Running A Business

Sukses Bisnis Kuliner Bukan Hanya Tentang Resep Masakan

 
  • 29
    Shares

   

Tahun ini adalah tahun dimana hampir semua yang ada di lingkungan sekitar kita bisa menjadi peluang bisnis dan juga ladang penghasilan bagi masyarakat. Mulai dari berbisnis online, membuka toko, menjalankan franchise sampai dengan mengelola bisnis kuliner.

Selain sebagai makanan pokok manusia, bisnis kuliner dipilih sebagai salah satu yang paling diminati karena variasi masakan yang muncul saat ini sudah sangat banyak. Pilihan yang diberikan juga membuat kita harus pandai-pandai membuat dan mengelola bisnis kuliner tersebut. Bukan tidak mungkin kedepannya persaingan akan semakin padat, ini dibuktikan dari banyaknya cafe, restaurant bahkan warung yang tidak lagi se ‘jadul’ dulu.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang berencana membangun atau merintis bisnis kuliner, ada baiknya Anda memiliki rencana yang matang. Karena kesuksesan bisnis kuliner tidak hanya berasal dari lezatnya masakan yang disajikan tapi juga dari banyak faktor. Pun di bawah ini kami coba bagikan beberapa resep yang cocok bagi Anda untuk membangun bisnis kuliner.

1. Catatlah setiap stok barang dan bahan yang kamu gunakan

Jika Anda pikir mencatat resep jauh lebih penting dari segalanya, cobalah lakukan koreksi. Karena yang terpenting dari kelangsungan hidup bisnis kuliner kita adalah dengan melakukan pencatatan terhadap setiap stok barang dan barang yang selalu dibutuhkan dan digunakan bisnis kuliner Anda.

Jika memungkinkan jangan hanya mengandalkan supervisor atau staff saja dalam melakukan pencatatan kebutuhan ini. Anda bisa melakukannya sendiri, dan bahkan Anda akan jauh lebih tahu apa yang paling dibutuhkan. Yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan pencatatan terhadap pembelanjaan baik keluar maupun yang masuk. Hal ini untuk mencegah terjadinya kekeliruan data yang akan berdampak buruk pada kerugian finansial. Jangan ragu bahkan ketika Anda harus turun tangan untuk membeli bahan baku dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

2. Quality control untuk setiap sistem

Apabila Anda memiliki lebih dari 1 cabang bisnis kuliner seperti cafe atau restaurant, Anda perlu melakukan quality control terhadap setiap outlet yang Anda miliki. Control seperti ini perlu dilakukan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik tanpa mengalami kendala besar. Melakukan control bisa dijalankan rutin seminggu sekali atau beberapa hari sekali. Tetap saja pencatatan untuk setiap barang dan bahan yang dibutuhkan harus dilakukan. Bahkan bisa jadi lakukan quality control terhadap kinerja setiap karyawan Anda.

3. Konsistensi rasa

Banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis kuliner adalah cabang bisnis yang tidak ada matinya. Bahkan saat ekonomi sedang krisis seperti saat ini, saat nilai rupiah terus saja jatuh, bisnis kuliner akan terus berkembang. Perkembangan ini membuat semakin banyaknya persaingan yang muncul di sekitar kita.

Hingga salah satu yang harus selalu dilakukan adalah menjaga konsistensi setiap rasa di dalam menu yang kita tawarkan. Konsep yang dimiliki boleh saja terus berkembang bahkan berubah. Namun untuk rasa Anda harus memiliki ciri khas atau cita rasa yang berbeda dari yang lainnya. Karena rasa setiap masakan bisa menjadi selera bagi penikmatnya.

4. Bangunlah brand dengan baik

Tidak ada bisnis yang bertahan saat brand atau nama mereka tidak banyak dikenal oleh masyarakat. Branding tentu bukanlah hal yang mudah apalagi saat kita membangunnya dari NOL. Untuk bisnis online dan bisnis kuliner, membranding bisnis tentu memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari produk yang tidak bisa dilihat langsung saat menjualnya secara online. Dan masakan yang tidak bisa dicicipi saat menjalankan bisnis kuliner.

Jika ingin melakukan branding terhadap bisnis kuliner yang sedang Anda jalankan, cobalah mengenalkannya kepada orang terdekat. Mulai dari saudara, keluarga dan juga teman. Saat orang terdekat suka dengan cita rasa masakan kita, mintalah mereka untuk merekomendasikan atau mempromosikan kepada orang lain.

5. Carilah SDM yang mumpuni

Apapun bisnisnya saat memiliki karyawan tentu harus dipilih mereka yang mumpuni di bidangnya. Apalagi saat bersinggungan langsung dengan apa yang dirasakan oleh pelanggan kita. Untuk berbisnis kuliner, carilah karyawan atau Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Mulai dari koki, pramusaji hingga supervisor atau manager.

Saat mereka yang kita pilih sangat mumpuni, tentu ini akan membantu kita menjalankan bisnis dengan baik. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan membantu kita untuk mengembangkan bisnis yang kita jalani saat ini.

Nah, bagaimana dengan Anda yang menjalanan bisnis kuliner? Apa saja rahasia yang Anda miliki dalam membangun bisnis ini? :)


  • 29
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *