Running A Business

Sudah Tahu Bagaimana Menggunakan Statistik untuk Menginterpretasikan Hasil Survei?

 

   

Tanpa statistik, survei hanyalah kumpulan data atau koleksi dari jawaban suatu pertanyaan. Hasil survei dapat di interpretasikan dalam bentuk tabel, chart atau grafik. Dengan menghitung statistik seperti rata-rata, nilai tengah, nilai yg sering muncul dan standar deviasi maka data dapat di interpretasikan dengan cepat dan penuh makna.

Pertama- dengan menyiapkan data survei dalam bentuk data kuantitatif lalu di konversikan ke dalam tabel statistik. Misalnya dalam jawaban sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju, data tersebut dapat di konversikan ke dalam angka 4 untuk sangat setuju, 3 untuk setuju, 2 untuk tidak setuju, 1 untuk sangat tidak setuju dan 0 untuk yang netral.

Cara yang mudah untuk menampilkan hasil survei adalah dengan mengkonvcentral tendensikan ke dalam tabel distribusi frekuensi. Baris berisi pertanyaan survei dan kolom berisi persentase responden yang mengindikasikan setuju atau tidak setuju tadi.

Pendekatan terakhir adalah mengukur nilai tengah data. Misalnya, terdapat 50 orang yang menjawab survei, dan 33 responden “setuju” dengan suatu pertanyaan maka nilai untuk pertanyaan itu adalah 3 dimana memberitahukan kita bahwa sebagian lebih dari responden setuju dengan pertanyaan itu.

Baca juga:

10 Tindakan Nyata untuk Bisa Lebih Memahami Pelanggan

Pentingnya Melakukan Survey Bagi Perusahaan dan Pelanggan

6 Cara Meningkatkan Feedback Pelanggan bagi Perusahaan


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *