Running A Business

Sudah Tahu Apa Tolak Ukur Sebuah Bisnis Sudah Siap Go Online? Ini Dia Jawabannya

 

   

Banyak bisnis offline yang kini saling berebut masuk ke dunia online. Bukan tanpa alasan, karena setiap bisnis ingin lebih dikenal baik secara offline ataupun online. Bisnis Online dipilih karena memiliki jangkauan yang sangat luas untuk promosi bahkan mendapatkan pelanggan. Untuk itu, hampir setiap bisnis offline kini mulai berani menjajaki dan melengkapi bisnis mereka dengan media online yang sudah banyak tersedia.

Tapi sebenarnya apa yang menjadi tolak ukur dari sebuah bisnis offline siap untuk masuk ke dunia online? Bagi sebagian pebisnis, menurut mereka inilah yang menjadi tolak ukur sebuah bisnis siap untk Go Online.

1. Lakukan hal sesederhana apapun untuk menjadikan bisnis kamu Go Online

Kamu yang memang berniat membuat bisnis offlinemu jadi Go Online, lakukan itu dari sekarang. Kamu punya banyak kesempatan untuk masuk ke rana online. Lakukan hal sederhana yang mudah untuk kamu lakukan di awal usaha kamu. Seperti membuat blog, website sampai dengan masuk ke berbagai portal jual beli online. Ambil saja foto produk kamu, upload, beri deskripsi dan promosikannya. Promosi juga tidak terbatas di dunia online saja, kamu juga bisa mempromosikan bisnis onlinemu melalui media offline. Seperti brosur, berbagi merchandise dan lain sebagainya.

2. Gunakan media sosial apapun untuk membranding bisnis kamu

Nah, saat kamu mulai masuk ke dunia online. Kamu punya media promosi yang sangat banyak dan beragam. Mulai dari website, blog, marketplace sampai media sosial. Jenis dari media sosial juga sangat beragam. Mudah juga untuk kita gunakan, mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain sebagainya. Dengan media sosial ini, kita punya kesempatan untuk membranding bisnis online kita. Share saja postingan website atau blog kamu sebanyak mungkin. Biarkan orang – orang tahu dan mengenal bisnis online kamu. Media sosial juga membantu kamu menjaring banyak pelanggan dan relasi dalam bisnis. Kamu mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan bisnis kamu.

3. Pilih produk yang berbeda dengan pesaing offline kita

Berbisnis online memang memiliki konsep yang cukup berbeda dari bisnis offline yang kamu jalani sebelumnya. Kamu perlu tahu strategi apa yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online kamu. Misalnya saja kamu menjual produk yang sedikit lebih berbeda dan unik dari pesaing bisnis offline dan online kamu. Bisnis online yang punya barang sedikit berbeda dari pesaing mereka, akan mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan.

4. Tunjukkan kualitas dan keunikan dari bisnis kamu yang akan Go Online

Kualitas dan keunikan bisnis online kamu juga harus dijaga. Karena pelanggan kamu kini akan semakin banyak dan mereka yang jauh dari kamu hanya bisa melihat produk dari foto produk yang kamu upload. Itu tentu akan membuat mereka mudah curiga dan takut untuk membeli. Saat kamu mengembangkan bisnis di dunia online, perhatikan keunikan produk kamu dan terus jaga kualitas produk kamu. Kualitaslah yang membuat orang senang dan mau kembali lagi. Jangan remehkan dan sekalipun menipu pelanggan, karena itu akan membuat mereka sulit percaya kembali.

5. Jangan pernah lupa untuk meriset pelanggan dan pasar bisnis online kamu

arena bisnis kamu semakin luas, maka kamu perlu mengetahui siapa target pasar kamu. Kamu harus melakukan riset pasar, dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan pelanggan potensial kamu. Lakukan juga riset terhadap produk yang ingin kamu jual. Janga hanya menjual yang diinginkan pelanggan, tapi cari produk yang bisa menjadi solusi bagi masalah pelanggan. Siapapun bisa jadi pelanggan kamu, terlebih saat pelanggan kamu sudah sangat banyak.

Nah, Bagaimana sekarang dengan bisnis offline kamu? Sudah siapkah untuk Go Online? Jangan ragu ya, Mereka saja bisa lo dengan kesulitan yang mereka jadikan sebuah tantangan :D Kini Giliran kamu ya :)

Baca juga:

13 Poin Plus yang Penting untuk Toko Online Kamu

Dapatkan Ide Peluang Bisnis dari Survey Bisnis Online Ini!

Mereka Memilih Resign Lalu Berbisnis Online

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *