang dengan usaha yang kami geluti maka tentu saja itu menyulitkan bagi kami dalam membagi waktu.

Lalu Soundshusky ini sendiri apa artinya? Dan bisnis ini seperti apa sih gambaran luasnya?

Nama dari usaha kami adalah SOUNDSHUSKY. Maknanya sendiri yaitu suara serak-serak basah khas seorang pria yang maskulin, dimana kami ingin menunjukan bahwa usaha kami ini berfokus dibidang pakaian pria. Produk yang kami tawarkan berupa pakaian formal dan semi formal khusus pria. Kami memilih fokus kepada segmen ini karena kami pikir masih sangat sedikit produk di Indonesia yang menawarkan konsep produk seperti yang kami tawarkan. Sasarannya sendiri yaitu kalangan menengah keatas, dengan kisaran umur 25-40 tahun.

Sebelum menjadi Soundshusky yang sekarang, kami sempat membuat brand casual layaknya pakaian distro pada umumnya. Namun karena kami merasa tidak sanggup bersaing baik dari segi finansial, produksi ataupun promosi maka kami mengganti identitas diri kami menjadi lebih fokus membawakan genre pakaian pria formal dan semi formal, yang memang masih jarang ada di Indonesia.

Apa alasan menggunakan media sosial, seberapa besar pasar yang Anda miliki sekarang?

Media sosial kami pilih karena memang modal awal kami yang sedikit sehingga kami masih memanfaatkan media sosial yang notabene gratis sebagai tempat jualan kami. Selain melalui media sosial kami juga cukup rajin mengikuti event-event yang ada di Surabaya, tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan produk kami di kota kita sendiri. Tidak jarang kita juga mendapatkan pesanan dari luar kota seperti Jakarta,Bandung,Jogja,dan Bali.

Dan seperti yang saya katakan sebelumnya, saat ini pakaian formal terkesan hanya digunakan oleh orang-orang yang sudah berumur. Belum ada edukasi ke kalangan muda bahwa pakaian formal juga cocok untuk mereka pakai. Banyak brand-brand yang baik desain maupun potongan bentuk tubuh mereka masih terkesan jadul dan kurang cocok dikenakan anak muda masa kini. Untuk itulah produk kami hadir, kami ingin memberi edukasi kepada kaum muda bahwa pakaian formal itu juga layak mereka pakai dan wajib mereka miliki.

Di tengah persaingan, apakah Anda yakin bisnis ini memiliki harga dan kualitas yang cukup bersaing dengan pemilik toko online di luar sana?

Harga selalu sebanding dengan kualitas barang yang ditawarkan. Bisa dibilang kami tidak mematok keuntungan yang besar, karena kami masih ingin memperkenalkan produk kami dulu seluas mungkin, sehingga kami berusaha meminimalisir harga agar tidak terlalu tinggi tetapi dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand-brand ternama baik dalam maupun luar negeri.

Produk kami yang paling populer adalah Jas dengan bahan corduroy dan juga jaket dengan bahan beludru.

Soundshusky punya kelebihan apa sih hingga membuat Anda percaya diri memasarkan produk ini secara online?

Kelebihan produk kami adalah keunikan bahan yang kita gunakan dan desain yang memang terkesan lebih kekinian. Kalau sebuah pakaian formal pria identik dengan pakaian yang hanya dikenakan oleh orang-orang yang memiliki umur tidak muda lagi, disini kami ingin menunjukkan bahwa jika pakaian formal itu juga sangat cocok dipakai oleh kalangan anak muda, tentu saja dengan beberapa modifikasi seperti desain,bentuk potongan,dan juga bahan. Dengan demikian kami yakin bahwa kami berbeda dari yang lain dan mempunyai ciri khas tersendiri dibanding bran-brand lain yang sudah ada.

Selama menjalankan Soundshusky ini, prestasi dan pengalaman apa yang paling membanggakan bagi Anda?

Jika dilihat dari usia kami dan kesibukan kami dalam perkuliahan masing-masing, saya rasa prestasi terbaik kami adalah diterimanya produk kami di masyarakat. Kami merasa bersyukur sekali karena produk kami bisa diterima dimasyarakat dan bisa menjadi rujukan orang-orang dalam mencari produk pakaian pria formal dan semi formal. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami jika melihat orang lain dengan bangga mengenakan produk kami.

Kalau pengalaman paling berkesan adalah ketika kami mengikuti event pertama kali di Surabaya yang diselenggarakan di Surabaya Town Square. Kami tidak menyangka jika produk kami bisa dengan mudah diterima dan mendapatkan pembelian yang diluar perkiraan kami awal. Pengalaman berkesan lainnya adalah bisa berkenalan dengan orang-orang baru, baik itu customer kita sendiri ataupun partner-partner kami dalam berbisnis.

Nah, berbisnis di usia muda apa sih tantangan yang harus Anda hadapi, selain menyisihkan waktu belajar untuk berbisnis?

Cukup banyak kendala dan tantangan yang kami alami. Seperti pengaturan jadwal kami sendiri yang memang sangat susah karena kami berasal dari kampus dan jurusan yang berbeda. Selain itu kami juga tidak bisa 100% memfokuskan pikiran dan tenaga kami disini karena memang kami yang masih berada dibangku perkuliahan. Selain masalah management waktu diatas kami juga memiliki modal yang sedikit untuk mengembangkan bisnis ini. Oleh karena itu kami selalu menabung hasil keuntungan kami dan setelah itu kami gunakan untuk pengembangan bisnis ini.

Kemudian cukup susahnya mendapatkan jenis kain yang kami inginkan juga menjadi kendala tersendiri buat kami, karena memang variasi jenis kain yang ada di Surabaya kurang lengkap jika dibandingkan dengan Bandung dan Jakarta.

Waktu pengerjaan jas yang memang jauh lebih lama dibanding pengerjaan pakaian lain juga menjadi penghambat kami untuk memproduksi dengan skala yang lebih banyak. Semua tantangan dan kendaa diatas kami atasi dengan rajin berkomunikasi satu sama lain dan terus mencari refrensi dan inovasi agar dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan kendala-kendala tersebut.

Punya bisnis online di tahun yang sangat berkembang ini, apa rencana Anda kedepannya supaya bisnis ini bisa tetap diterima masyarakat?

Untuk rencana terdekat kami akan launching website resmi kita di akhir juni ini. Untuk rencana jangka panjangnya kami ingin membuat Soundshusky lebih dikenal lagi di Indonesia. Kami ingin mempunyai workshop yang lebih besar serta showroom yang layak dan berada di kota-kota besar di Indonesia. Kami ingin Soundshusky nantinya benar-benar menjadi rujukan masyarakat di Indonesia dalam mencari pakaian pria.

Wah, banyak sekali yang kita dapatkan dari interview singkat Mebiso dengan pemilik Soundshusky ini ya? Kira – kira apa nih yang ingin kamu lakukan setelah ini setelah membaca kisah yang memotivasi jika anak muda ini? :D


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *