Start A Business

StartUp Gulung Tikar Kurang Dari 1th? Ini Penangkalnya!

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 4
    Shares

   

Startup dapat diibaratkan seorang bayi yang baru lahir, tentu saja seorang bayi selalu membutuhkan bantuan dan belum banyak mengetahui dunia luar. Untuk itu sangat diperlukan mentor terbaik agar membuat startup Anda terus tumbuh dan menghindari kesalahan. Tapi ada pula startup yang dapat terus tumbuh dan berkembang tanpa adanya mentor.

Berikut adalah hal-hal yang mereka hindari agar mampu bertahan :

1. Optimalisasi SDM yang dimiliki

Untuk suatu pekerjaan tertentu memang kita membutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Namun Anda juga harus realistis bahwa startup Anda saat ini belum menghasilkan banyak pemasukan yang dapat memberikan gaji yang besar bagi tim ahli tersebut.

Jika pekerjaan tertentu tersebut masih dapat dikerjakan oleh orang-orang yang ada, kenapa harus merekrut orang baru dan menghabiskan banyak uang?

“Yang terpenting bagi sebuah startup bukanlah teknologi yang diusung tetapi fungsi dan cara kerja produk itu sendiri.”

2. Otomatiskan pekerjaan yang dapat digantikan sistem

Sederhanakan pekerjaan pegawai Anda. Berikan salah satu pegawai tugas, untuk membuat sistem yang akan mampu menghemat dan mempercepat pekerjaan manual.

Sistem akan sangat membantu Anda untuk mengurangi biaya kinerja pegawai. Dan tentunya pegawai Anda akan tetap produktif selama jam kerja dengan adanya pekerjaan lain yang tidak dapat dihandle oleh sistem.

3. Pilihlah sistem pemasaran yang efektif

Seringkali startup menghabiskan banyak uang untuk membuat iklan produk, padahal masih ada cara lain selain iklan yang berbayar.

Coba buatlah campaign yang viral, campaign dapat berupa video atau petisi mengenai suatu hal yang sedang hits saat ini. Setiap membuat campaign selalu buatlah agar campaign tersebut menjadi viral.

Mengapa harus menjadi viral? Karena saat campaign tersebut viral, maka Anda akan mendapatkan banyak sorotan dari media, dan inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan pemasaran dan panen penghasilan.

4. Hadiri Acara Start-up

Menghadiri acara start-up adalah salah satu cara untuk memperlebar koneksi, oleh maka dari itu jangan pernah sia-siakan waktu Anda berkumpul dengan orang yang Anda kenal, cobalah untuk berbicang dengan orang-orang baru pula.

Ingatlah “semakin besar koneksi yang Anda miliki maka akan semakin besar untuk mendapat rekomendasi wartawan media dari sesama founder startup.”

Kuncinya adalah : be resourceful. Mandiri dan tekun mencari solusi. Mandiri dan tekun menemukan ruang improvement.

DEMIKIANLAH 4 poin pembelajaran berharga yang mungkin bisa dipetik agar startup yang dijalankan tidak gulung tikar seketika.

Kalau saja Anda bisa menerapkan empat poin  itu secara tekun, maka Anda juga akan bisa meraih sukses yang cetar membahana.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *