Event

Talkshow Gerakan Desa Membangun di @FestTIK 2013 oleh @budiragiel & @sigitwid

 

   

Kemarin, panggung utama Festival TIK & INKREASHOW 2013 di JX Internasional Surabaya dipadati 50 audiens. Semuanya antusias mendengarkan penjelasan dari Budi Satrio, Kepala Desa Melung – Banyumas Jawa Tengah dan Sigit Widodo, Ketua PANDI (Pengelolaan Nama Domain Indonesia).

Budi Satrio menjelaskan seputar Gerakan Desa Membangun (GDM). Sejak berdirinya sampai sekarang, GDM berhasil mengeksekusi sejumlah agenda yang positif. Salah satunya adalah menggiatkan Open Source yang legal dan bebas virus pada pemangku desa. GDM bahkan juga telah meluncurkan sistem operasi Linux BlankOn berbahasa Banyumas. Selain dari segi open source, GDM juga mengenalkan teknologi website dan internet pada masyarakat desa.

Misalnya di desa Melung. Melalui website melung.desa.id, Desa Melung berhasil menyelenggarakan pemilihan kepala desa 0 rupiah / tanpa biaya, dan mendorong pemerintah untuk mewujudkan aturan perhutanan secepatnya. Konten di dalam website desa Melung juga diisi oleh andil dari masyarakat desa, sehingga isinya diharap dapat bersaing dengan konten-konten dari perkotaan.

Uniknya, GDM bekerjasama dengan PANDI telah berhasil mewujudkan SLD (Second Level Domain) baru. Yakni DESA.ID . SLD ini hanya bisa dimiliki oleh entitas desa, sehingga persyaratan registrasinya harus melampirkan legalitas desa.

Sigit Widodo menjelaskan bahwa kepemilikan SLD desa.id bukan personal, namun didaftarkan atas nama desa. Sehingga jika kepala desa lengser, kepemilikan domain harus di-pass pada kepala desa penggantinya. Dengan demikian, SLD desa.id dan SLD .id lainnya, aman dari praktek pelanggaran hukum seperti cybersquatting karena anonymousity.

gerakan-desa-membangun

Selengkapnya mengenai Gerakan Desa Membangun dapat anda temukan di website resminya: desamembangun.or.id


Artikel Terkait

4 komentar

  • 25 May 2013 - pukul 23:08

    Semoga bermanfaat buat desa2 seluruh Indonesi utk pengarusutamaan isu desa

  • 31 May 2013 - pukul 7:34

    Revisi Desa Melung itu berada di Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah bro

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *